Manfaat dari Cara Memijat Bayi yang Benar

cara memijat bayi yang benar
Johnson’s Baby Indonesia

Dalam cara memijat bayi yang benar terdapat berbagai manfaat yang dirasakan oleh bayi. Selain rasa nyaman, terdapat berbagai manfaat lainnya yang dapat dirasakan pula oleh bayi saat diberikan pijatan lembut oleh ibu. Maka dari itu, agar dalam memijat bayi lebih terasa menyenangka dan dilakukan dengan rutin, sebaiknya ibu mengetahui manfaatnya. Apa sajakah itu?

  1. Bentuk Pernyataan Kasih Sayang

Dalam memberikan pijatan kepada bayi, ia akan merasakan kelembutan tangan serta cinta dari sang ibu. Rasa kelembutan dan cinta adalah 2 hal utama yang diperlukan oleh bayi untuk masa pertumbuhannya. Belaian yang lembut juga memberikan rasa aman kepada bayi dan membuatnya tenang.

  1. Dapat Menguatkan Otot Bayi

Ketika memijat bayi, pijatan yang diberikan akan bermanfaat untuk menguatkan otot bayi. Dengan memijat bayi menggunakan baby oil juga dapat melembutkan kulit bayi sehingga bayi akan merasa nyaman dan menikmati pijatan yang diberikan.

  1. Membantu Bayi Menjadi Lebih Sehat

Manfaat utama dengan cara memijat bayi yang benar adalah membantu melancarkan peredaran darah. Ternyata selain manfaat tersebut, memijat bayi dapat membantu memperbaiki sistem pernafasan bayi dan juga membantu proses pencernaannya. Otomatis ketika memijat bayi dengan benar, akan membuat bayi menjadi sehat. Terlebih lagi, ternyata dengan memijat bayi akan meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh bayi sehingga bayi akan jarang sakit.

  1. Pertumbuhan Bayi Akan Meningkat

Dalam beberapa penelitian, seorang bayi yang dipijat dengan benar akan membuat berat badan serta tumbuh kembang bayi menjadi lebih baik. Untuk bayi yang terlahir prematur juga dapat merasakan manfaat yang lebih baik ketika dipijat. Hal ini terbukti karena ketika bayi prematur dipijat akan menambah berat badan bayi hingga 47% jika dibandingkan dengan bayi prematur yang tidak dipijit. Jadi, jangan khawatir bagi para ibu yang melahirkan bayi nya prematur, karena dengan memijatnya akan membantu pertumbuhannya.

  1. Meningkatkan Kesanggupan Belajar

Manfaat dari memijat bayi juga dapat dirasakan oleh ibu dengan perkembangan sang bayi. Memijat bayi dengan cara yang benar dapat merangsang indra pendengaran, indra penglihatan dan indra peraba sang bayi. Ini membuat bayi menjadi lebih aktif dan peka terhadap berbagai rangsangan. Untuk meningkatkan daya ingat bayi, memijatnya pun akan membantunya sehingga bayi akan menjadi lebih mudah untuk belajar secara cepat nanti.

  1. Bayi Menjadi Lebih Tenang

Pijatan ibu kepada bayi akan merangsang otot motorik dan memperbaiki kekebalannya dengan menambah jumlah produksi darah putih yang membuatnya menjadi lebih sehat. Ketika sehat, bayi akan mengalami penurunan hormon kortisol yang merupakan hormon penyebab stres. Hal ini membuat bayi menjadi lebih riang dan tidak suka menangis. Selain menurunkan hormon kortisol, dengan cara memijat bayi yang benar akan merangsang hormon oksitoksin. Hormon ini akan menimbulkan rasa nyaman dan kasih sayang sehingga membentuk ikatan tali psikologis yang kuat antara ibu dan bayi.

Setelah mengetahui berbagai manfaat dalam memijat bayi, hendaknya ibu perlu tahu juga cara memijat bayi yang benar di artikel lain dalam situs ini. Maka tak perlu khawatir dan cobalah untuk memberikan penanganan terbaik kepada bayi ibu dengan mengetahui cara memijat bayi yang benar.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *