Manfaat Konsumsi Ikan Langsung Didapatkan Bayi ASI Ekslusif

posisi menyusui yang benar
Image Source: Parents Magazine

Sudah banyak yang tahu manfaat konsumsi ikan. Apalagi bagi ibu hamil, manfaatnya sangat banyak sekali. Namun, kali ini akan dibahas tentang manfaat ikan yang dikonsumsi oleh ibu yang menyusui. Manfaat ini tidak hanya akan didapatkan oleh ibu tapi juga bayi yang mendapatkan ASI eksklusif. Apa saja itu?

Sebelumnya, ibu harus tahu juga tidak semua ikan itu bagus untuk dikonsumsi lho. Pasalnya, ada efek samping yang bisa saja ibu dapatkan ketika ibu asal-asalan memilih ikan untuk ibu konsumsi. Jadi, ibu harus berhati-hati memilih ikan agar ibu mendapatkan manfaat mengkonsumsi ikan dan menghindari efek samping yang mungkin bisa ditimbulkan.

Manfaat Ikan Untuk Bayi Yang Mendapatkan ASI Ekslusif

Bukannya bayi yang mengkonsumsi ASI? Betul sekali. Dan ASI sangat dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu. Itulah mengapa selama masa menyusui, ibu sebaiknya memperhatikan apa yang ibu konsumsi. Hal ini disebabkan kualitas ASI yang didapatkan oleh bayi dipengaruhi oleh makanan yang ibu konsumsi.

Jadi, jelaslah bahwasannya manfaat ikan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui bisa secara langsung didapatkan oleh bayi. Lalu, manfaat apa saja itu?

  • Mencerdaskan Otak

Jika ibu ikut diskusi di forum ibu dan balita, ibu pasti tahu bahwasannya ikan mengandung omega 3 yang sangat diperlukan untuk perkembangan otak yang lebih maksimal. Entah itu ketika bayi masih ada di dalam kandungan atau sudah lahir. Jika bayi sudah lahir, omega 3 bisa didapatkan dari ASI ketika ibu mengkonsumsi ikan.

Sebenarnya, omega 3 ini juga sudah ada di dalam susu. Namun, ibu pasti tahu kan bayi di bawah 6 bulan sebaiknya mendapatkan ASI saja, bukan makanan atau susu formula apapun.

  • Menyehatkan Jantung

Tidak sedikit bayi yang menginggal lantaran adanya masalah pada jantung. Tentu masalah ini bisa saja dikarenakan penyakit jantung bawaan. Artinya, selama bayi di dalam kandungan, memang kondisi jantung kurang bagus. Sehingga sangat berisiko sekali ketika bayi lahir akan mengalami masalah jantung dan kemungkinan meninggal.

Kondisi buruk ini bisa dihindari ketika kondisi jantung bayi semakin bagus. Tentunya hal ini membutuhkan treatment dari dokter. Selain itu, peran ibu juga tak kalah penting. Dengan mengkonsumsi ikan, maka ibu bisa menyelematkan bayi. Jantung bayi akan normal kembali. Karena salah satu manfaat dari makan ikan ibu menyusui adalah agar ASI mengandung omega 3 yang didapatkan dari ikan tersebut.

  • Sumber Vitamin D

Vitamin D ini dibutuhkan oleh ibu menyusui. Jika kekurangan vitamin D, tubuh ibu akan lemas tidak bertenaga. Namun, vitamin D ini juga penting untuk bayi. Maka dari itu, ibu harus lebih banyak makan ikan agar kebutuhan vitamin D bisa tercukupi.

Bayi membutuhkan vitamin D untuk perkembanga tulangnya. Jika ibu ingin bayi ibu tumbuh bagus dengan kondisi tulang yang kuat dan padat, maka berikan ASI eksklusif. Namun, ibu harus ingat tidak hanya kuantitas ASI saja yang diperhatikan, tapi juga kualitas. Itu artinya, ibu harus benyak mengkonsumsi makanan bergizi, terutama ikan.

Setidaknya itulah beberapa manfaat mengkonsumsi ikan untuk ibu menyusui yang bisa langsung dirasakan oleh bayi yang mendapatkan ASI ekslusif.

Ikan Yang Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui

Setelah ibu tahu apa saja manfaat ikan untuk ibu menyusui, kini ibu harus tahu ikan apa saja yang disarankan untuk dikonsumsi. Dalam hal ini, harus dipahami bahwasannya tidak semua ikan itu baik untuk dikonsumsi ibu menyusui. Hal ini terkait dengan adanya kandungan berbahaya yang justru membuat kualitas ASI kurang baik.

Ibu bisa catat ikan apa saja yang sebaiknya ibu pilih seperti ikan salmon, nila, lele, tengiri, dan makarel. Itu beberapa jenis ikan yang mudah untuk ibu dapatkan. Kandungan protein serta omega 3 di dalam ikan-ikan tersebut sangat tinggi. Inilah yang menjadi penyebab mengapa jenis ikan tersebut bagus untuk dikonsumsi ibu menyusui.

Menghindari Efek Buruk Konsumsi Ikan

Agar ibu lebih memahami mengapa tidak semua ikan itu bagus untuk ibu menyusui, ibu harus tahu kandungan apa yang bisa menimbulkan efek negatif. Pada tubuh ikan, terdapat merkuri. Inilah yang berbahaya bagi siapa saja, tidak hanya ibu menyusui, tapi juga ibu hamil.

Dijelaskan oleh pakar kesehatan bahwasannya merkuri bisa merusak otak bayi yang menyusui sang ibu. Bagi ibu hamil, merkuri juga bisa berakibat sama. Apalagi ketika bayi masih ada di dalam kandungan, merkuri ini sangat mungkin masuk ke dalam rahim dan masuk ke tubuh janin.

Oleh sebab itu, sebelumnya sudah disebutkan ibu harus berhati-hati memilih ikan agar ibu bisa mendapatkan semua manfaat konsumsi seafood tanpa mendapatkan efek buruk yang mungkin bisa terjadi.

Untuk itu, sebaiknya ibu perhatikan ketika memilih ikan. Sebaiknya pilihlah ikan yang tubuhnya tidak terlalu besar. Semakin besar ikan itu artinya semakin tua usianya. Dan kandungan merkurinya kemungkinan sangat tinggi.

Selain itu, ibu harus membersihkan tubuh ikan sebelum memasaknya. Masaklah benar-benar matang seperti menggoreng atau merebus. Jangan mengkonsumsi ikan yang dibakar karena ini termasuk proses memasak yang tidak begitu matang.

Setidaknya itulah hal yang bisa ibu lakukan agar ibu terhindar dari efek buruk dari merkuri yang menempel pada tubuh ikan. Di sisi lain, ibu bisa mendapatkan semua manfaat konsumsi ikan supaya sang buah hati bisa tumbuh secara maksimal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *