Manfaat Prebiotik Yang Terkandung Pada Susu Untuk Si Kecil

susu pertumbuhan anak 1 tahun
intisari.grid.id

Apa sih manfaat prebiotik itu? Nah, kali ini kami akan membahas tentang apa saja manfaat dari senyawa prebiotik untuk anak.  Dalam susu pertumbuhan prebiotik sendiri beperan untuk mengoptimalkan fungsi saluran pencernaan anak. Senan manfaatnya yang penting tersebut, usahakanlah memberikan susu yang mengandung prebiotik untuk menunjang pertumbuhan anak Anda.

Khasiat dari prebiotik dalam susu yang biasa diberikan untuk si kecil yaitu bisa mendukung pertumbuhan bayi penting agar anak terhindar dari sembelit. Prebiotik yang sering ditambahkan dalam susu adalah  FOS dan GOS yang berfungsi untuk membantu mempercepat pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan anak. Kedua unsur di atas sering dimasukan dalam susu pertumbuhan karena perpaduan keduanya juga efektif dalam memperkuat daya tahan tubuh secara alami.

Manfaat  dari senyawa prebiotik dalam susu pertumbuhan disebut sebagai efek bifidogenik yaitu menstimulir pertumbuhan bifidobakteria dan laktobasili pada saluran pencernaan anak. Sebuah penelitian yang dilakukan di eropa menunjukkan bahwa pemberian susu pertumbuhan dengan campuran GOS atau FOS sebanyak 0,4g/100ml atau 0,8gr/100ml yang dilaksanakan secara teratur selama 28 hari menunjukkan hasil positif. Feses anak-anak yang mengikuti penelitian di atas terbukti mengalami peningkatan bifidokateria dan laktobasili.

Manfaat Prebiotik Untuk Saluran Pencernaan Anak

Pada intinya, manfaat penambahan prebiotik dalam susu pertumbuhan mendekatkan kualitas susu tersebut dengan kualitas ASI. Hal ini terbukti dalam penelitian yang dilakukan oleh para ahli yang menunjukkan bahwa komposisi mikroorganisme dalam feses anak-anak yang mengonsumsi ASI menyerupai feses anak-anak yang mengonsumsi susu formula yang mengandung prebiotik.

Manfaat senyawa prebiotik yang dimasukkan dalam susu pertumbuhan juga baik untuk memperbaiki konsistensi feses, mengurangi risiko infeksi saluran pencernaan, saluran pernapasan, dan penyakit kulit pada bayi. Selain itu, prebiotik dalam susu pertumbuhan juga bermanfaat untuk menekan pertumbuhan bakteri yang merugikan, membantu penyerapan makanan menjadi lebih baik, dan meningkatkan daya tahan saluran pencernaan.

Manfaat lain dari prebiotik yang tak kalah pentingnya adalah membantu kadar gula darah pada penderita diabetes, menekan peningkatan kadar kolesterol, dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium. Banyaknya manfaat dari prebiotik dalam susu pertumbuhan, tapi tidak semua susu menambahkan kandungan ini. Anda dapat mengetahuinya dari informasi pada kemasan susu pertumbuhan.

Khasiat Prebiotik Yang Harus Bunda Ketahui

Setiap ibu pasti menginginkan bayinya untuk selalu sehat dan berkembang dengan baik. Seiring dengan itu pasti seorang ibu selalu memperhatikan akan asupan bayinya mulai dari memberikan ASI eksklusif sehabis melahirkan sampai dengan memberikan susu formula agar bayi dapat membantu menjaga kesehatan dan perkembangan bayi tersebut. Gangguan kesehatan yang paling mudah menyerang bayi adalah gangguan pencernaan.

Merawat bayi merupakan pekerjaan yang tidak mudah dan tidak terlalu sulit untuk seorang ibu lakukan, terbukti setiap ibu ingin melakukan apa saja demi si kecil. Perhatian dan ketulusan ibu telihat saat bayi yang baru saja dilahirkan, secara alamiah sang bayi mencari asupan makanannya berupa ASI kepada ibu. Beruntung bagi ibu yang mampu untuk memberikan ASI terhadap bayinya, karena keberuntungan tersebut tidak semuanya dimiliki seorang ibu.

Ada beberapa ibu yang tidak bisa memberikan ASI kepada sang buah hati karena beberapa hal. Terkadang seorang ibu yang mampu memberikan ASI secara eksklusif pun masih dilanda kecemasan, apakah asupan gizi yang terkandung dalam ASI tersebut sudah baik, adanya susu formula saat ini menjadi salah satu solusi untuk membantu asupan makanan bagi sang bayi. Beruntung untuk ibu yang bisa memberikan ASI terhadap bayinya, karena keberuntungan tersebut tidak semuanya dimiliki seorang ibu.

Ada beberapa ibu yang tidak mampu memberikan ASI kepada sang buah hati karena beberapa hal. Terkadang seorang ibu yang mampu memberikan ASI secara eksklusif pun masih dilanda kecemasan, apakah asupan gizi yang terkandung dalam ASI tersebut sudah baik, adanya susu formula saat ini menjadi salah satu solusi untuk membantu asupan makanan bagi sang bayi. Susu formula, makanan tambahan bagi bayi yang paling sering digunakan oleh para ibu saat ini.

Karena kandungan susu formula tersebut banyak mengandung gizi yang baik bagi kesehatan bayi. Tidak hanya gizi yang baik pada susu formula tertentu juga terdapat kandungan prebiotik dan probiotik yang dibutuhkan untuk perkembangan sang bayi. kandungan probiotik didalam susu formula adalah bakteri yang baik, apabila dikonsumsi kedalam tubuh mampu memberi manfaat kesehatan. Prebiotik mempunyai kandungan berupa karbohidrat komplek yang tidak mudah diserap sehingga dia akan turun ke usus besar.

Prebiotik sendiri merupakan bakteri yang mengutungkan bagi pencernaan bayi dan prebiotik memerlukan prebiotik untuk kelangsungan hidupnya sebelum probiotik dikalahkan oleh bakteri jahat yang lain. Kegunaan prebiotik untuk kesehatan bayi adalah. Untuk memberikan bakteri yang sehat didalam usus agar pencernaan bayi itu menjadi baik imunitasnya lebih baik. Selain itu kegunaan prebiotik untuk kesehatan bisa untuk trimonologis mencegah infeksi.

Dan bisa membuat suasana didalam pencernaan itu menjadi asam, sehingga kuman-kuman lain tidak bisa berkembang terutama kuman jahatnya. Efek prebiotik, prebiotik sendiri adalah bakteri yang menguntungkan bagi tubuh. Intinya  prebiotik susu formula tidak boleh diberikan ke bayi yang belum cukup umur, jadi misalkan dia lahir premature atau yang sakit mengakibatkan imunocompromise itu jadi keadaan imunitas dia itu tidak baik. Lalu untuk dikonsumsi jangka panjang itu juga belum disarankan, karena sampai saat ini peneliti masih meneliti apakah baik bila dikonsumsi secara jangka panjang. Susu pertumbuhan anak sebaiknya mengandung kebaikan dari manfaat prebiotik.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *