Manfaat Yoga untuk Kesehatan Wanita Hamil

 

kesehatan wanita hamil

Ibu dan Balita

Kesehatan wanita hamil memerlukan perhatian yang cukup banyak agar ibu sehat dan janin berkembang dengan sempurna. Kegiatan – kegiatan yang dapat membantu melepas penat dan menghilangkan stress selama masa kehamilan bisa sangat berguna untuk memelihara kesehatan secara fisik maupun psikologis. Salah satu caranya adalah yoga untuk wanita hamil atau prenatal yoga, yang merupakan aktifitas yang tidak terlalu berat untuk wanita – wanita hamil dan banyak sekali manfaatnya untuk ibu dan janin didalam kandungan.

  1. Perbaikan pola tidur

Tidur yang cukup dengan pola yang teratur sangat berpengaruh terhadap kesehatan wanita hamil, dan banyaknya perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil seringkali mengakibatkan tidur menjadi tidak nyaman, terutama ketika sedang hamil besar. Selain membantu rileksasi, melakukan yoga ketika mengandung juga bisa membantu agar tubuh terasa lebih segar, yang tentunya akan membuat tidur menjadi lebih nyaman.

  1. Mengurangi tingkat stress

Pada umumnya, wanita hamil seringkali mengalami tingkat stress yang lebih tinggi daripada biasanya. Banyaknya ekspektasi yang dimiliki seorang calon ibu terhadap bayi dan kehamilannya bisa menimbulkan banyak kegelisahan yang akan cukup menganggu kesehatan. Melalui pernapasan dalam, yoga cukup ampuh dalam mengurangi tingkat stress, alhasil meningkatkan kesehatan wanita hamil. Ingat, ibu yang tenang akan membuat bayi didalam kandungan juga merasa lebih tenang.

 

  1. Mempersiapkan otot – otot dan pernapasan untuk melahirkan

Ketika melahirkan, pernapasan perlu diatur secara sadar ketika menarik dan membuang napas, yang seringkali menimbulkan rasa kurang nyaman. Melalui latihan pernapasan ketika prenatal yoga, mengatur pernapasan akan menjadi lebih nyaman ketika melahirkan. Seperti senam hamil

, variasi pose – pose yang dilakukan ketika yoga juga dapat meregangkan dan memperkuat bagian otot – otot yang akan digunakan ketika melahirkan.

  1. Mengurangi efek gangguan fisik selama kehamilan

Peregangan otot yang dilakukan secara rutin dapat mengurangi efek – efek fisik yang mengganggu seperti nyeri punggung, mual, atau sakit kepala. Pose – pose yang dilakukan ketika mempraktikkan yoga akan memperkuat pinggang, punggung, lengan dan bahu, yang dibutuhkan untuk menjadi kuat karena menopang tubuh yang lebih berat. Lagi pula, punggung yang kurang kuat menopang tubuh ketika hamil pastinya akan menganggu aktifitas sehari – hari ibu hamil.

  1. Meningkatkan keseimbangan fisik dan emosional

Seringkali ibu hamil menjadi lebih mudah lelah dan mengalami perubahan mood yang cukup drastis karena banyaknya perubahan tubuh dan hormon ketika hamil. Pose – pose yang dilakukan ketika yoga akan mengistirahatkan otot – otot dan membantu mengembalikan keseimbangan tubuh secara fisik dan emosional.

  1. Membangun kebersamaan sesama wanita hamil

Selain manfaat untuk kesehatannya, bergabung dalam kelas yoga akan menimbulkan rasa kebersamaan yang cukup kuat. Melakukan aktifitas bersama wanita – wanita lain yang dengan pengalaman yang sama tentunya akan mendorong tumbuhnya persahabatan dan untuk saling menerima satu sama lain disaat – saat membutuhkan. Kegiatan – kegiatan seperti ini juga memberikan peluang untuk mencari info ibu hamil lebih banyak.

Meskipun ada banyak manfaat prenatal yoga untuk ibu dan janin, ibu hamil tetap perlu mencari informasi yang cukup dan benar mengenai pose – pose yoga yang diperbolehkan di setiap tahap kehamilan yang berbeda, agar kehamilan tetap terjaga. Selain itu, juga sangat disarankan untuk tetap melakukan konsultasi kehamilan secara rutin untuk memastikan tidak ada masalah dengan perkembangan janin dan kesehatan wanita hamil terjaga.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *