Manfaat Yoga untuk Memaksimalkan Tumbuh Kembang Balita

Tumbuh Kembang Balita
Friso Indonesia

Tumbuh kembang balita bisa sangat optimal jika ibu hadir sebagai fasilatator. Dalam hal ini, peran ibu sangatlah krusial. Balita akan berkembang dengan baik jika ibu selalu ada. Ibu tidak cukup hanya memastikan si kecil mendapatkan menu makanan dengan nutrisi yang lengkap. Kehadiran ibu dalam memberikan stimulus dari luar itu juga sangat dibuhkan untuk perkembangan balita.

Mungkin ibu sudah memberikan semua fasilitas untuk tumbuh kembang sang buah hati. Segala jenis permainan edukatif sudah ibu belikan. Namun, apakah ibu pernah berpikir untuk mengajak balita ibu untuk mengikuti yoga?

Jika ibu berpikir bahwa yoga itu hanya kegiatan yang dilakukan oleh orang dewasa, maka ibu seperti orang-orang kebanyakan. Ibu harus tahu yoga itu juga sangat baik bagi tumbuh kembang balita.

Manfaat Yoga bagi Balita

Ibu mungkin masih ragu apakah yoga boleh dilakukan oleh balita atau tidak. Akan tetapi, jika ibu mengetahui berbagai manfaat dari yoga berikut ini, ibu akan yakin ternyata yoga sangat baik untuk memaksimalkan perkembangan balita.

Dengan melakukan gerakan yoga, perkembangan saraf motorik balita akan terangsang. Memang beberapa gerakan dalam yoga akan sangat menyulitkan bagi si kecil. Namun, dengan berlatih tersebut menerus, saraf motorik akan terasah sehingga lambat laun ia akan menirupkan gerakan yoga yang sulit tersebut dengan sempurna.

Di dalam yoga, yang paling dibutuhkan bukan kekuatan fisik, tapi kekuatan keseimbangan. Bukankah dalam proses tumbuh kembang balita, yang paling sulit adalah menjaga keseimbangan? Ibu mungkin masih ingat saat balita ibu mulai belajar berjalan. Ia sering terjatuh, bukan? Setelah itu, ketika ia sudah mulai lancar berjalan tapi masih sering terjatuh jika berjalan di permukaan tanah yang tidak datar. Jadi, hal yang paling penting bagi perkembangan balita adalah keseimbangan dan belajar keseimbangan bisa dilakukan dengan cara yoga.

Akan tetapi, tahukah ibu hal yang paling penting dari yoga bagi balita? Yaitu kepercayaan diri yang tinggi. Balita akan merasa percaya diri jika mampu melakukan hal yang baru. Dalam hal ini, melakukan gerakan yoga itu tidak mudah. Jika ia berhasil, maka kepercayaan dirinya akan tumbuh. Ia akan menjadi anak yang mudah sekali bergaul dengan sesama. Ia tidak takut dengan hal-hal yang baru.

Jadi, apakah ibu sudah tahu jawaban atas pertanyaan seberapa penting yoga bagi tumbuh kembang balita?

Hal yang Perlu Diperhatikan

Setelah ibu tahu beberapa manfaat dari yoga untuk perkembangan balita, ibu pasti ingin langsung mengajak si kecil untuk yoga. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu ibu perhatikan terlebih dahulu.

Yang pertama, pastikan si kecil sudah bisa berjalan. Pasalnya, gerakan yoga membutuhkan keseimbangan sehingga jika balita ibu sudah bisa berjalan, setidaknya si kecil sudah sedikit banyak belajar tentang keseimbangan.

Selanjutnya, ibu harus mengajak si kecil yoga dengan ditemani oleh instruktur yoga profesional. Instruktur yoga akan menentukan gerakan apa yang bisa dilakukan dan penting untuk tumbuh kembang balita.

Dan yang terakhir adalah mengenai mood. Percuma saja jika ibu membawa si kecil ke tempat yoga dengan mood yang kurang baik. Jangan memaksa si kecil jika ia tidak mau mengikuti program yoga. Ketika mood nya sedang bagus, ibu bisa mengajaknya ke tempat yoga. Karena pada dasarnya yoga merupakan olahraga yang tidak hanya membuat fisik sehat tapi juga membuat balita ibu releks dan bahagia. Jadi, itulah mengapa yoga itu sangat penting sekali bagi tumbuh kembang balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *