Mari Ketahui Cara Mendidik Anak yang Efektif    

 

cara mendidik anak
Friso Indonesia

Golden age merupakan masa penting untuk mengetahui cara mendidik anak yang efektif dan benar. Masa usia 0 – 5 tahun adalah saat-saat yang kritis bagi perkembangan otak anak, sehingga harus dimanfaatkan agar pengetahuan yang didapat oleh anak dapat berkembang cepat dan pesat. Pada masa ini juga, kemampuan dalam menyerap pengalaman dan ingatan juga lebih cepat sehingga jangan sampai Anda sebagai orangtua keliru dalam mendidik sang buah hati.  

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa cara dalam mendidik anak yang efektif agar orangtua dapat memberi arahan yang benar untuk anak. Berikut mari kita bahas satu per satu:

  • Berikan kasih sayang yang tulus dan bersikap lembut  

Dalam masa keemasan anak, tentu ia akan mengingat kejadian dengan jelas dan akan berpengaruh terhadap perkembangannya. Maka dari itu, sebagai orangtua wajib untuk memberikan kasih sayang yang tulus dan bersikap lembut kepada anak. Dalam memberikan kasih sayang yang tulus kepada anak, hendaklah menunjukkan rasa sayang tersebut dengan memeluk anak atau mengatakan padanya bahwa Anda menyayanginya. Berika ciuman yang tulus kepada anak untuk menyemangati diri Anda sendiri dan juga bagi jiwa sang anak. Lalu, ketika orangtua memerintah atau bertutur kata dengan anak, maka haruslah dikatakan dengan lembut agar anak mendengarkan dan menuruti apa yang dikatakan.

  • Berikan dukungan dengan menjadi pendengar yang baik  

Ketika anak menghadapi masalah, cobalah menjadi orangtua yang baik dengan memberikan dukungan moral kepada anak. Dalam hal ini perlu dilakukan pendekatan agar anak nyaman bercerita kepada Anda sehingga Anda sebagai orangtua dapat memberikan dukungan yang tepat. Ketika anak telah didukung dan dapat menjadi terbuka dengan Anda, akan menjadi salah satu kunci dalam membangun rasa kepercayaan diri kepada sang anak. Dalam mendengarkan anak, dengarkan lah sampai anak merasa lega terhadap keluh kesahnya, terkadang anak akan menangis, mengadu dan marah ketika bercerita, dengarkanlah sampai selesai dan berikan feedback yang sesuai dengan kebutuhannya.

  • Ganti penggunaan kata “Jangandengan kata lain  

Cara mendidik anak salah satunya adalah dengan tidak melarangnya. Tetapi bukan berarti orangtua dapat membiarkan anak melakukan apapun sesukanya, karena terkadang anak melakukan sesuatu yang dapat membahayakan dirinya. Namun yang menjadi masalah adalah dalam penggunaan kata pelarangan terhadap anak. Seperti contoh menggunakan kata jangan ketika anak sedang berlari-lari mengejar kupu-kupu. Karena sesungguhnya jika kata jangan terlalu sering diucapkan oleh orangtua akan berakibat negatif kepada anak dan membuatnya berhenti berkreatifitas. Untuk mengganti kata jangan dalam kalimat “jangan lari” untuk melarang anak, maka sebaiknya gunakan kalimat positif seperti “pelan-pelan mengejarnya, nanti jatuh”. Dengan menggunakan kalimat seperti ini akan membuat anak mengerti dan menuruti perkataan Anda.

  1. Jadikan diri Anda sebagai idola dan panutan bagi anak 

Ketika anak sedang senang bereksplorasi dan berimajinasi, tentu ia akan memiliki seorang sosok idola sebagai panutan. Sehingga dalam hal ini, jadilah seorang idola dan panutan bagi anak di dunia nyata. Sebisa mungkin berikanlah contoh yang baik dan berusaha menjadi orangtua yang dapat diandalkan sehingga anak dapat merasa bangga dan nyaman kepada Anda.

  1. Hindari menakut-nakuti dan membohongi anak 

Saat anak mulai nakal dan tidak mau menuruti orangtua, biasanya orangtua akan mengambil jalan pintas dengan menakut-nakuti dan membohongi anak bahwa akan terjadi sesuatu jika anak tidak menurut. Perilaku yang seperti ini akan memberikan trauma kepada anak saat ia menjadi dewasa. Dalam berbohong pun akan membuat anak berfikir bahwa berbohong merupakan hal yang wajar dilakukan. Maka usahakan untuk menghindari kedua hal tersebut agar menjadi efektif cara mendidik anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *