Mari Ketahui Umur Berapa Bayi Tumbuh Gigi Berikut Ini !

umur berapa bayi tumbuh gigi
Source: babycenter.com

Sejatinya, gigi bayi mulai dibentuk pada saat masih ada di dalam kandungan, yaitu pada bulan ke 4 kehamilan. Dari sini kita tentu mempunyai gambaran tentang umur berapa bayi tumbuh gigi. Bayi menyerap kalsium dan fosfat dari aliran darah Anda, lalu zat tersebut termineralisasi menjadi gigi.  Vitamin D dan hormon-hormon pertumbuhan menjadi bagian yang penting dalam proses ini. Jadi, gigi yang dibentuk di dalam kandungan disebut gigi sulung atau gigi susu, sedangkan gigi permanen dibentuk setelah anak lahir. Tumbuhnya gigi susu bisa bervariasi dari satu anak ke anak lain.

Pada umumnya, gigi susu mulai tumbuh saat bayi berusia kurang lebih 6 bulan. Pada sebagian anak, ada yang munculnya lebih awal, ada pula yang lebih lambat. Cara gigi tumbuh biasanya dimulai dengan gigi seri tengah rahang bawah. Dua gigi depan bawah akan tumbuh, diikuti oleh 2 gigi depan atas. Keempat gigi ini dikenal sebagai gigi seri tengah, yang berfungsi menggigit.  Setelah itu, gigi-geligi di sebelahnya akan muncil, baik sisi kiri atau kanan,  serta gigi ini disebut gigi seri samping. Di sebelah gigi seri samping akan muncul gigi taring, dan diikuti oleh 2 gigi geraham di belakangnya.

Jadi, pada tiap sisi, anak mempunyai 5 gigi. Jumlah gigi susu seluruhnya adalah 20 buah! Apa fungsi gigi yang lain? Gigi taring berfungsi mengoyakkan makanan, sedangkan gigi geraham untuk mengunyah makanan. Gigi susu akan lengkap jumlahnya pada saat anak berusia 2,5 sampai 3 tahun. Gigi permanen akan mulai tumbuh menggantikan gigi susu pada saat anak berusia 6 tahun. Sama seperti gigi susu, yang pertama kali tumbuh adalah gigi depan bawah, yang diikuti oleh gigi depan atas, gigi geraham kecil, dan gigi geraham. Jumlah keseluruhannya adalah 32 buah, masing-masing sisi 8 gigi, yaitu 2 gigi seri, 1 gigi taring, 2 gigi geraham  kecil dan 3 gigi geraham.

Mengantisipasi Usia Berapa Bayi Tumbuh Gigi Dengan Menjaga Kesehatan Gusi

Cara supaya anak mempunyai gusi dan gigi yang sehat bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Beri makanan sehat seimbang sesuai piramida makanan dan pas dengan usia anak. Misalnya, di usia 9 bulan makanan harus mulai agak kasar dan usia 1 tahun sudah bisa mengonsumsi makanan dewasa dalam versi agak lembut. Anak harus belajar mengunyah agar rahang dan giginya kuat.
  • Jaga kebersihan rongga mulut. Bersihkan rongga mulut selesai makan atau menyusu. Setelah gigi muncul, gunakan sikat gigi khusus bayi dan kontrol ke dokter gigi secara rutin setiap 6 bulan. Ketiga, jangan biarkan anak minum ASI atau susu lain dari dot apalagi bila minumnya sambil tiduran.
  • Mulai usia 8 bulan, ajarkan bayi minum ASI perah dan minuman lainnya melalui gelas khusus bayi  atau training cup.
  • Ajarkan anak untuk menahan diri dari makanan dan minuman manis, termasuk permen dan cokelat.

Mengenali Gejala Dan Umur Berapa Bayi Tumbuh Gigi

Perlu untuk diketahui bahwa tumbuhnya gigi bisa merangsang untuk pengeluaran air liur lebih cepat dan peristiwa ini umumnya terjadi saat bayi usia 10 minggu sampai 3 atau bahkan 4 bulan. Selain itu, ada beberapa gejala lain yang terjadi diantaranya adalah;

  • Ruam di dagu ataupun wajah.

Bila bayi anda sedang berada di masa pertumbuhan gigi dan dia sering mengeluarkan banyak air liur, dan kemungkinan juga akan mengalami ruam kulit kering yang umum muncul disekitar mulut, dan dagu bisa terjadi. Penyebabnya yaitu karena kontak langsung terhapa air liur. Mengusap air liur bayi dengan cara sapu tangan ataupun sejenisnya dapat membantu mengurangi dari kemungkinan timbulnya ruam. Dengan menggunakan krim kulit yang khusus untuk bayi juga dapat dilakukan.

  • Batuk.

Akibat dari banyaknya air liur bisa juga membuat bayi jadi tersedak – sedak dan mengalami batuk. Bila tak disertai dengan gejala flu, pilek, demam, panas ataupun alergi, pasti tanda satu ini tidaklah perlu uintuk dikhawatirkan.

  • Bayi Menjadi Sering Menggigit.

Tekanan yang diakibatkan oleh gigi akan keluar lewat gusi biasanya akan menyebabkan bayi menjadi merasa tidak nyaman.  Rasa ketidaknyamanan ini pada akhirnya dilampiaskan dengan gigitan, kepada benda apapun itu mulai mainan yang memanglah didesain untuk anak bayi yang giginya memang sedang tumbuh hingga juga puting susu jika bayi masih menyusui serta juga jari.

  • Tidak mau makan.

Karena sering merasa tak nyaman, bayi yang rewel dapat ditenangkan dengan memberikannya botol bayi atau ASI. Namun, perlu untuk diketahui bahwa dengan menyusui beresiko membuat gusi yang sakit menjadi semakin buruk saja. Dikarenakan alasan itulah bayi jika sedang tumbuh gigi menjadi rewel baik disebabkan mereka merasa tak nyaman ataupun sedang merasa lapar.

  • Diare atau mencret.

Para ahli sebenarnya telah menentukan beberapa masalah utama yang umumnya muncul pada saat fase tumbuh gigi pada bayi, namun, beberapa orang tua  menemukan fakta bahwa anak bayi mereka mengalaminya.

  • Lemah.

Tumbuhnya gigi tidaklah hanya bekerja siang hari saja. Bersamaan dengan pertumbuhan gigi bayi anda, rasa tak nyaman juga akan dialami ketika malam hari bahkan waktu dia tidur nyenyak malam sebelumnya. Guna memberinya kenyamanan, pastikanlah dia untuk bisa kembali tenang.

Tumbuh gigi juga mungkin akan menyebabkan pendarahan di bawah gusi dan terlihat seperti gumpalan berwarna kemerahan. Kondisi ini tak perlu dikhawatirkan dikarenakan bisa sembuh segera dengan  diberikan bantuan kompres dingin.

Itu tadi pembahasan tentang umur berapa bayi tumbuh gigi dan beberapa gejala yang terjadi. Semoga bermanfaat!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *