Masa Tumbuh Kembang Balita yang Tepat untuk Dikenalkan Bahasa Asing

Tumbuh Kembang Balita
Friso Indonesia

Tumbuh kembang balita mustahil optimal jika peran ibu sebagai orang tua tidak ada. Ibu sebagai fasilitator agar sang buah hati bisa berkembang lebih baik. Ibu bisa melihat bukti bahwa orang tua yang cermat dalam mendidik dan memperhatikan tumbuh kembangnya membuat anaknya lebih cerdas. Dan hal itu pula yang bisa ibu terapkan pada balita ibu.

Mungkin ibu satu dari sekian banyak orang tua yang menginginkan balitanya sudah mengenal bahasa asing seperti bahasa Inggris. Orang tua mana yang tak bangga jika anaknya pintar berbahasa Inggris. Masih melekat stigma bahwa anak yang bisa bahasa Inggris itu terlihat cerdas. Apalagi bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang sebaiknya dikuasi oleh anak-anak zaman sekarang.

Apakah memperkenalkan bahasa asing seperti bahasa Inggris bisa mengganggu tumbuh kembang balita? Jawabannya bisa ya dan bisa tidak. Yang jelas, tidak salah jika mulai memperkenalkan bahasa asing seperti bahasa Inggris kepada sang buah hati. Akan tetapi, ketahui dulu penjelasan berikut ini.

Efek Buruk yang Mungkin Terjadi

Yang terlintas di benak ibu pasti hal-hal yang baik ketika balita ibu sudah mengenal bahasa Inggris. Ia akan tumbuh menjadi anak yang semakin mahir dalam bahasa Inggris. Bahkan, mungkin saja ibu sudah membayangkan anak ibu akan menjadi siswa terpandai dalam berbahasa Inggris ketika ia sekolah nanti.

Akan tetapi, ada juga lho hal buruk yang mungkin terjadi. Masa balita merupakan masa pertumbuhan yang paling signifikan. Itulah mengapa tumbuh kembang balita yang baik sangat berpengaruh terhadap perkembangan saat dewasa nanti.

Hanya saja, ketika masa balita ibu sudah mengenalkan bahasa asing, ada kemungkinan ia akan gagap atau kesulitan untuk menggunakan bahasa ibu atau bahasa asli di daerah di mana ia tinggal. Apalagi teman sebaya dan orang-orang yang berada di sekeliling menggunakan bahasa ibu. Maka si kecil merasa kesulitan untuk membedakan bahasa ibu dengan bahasa asing.

Ada juga kemungkinan di mana balita akan mengalami speed delay, yaitu keterlambatan berbicara. Hal ini dikarenakan ibu mengajarkan bahasa Inggris yang sebenarnya ia tidak dengar dari orang lain. Berbeda jika ia mendengarkan bahasa yang sama seperti yang ibu ajarkan. Maka ia akan lebih mudah berbicara. Hal ini sering terjadi pada masa balita mulai belajar bahasa.

Jadi, apakah ibu sudah dapat jawaban atas pertanyaan apakah mengenalkan bahasa inggris bisa berpengaruh kurang baik terhadap tumbuh kembang balita?

Akan tetapi, bukan berarti ibu tidak boleh memperkenalkan bahasa inggris ya. Ada beberapa tips yang bisa ibu ikuti agar si kecil tidak mengalami efek buruk tersebut di atas sekaligus juga bisa berbahasa Inggris.

Mengajarkan Bahasa Asing kepada Balita

Setelah ibu mengetahui penjelasan tersebut di atas, jelas bahwa memaksa si kecil untuk menguasai dua bahasa, yaitu bahasa ibu dan bahasa Inggris bisa berpengaruh terhadap tumbuh kembang balita. Akan tetapi, ibu tetap bisa mengajarkan bahasa inggris.

Hal utama yang harus ibu perhatikan adalah usia. Jika si kecil sudah bisa mengucapkan beberapa kata dalam bahasa ibu, pada saat itulah waktu yang tepat untuk mengajarkan bahasa asing. Akan tetapi, pastikan si kecil hanya mengenal beberapa kata saja ya. Jangan paksaka balita ibu mengucapkan satu kalimat dalam bahasa Inggris. Selain sulit, hal tersebut juga akan menghambatnya belajar bahasa ibu.

Jadi, ibu harus bijak dalam mengajarkan bahasa asing kepada si kecil. Jangan sampai yang ibu lakukan justru mengganggu tumbuh kembang balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *