Masalah Yang Bisa Terjadi Saat Anak Kekurangan Yodium

waspada anak kekurangan yodium
www.ibudanbalita.com

Kebutuhan Yodium memang sangat sedikit. Hanya saja, banyak anak yang kekurangan yodium. Hal ini cukup disayangkan.

Menurut dokter, kebutuhan yodium setiap hari itu berkisar antara 1-2 mg per kilo berat badan. Jadi, bisa dikatakan yodium itu kebutuhan yang paling sedikit dibandingkan dengan kebutuhan nutrisi lainnya seperti protein dan vitamin.

Namun, jangan sepelekan hal ini. Balita bisa mengalami hal yang begitu serius jika kekurangan yodium.

Yang Bisa Terjadi Bila Balita Kekurangan Yodium

Tiga hal yang bisa terjadi jika anak kekurangan yodium.

  1. Penyakit Gondok

Ibu sering dengar penyakit yang satu ini, bukan? Ada benjolan besar pada bagian leher. Dalam dunia kedokteran, hal ini disebut dengan pembengkakan pada kelenjar tiroid.

Hanya saja, pembengkakan ini tidak selalu disebabkan oleh kekurangan yodium. Namun, memang kabanyakan penderita gondok itu disebabkan tubuh mereka kekurangan yodium.

  1. Perkembangan Otak Anak Terganggu

Kecerdasan otak anak memang disebabkan oleh banyak faktor seperti faktor AA dan DHA yang bisa didapatkan dari Susu Frisian Flag. Akan tetapi, peran yodium juga tak kalah penting.

Pakar perkembangan balita menyebutnya dengan hipotiroidisme, yaitu kondisi di mana otak tidak berkembang dengan normal sehingga anak cenderung sulit menghafalkan sesuatu atau bisa dikatakan bodoh.

Namun, sekali lagi, perkembangan otak anak itu tidak hanya disebabkan oleh yodium. Jadi, belum tentu anak yang bodoh itu kekurangan yodium. Bisa saja otak si kecil tidak berkembang karena kekurangan omega 3. Bukan tidak mungkin juga otak berkembang bagus tapi stimulusnya yang kurang. Seperti yang dijelaskan di www.ibudanbalita.com bawasannya faktor luar juga berpengaruh terhadap kecerdasan anak.

Dua masalah tersebut yang paling sering dialami oleh anak jika kekurangan yodium. Tentunya ibu tidak ingin hal tersebut terjadi pada anak ibu, bukan?

Sumber Yodium

Tahukah ibu anak yang tinggal di daerah pegunungan lebih banyak mengalami penyakit yang disebabkan oleh kekurangan yodium? Hal tersebut tentu sangat bisa dimaklumi karena di daerah pegunungan lebih sulit untuk mendapatkan menu makanan laut yang jelas mengandung yodium.

Bagi ibu yang tinggal di daerah pesisir, ibu bisa dengan mudah memberikan menu makanan berupa ikan laut dan sudah bisa dipastikan anak ibu tidak akan kekurangan yodium.

Lain hal jika ibu tinggal di daerah pegunungan. Meskipun demikian, bukan berarti ibu tidak bisa mendapatkan ikan laut, bukan?

Apalagi sekarang sudah ada sumber yodium lainnya selain ikan laut seperti hanya susu balita terbaik. Dan sebenarnya di dalam telur juga terdapat yodium lho walaupun jumlahnya sangat sedikit.

Yang pasti, ibu harus selalu memberikan menu makanan yang kadar nutrisinya seimbang, terutama yodium.

Kesadaran yang Rendah

Sebenarnya balita yang kekurangan yodium itu tidak murni disebabkan orang tua tidak memberikan menu makanan yang mengandung yodium. Banyak juga orang tua yang tidak memiliki kesadaran untuk memenuhi kebutuhan yodium anak.

Contohnya saja, ada orang tua yang tidak menggunakan garam beryodium. Memang garam tersebut lebih murah. Dan itu alasan mereka menggunakan garam yang tidak beryodium. Padahal, dengan hanya menggunakan garam beryodium di setiap masakan, mereka sudah memenuhi kebutuhan yodium seluruh anggota keluarga, terutama balita mereka.

Jadi, sebenarnya tidak sulit untuk mendaptkan makanan yang mengandung yodium, kan? Aneh jika balita ibu mengalami gondok yang diakibatkan kekurangan yodium.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *