Masih Perlukah Memberikan Susu Untuk Anak Usia 5 Tahun Ke Atas?

Susu Untuk Anak Usia 5 Tahun Ke Atas
www.friso.co.id

Seberapa penting susu untuk anak usia 5 tahun ke atas? Jawaban ini dari pertanyaan yang satu ini harus ibu dapatkan. Dan pertanyaan ini bisa dengan mudah dijawab dengan sebuah fakta di mana anak yang tinggal di negara dengan tingkat konsumsi susu rendah memiliki pertumbuhan fisik yang kurang baik.

Apakah ibu sudah memiliki bayangan seberapa penting susu anak usia 5 tahun ke atas? Agar lebih jelas, ibu perlu mengetahui kesimpulan dari penelitian yang dilakukan oleh Amy Lanou, seorang professor di Universitas North Carolina yang meneliti tentang nutrisi.

Manfaat Susu Anak 5 Tahun

Ibu mungkin sering melihat iklan susu di TV. Salah satu yang ditonjolkan dalam iklan susu tersebut adalah kandungan yang bisa membuat anak cerdas. Ada kandungan seperti AA dan DHA, omega 9, dan lain sebagainya. Yang pasti, iklan tersebut ingin membuat ibu dan orang tua lainnya memutuskan untuk membeli susu agar anak pintar.

Tentu saja hal tersebut tidaklah salah. Karena memang ada kandungan tertentu yang bisa meningkatkan perkembangan otak anak. Akan tetapi, ada satu hal yang harus ibu sadari bawasannya kecerdasan otak itu tidak hanya dipengaruhi oleh nutrisi, tapi juga stimulus dari luar. Artinya, ibu tidak harus hanya memberikan nutrisi saja tapi juga harus memberikan stimulus. Tanpa stimulus yang tepat seperti memberikan permainan edukatif, sepertinya mustahil perkembangan otak anak optimal.

Lalu, bagaimana dengan susu anak 5 tahun ke atas? Menurut profesion Amy Lanou, susu untuk anak yang usia di atas 5 tahun lebih menekankan untuk mengoptimalkan perkembangan fisik. Lebih khusus lagi, professor mengatakan susu sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang.

Buktinya sudah bisa dilihat secara kasat mata. Kenapa anak di Eropa memiliki tubuh yang lebih tinggi? Karena memang anak-anak di Eropa selalu mengkonsumsi susu.

Sebenarnya tidak hanya susu yang dibutuhkan. Yang paling penting adalah nutrisi untuk pertumbuhan tulang, yaitu vitamin D. Memang vitamin D ini bisa didapatkan dari sinar matahari pagi. Hanya saja, tulang membutuhkan waktu untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Lain hal jika anak mengkonsumsi susu untuk anak 5 tahun ke atas. Kandungan vitamin D mudah diserap sehingga tulang akan tumbuh dengan sangat mudah.

Satu manfaat dari susu anak 5 tahun adalah kandungan kalsium. Selain anak tumbuh tinggi, tentu saja tulang anak harus kuat, bukan? Dan untuk mendapatkan tulang yang kuat, maka dibutuhkan nutrisi yang disebut dengan kalsium.

Sudah jelas bukan seberapa penting susu untuk anak usia 5 tahun?

Tidak Ada Kebiasaan Minum Susu

Memang sangat disayangkan ketika masyarkat Indonesia tidak memiliki kebiasaan atau budaya minum susu. Berbeda dengan India yang merupakan sama-sama negara berkembang. Di India, sudah ada kebiasaan mengkonsumsi susu. Bahkan, tidak peduli apakah keluarga mampu atau tidak, mereka berupaya untuk memberikan susu yang terbaik untuk anggota keluarga, terutama anak-anak.

Bagaimana dengan Indonesia? Justru susu dianggap sebagai minuman untuk anak kecil. Maka sangat wajar jika anak yang sudah masuk sekolah sudah tidak diberi susu lagi. Bahkan, anak pun tidak memiliki keinginan mengkonsumsi susu. Mereka lebih suka minuman lainnya yang justru belum tentu sehat.

Tentu saja mengubah kebiasaan yang baik harus diawali dari diri sendiri. Sebaiknya ibu biasakan anak mengkonsumsi susu setiap hari, setidaknya dua kali sehari. Di pagi dan di malam hari. Dengan demikian, ia akan mendapatkan manfaat dari susu untuk anak usia 5 tahun ke atas.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *