Masih Saja Ada Ibu Hamil yang Percaya Mitos

Ibu dan balita
www.ibudanbalita.com

Coba ibu sebutkan apa saja yang ibu ketahui tentang mitos kehamilan. Mungkin ibu ingat apa yang biasanya orang tua ibu katakan. Apakah ibu diminta untuk mengkonsumsi bubur kacang hijau agar rambut bayi lebat? Apakah ibu atau suami ibu dilarang membunuh binatang karena itu bisa pertanda buruk bagi sang buah hati yang ibu kandung? Apakah ibu tidak diperbolehkan naik pesawat? Ibu ingin sekali minum air kelapa muda tapi orang tua tidak mengijinkan? Semua itu mitos atau fakta? 

Sayangnya semuanya terlihat buram, tidak jelas. Bagi ahli kesehatan kehamilan, hal tersebut tidak akan terjadi karena mereka tahu mana yang sebenarnya fakta ilmiah dan mana yang sekedar mitos.

Tentu ibu tidak harus menjadi seorang yang ahli di bidang ilmu kesehatan ibu hamil. Yang perlu ibu lakukan adalah melakukan konfirmasi mana yang mitos dan mana yang fakta. Dan hal tersebut bisa ibu lakukan hanya dengan mengetahui penjelasan tentang mitos dan fakta kehamilan di www.ibudanbalita.com.

Kenapa Percaya Mitos

Ada banyak alasan kenapa masih banyak masyarakat yang mempercayai mitos tentang kehamilan. Yang paling banyak adalah mereka yang tidak tahu. Artinya, mereka hanya mendengar dari orang tua terdahulu dan akhirnya menerima atau mempercayai begitu saja.

Umumnya, mereka adalah masyarakat yang tidak begitu banyak tahu tentang ilmu kesehatan. Atau bisa dikatakan mereka memiliki pendidikan yang rendah.

Oleh sebab itulah semakin banyak media online yang memberikan edukasi kepada masyarakat lapisan bawah. Salah satunya website ibu dan balita yang selalu mengupdate konten dengan tujuan semakin banyak masyarakat yang tahu tentang kesehatan ibu hamil.

Lebih dari itu, ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menekan kematian ibu dan bayi. Pasalnya, masih tinggi kematian ibu dan bayi di mana hal tersebut disebabkan ketidaktahuan terhadap bagaimana cara menjaga kesehatan ibu hamil. Mereka hanya tahu hal-hal yang mereka dengar dari orang lain yang belum diketahui apakah itu mitos atau fakta ilmiah.

Diharapkan dengan adanya update informasi kesehatan kehamilan di www.ibudanbalita.com, maka semakin banyak ibu hamil yang sehat dan menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

Selain ketidaktahuan, ada juga yang tidak peduli. Ibu harus tahu tidak hanya masyarakat lapisan bawah saja yang percaya terhadap mitos. Ternyata, masyarakat yang berpendidikan juga banyak yang masih mempercayai mitos.

Umumnya mereka tidak peduli dan asal menerima informasi tanpa melakukan cross check. Padahal, mereka bisa dengan mudah melakukan konfirmasi seperti bertanya kepada dokter kandungan, ahli kesehatan ibu hamil, bidan, dan tenaga kesehatan lainnya yang pasti mereka bisa ajak untuk konsultasi.

Bahkan, dengan komputer, laptop, atau smartphone mereka saja bisa digunakan untuk komunikasi dengan pakar kesehatan ibu hamil. Sekarang mereka sudah bisa konsultasi online di mana mereka dapat bertanya kepada ahli kesehatan kehamilan kapan saja dan di mana saja.

Tidak itu saja. Mereka juga bisa berbincang-bincang dengan ibu hamil lainnya di komunitas ibu dan balita.

Jadi, aneh jika masyarakat berpendidikan masih percaya mitos.

Bahaya Mempercayai Mitos

Sebenarnya tidak begitu berbahaya. Hanya saja potensi itu ada. Bagaimana jika mitos yang mereka yakini itu ternyata justru membahayakan kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungan?

Seperti contoh mitos bawasannya seorang ibu itu harus makan lebih banyak. Ini mitos. Faktanya, seorang ibu hamil harus lebih banyak mendapatkan nutrisi dan itu tidak harus dilakukan dengan cara makan dalam porsi yang terlalu banyak, bukan?

Sekarang sudah ada susu ibu hamil yang kandungan nutrisinya tinggi. Selain itu, ada juga pilihan makanan bernutrisi tinggi untuk ibu hamil. Ibu bisa cek daftar makanan sehat ibu hami di www.ibudanbalita.com.

Jadi, apakah ibu masih mau percaya mitos ibu hamil?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *