Mau Tahu Cara Menurunkan Berat Badan yang Aman Pasca Kelahiran?

 

pasca-kelahiran
Friso Indonesia

Sering kali ibu diledek entah oleh teman atau saudara karena ibu terlihat lebih gemuk pasca kelahiran. Tentu saja bukan ledekan yang menghina tapi sekedar guyonan saja.

Akan tetapi, terkadang ledekan tersebut ibu anggap serius. Karena memang ibu terlihat gemuk setelah proses melahirkan. Berat badan naik dari angka normal yang biasanya.

Mengikuti program diet tentu bukan hal yang dianjurkan. Karena program diet cenderung membuat ibu mengurangi porsi makan atau dipaksa untuk tidak merasa ingin makan terlalu banyak.

Padahal, ibu memiliki tanggungjawab untuk memberikan ASI kepada bayi. Jadi, melakukan program diet jelas tidak disarankan.

Namun, bukan berarti ibu tidak bisa mendapatkan kembali tubuh dengan berat badan ideal. Ada cara yang aman yang bisa ibu lakukan untuk menurunkan berat badan paska kelahiran.

Mensukseskan Pemberian ASI Ekslusif

Ada yang tidak mau memberikan ASI eksklusif. Dan mungkin saja jumlahnya sangat banyak. Ada yang takut payudara mereka menjadi kendur sehingga penampilan mereka paska melahirkan tidak secantik dan seseksi seperti sebelum hamil.

Padahal jika mereka tahu, ASI ekslusif merupakan cara yang tepat untuk mengembalikan bentuk tubuh mereka seperti sediakala. Karena dengan memberikan ASI, nutrisi akan diberikan oleh ibu kepada sang buah hati.

Maka tidak heran jika ada juga ibu menyusui justru memiliki tubuh yang kurus. Hal ini bisa juga disebabkan karena asupan gizi ibu tersebut kurang. Antara gizi yang didapatkan dari makanan dengan gizi yang diberikan kepada sang buah hati melalui ASI tidak seimbang.

Oleh sebab itu pemberian ASI eksklusif merupakan cara yang paling efektif dan paling mudah untuk menurunkan berat pada setelah melahirkan.

Mengurus Bayi

Sayang jika ibu menyerahkan urusan bayi kepada baby sitter atau kepada orang tua ibu. Karena hal ini justru merugikan bagi ibu. Ibu tidak bisa belajar tentang bagaimana merawat bayi. Padahal ini merupakan kesempatan yang tepat untuk belajar sekaligus mempraktekkan bagaimana cara merawat bayi.

Selain itu, keterikatan batin antara ibu dan bayi pun kurang karena perawatan ibu serahkan kepada orang lain. Dan yang mungkin ibu tidak sadari bawasannya mengurus bayi sendiri secara tidak langsung bisa menurunkan berat badan setelah kelahiran.

Mengurus bayi itu membutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Bahkan ibu mungkin akan sedikit kuwalahan ketika bayi sudah berusia di atas 4 bulan, ketika ia sudah mulai belajar bergerak, berguling-guling dan bahkan merangkak.

Senam Khusus

Ini cara yang paling cepat untuk mengembalikan ukuran tubuh ibu namun sedikit lebih susah. Karena dibutuhkan niat yang kuat serta konsistensi.

Saat ini banyak instruktur senam yang bisa dipanggil ke rumah untuk menjadi instruktur pribadi di mana senam tersebut diperuntukkan untuk ibu yang ingin menurunkan berat badan pasca melahirkan.

Jangan mengikuti senam yang biasanya dilakukan di pusat kebugaran biasa. Karena gerakan yang dipraktekkan itu untuk umum. Sementara ibu baru melahirkan.

Biasanya senam diperbolehkan jika kondisi ibu sudah fit dan sudah tidak merasa kesakitan dalam beberapa gerakan. Akan tetapi, ibu perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ibu melahirkan secara Caesar.

Itulah beberapa cara menurunkan berat badan yang aman paska kelahiran anak. Semoga dengan menerapkan cara tersebut ibu bisa mendapatkan berat badan seperti sediakala sebelum hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *