Memahami Susu UHT Sebagai Susu Untuk Anak 1 Tahun

susu balita jelajah
www.ibudanbalita.com

Kecenderungan ibu dalam memberikan susu untuk anak 1 tahun sudah sangat menajamur. Asi tidak lagi diberikan, dan susu pendamping mulai dilirik sebagai pemenuhan gizi anak. Salah satunya adalah susu jenis UHT.

Susu diberikan oleh banyak ibu lantaran ibu khawatir dengan gizi anak. Kekurangan gizi hanya akan menyebabkan pertumbuhan anak menjadi tidak normal. Dicontohkan dengan terlambatnya anak dalam menunjukkan kemampuannya.

Terlambatnya kemampuan anak inilah yang akhirnya membuat ibu cemas. Banyak cara dilakukan, bahkan mencari cara pencegahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan susu sebagai pendukung gizi anak.

Diantara jenis susu yang banyak dilirik oleh ibu adalah susu UHT. Apa yang dimaksud dengan susu tersebut? Mari perhatikan ulasannya bersamaan dengan baik tidaknya susu tersebut untuk anak usia 1 tahun.

Apa Yang Dimaksud Dengan Susu UHT?

Susu untuk anak usia 1 tahun tidak boleh diberikan sembarangan. Pemberian yang kurang pas hanya akan menyisihkan manfaat yang ditawarkannya. Malahan, susu yang awalnya punya manfaat malah menjadi penyebab berbagai masalah pada kesehatan.

Kembali pada susu UHT. Susu jenis ini adalah produk susu yang diformulasikan secara higienis. Susu dipanaskan pada suhu 280 F selama kurang lebih 2 detik. Proses pengolahannya ini ditujukan untuk mematikan sejumlah bakteri yang ada di dalamnya.

Dengan proses pemanasan tersebut, produk susu bisa bertahan lebih lama. Meskipun susu tidak disimpan di dalam lemari es, produk mampu bertahan sampai maksimal 9 bulan. Ini terhitung semenjak susu belum dibuka.

Jika susu telah dibuka kemasannya, tentu produk tersebut tidak akan mencapai 9 bulan. Ibu perlu menghabiskannya dalam waktu yang relatif singkat. Karena dikhawatirkan jika susu bisa saja berubah fungsi. Yaitu dari menyehatkan menjadi menggangu kesehatan.

Perlu dipahami jika susu UHT yang diproses dengan pemanasan tinggi menyebabkan mikororganisme di dalamnya menjadi mati. Entah itu bakteri baik ataupun bakteri jahat. Kemudian efek dari susu akan gosong.

Untuk menghilangkan rasa produk yang gosong, pabrikan biasanya menambahkan gula di dalamnya. Penambahan gula membuat rasa susu menjadi lebih manis. Bahkan rasanya lebih enak dan tentunya digemari oleh anak.

Seberapa Besar Manfaat Yang Diberikan Oleh Susu UHT?

Susu UHT untuk anak usia 1 tahun terkadang diberikan ibu untuk anaknya. Hal ini dikarenakan oleh manfaat yang ada di dalamnya. Manfaat yang didapatkan ini tidak lain didapatkan dari proses pemanasan yang bagus.

Pemanasan yang bagus membuat susu jauh dari bakteri jahat. Tidak adanya bakteri jahat inilah yang disinyalir memberikan manfaat bagi anak. Tak heran jika ibu bersusaha untuk memberikan susu tersebut pada anaknya.

Mengenai manfaatnya adalah susu bisa memberikan kecukupan gizi bagi anak. Secara susu mengandung banyak kandungan. Misalnya adalah kalsium yang berguna untuk menguatkan tulang bayi.

Ini berlaku dengan protein. Protein bagus untuk perkembangan bayi. Yaitu bisa mendukung kesehatan anak semisal pertumbuhannya lebih normal.

Apakah Susu UHT Baik Diberikan Untuk Anak Usia 1 Tahun?

Bicara mengenai susu uht untuk anak 1 tahun, susu jenis ini dirasa kurang pas untuk diberikan oleh ibu. Karena susu ini termasuk susu dengan pemanasan yang besar dan membuat susu kehilangan banyak zat gizi di dalamnya.

Susu tersebut sudah diberikan pemanis. Pemanis ini dimasukkan untuk memberikan rasa yang enak. Pasalnya, efek gosong dari pemanasan ada, dan cara menghilangkannya adalah dengan pemberian pemanis ini.

Untuk susu anak usia 1 tahun, ibu dianjurkan untuk tidak memberikan jenis susu yang mengandung banyak gula di dalamnya. Gula masih belum bisa dicerna secara maksimal oleh anak. Jika diberikan, resikonya ada pada sistem pencernaan anak itu sendiri.

Kemudian penambahan gula hanya akan mengundang masalah obesitas. Obesitas pada anak akan terus berlanjut di masa depan. Anak akan cenderung gemuk serta rentan dengan masalah lanjutan yang berhubungan dengan kesehatannya.

Sebuah penelitian mengatakan jika anak belum boleh diberikan susu dengan pemanis atau gula tambahan. Anak boleh diberikan susu UHT ketika usianya sudah menginjak 2 tahunan lebih. Hal ini merujuk pada kemampuan sistem pencernaannya.

Dan untuk pemberiannya, ibu tidak boleh memberikannya terlalu banyak. Maksimal, ibu bisa memberikan susu uht pada anak sekitar 3 gelas saja perhari. Karena kelebihan susu hanya akan menyempitkan ruang untuk makanan lain sehingga pertumbuhannya akan terganggu.

Jenis Susu Yang Bisa Diberikan Ibu Untuk Anak Usia 1 Tahun?

Dilihat dari informasi sebelumnya, anak usia 1 tahun belum diperbolehkan untuk minum susu UHT. Ibu perlu menunggu usia anak mencapai 2 tahunan lebih jika tetap ingin memanfaatkannya. Pertanyaannya sekarang adalah apa jenis susu yang terbaik untuk anak usia 1 tahun?

Untuk jenis susu yang bagus, Frisian Flag Jelajah lebih direkomendasikan. Susu jenis ini diformulasikan lebih bagus. Bahkan disesuaikan dengan usia buah hati ibu.

Susu jenis ini dikhususkan untuk anak di rentang usia 1-3 tahun. Usia tersebut menunjukkan usia keemasan dari anak. Anak sudah mulai kuat fisiknya, mampu mengamati hal-hal sekitarnya.

Dengan pemanfaatan susu tersebut, imajinatif anak akan terasah. Tentunya hal ini didapatkan dari dukungan gizi yang lengkap di dalamnya. Ibu hanya perlu memanfaatkannya dengan tepat.

Pemanfaatan yang tepat adalah memberikan susu secara sewajarnya. Ini bisa dilihat dari takaran susu, serta pemberiannya di tiap hari. Paling tidak, ibu tidak memberikan susu secara berlebihan pada anak. Yang perlu diutamakan adalah makanan padatnya.

Kesimpulannya, susu uht dilewatkan terlebih dahulu ketika anak masih berusia 1 tahun. Ibu bisa mengganti susu jenis lain yang baik untuk anaknya. Tujuannya adalah supaya susu bisa bekerja optimal. Jadi, sudahkah ibu menemukan susu untuk anak 1 tahun yang bagus?

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *