Memastikan Nutrisi Balita Terpenuhi Saat Ia Mogok Makan

makanan bayi 6 bulan
Source: Health and Medical Articles

Khawatir pastinya ketika anak tibat-tiba mogok makan. Bagaimana nutrisi balita terpenuhi jika tidak mau makan? Itu mungkin yang juga menjadi pertanyaan yang ada di benak ibu saat ini.

Akan tetapi, tenang saja. Ada caranya lho bagaimana anak tetap mendapatkan nutrisi walaupun ia sedang susah makan. Berikut ini beberapa hal yang bisa ibu lakukan.

  1. Memberikan Suplemen

Ini cara yang paling simpel yang bisa ibu lakukan saat anak tidak mau makan. Asalkan ia mau mengkonsumsi suplemen, sudah bisa dipastikan kebutuhan gizi balita terpenuhi.

Sekarang ini, ada banyak sekali suplemen yang terbuat dari berbagai bahan. Ibu bisa pilih sesuai kebutuhan. Bahkan, ada juga lho suplemen yang mengandung semau nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Pasalnya, suplemen tersebut terbuat dari berbagai bahan. Makanya, beberapa produsen mengiklankan produk mereka sebagai produk yang bisa menggantikan sayuran atau makanan lainnya ketika akan susah makan.

  1. Minum Susu

Tidak seperti orang dewasa, balita itu tidak terlalu membutuhkan energi yang banyak. Makanya, dengan memberikan susu, kebutuhan nutrisi anak balita sudah terpenuhi.

Akan tetapi, ada satu hal yang harus ibu ketahui. Kandungan nutrisi di dalam susu itu minimal saja. Artinya, kadar setiap nutrisi di dalam susu hanya untuk memenuhi kebutuhan minimal nutrisi harian anak.

Ibu bisa berikan susu Frisian Flag Jelajah. Ini merupakan susu balita 1 tahun yang terbaik. Dikatakan yang terbaik karena ada kandungan nutrisi yang dibutuhkan balita untuk perkembangan fisik dan mentalnya.

  1. Cemilan Sehat dan Mengenyangkan

Terkadang, anak tiba-tiba mogok makan lantaran sudah mengenal cemilan. Nah, ibu bisa antisipasi hal ini dengan cara memberikan cemilan yang sehat sekaligus mengenyangkan. Contohnya saja cemilan berupa kue atau roti. Ibu juga bisa buatkan cemilan yang terbuat dari kentang atau ketela. Dalam hal ini, ibu harus tahu roti, kentang, dan ketela juga bisa memberikan energi untuk sang buah hati lho. Sama seperti nasi yang juga mengandung karbohidrat.

  1. Memberikan ASI

Beruntung jika anak ibu masih berusia di bawah 2 tahun. Jika ia tidak mau makan, kebutuhan nutrisi balita bisa tercukupi dengan memberikan ASI sebanyak-banyaknya.

Hanya saja, ibu harus makan yang banyak. Hal ini disebabkan ASI yang dikonsumsi anak semakin banyak. Untuk memastikan produksi ASI melimpah, ibu harus makan banyak.

Tentu bukan hanya makanan saja yang menentukan kuantitas ASI. Ada juga faktor lainnya seperti faktor psikis. Untuk lebih detail mengenai bagaimana meningkatkan kualitas ASI, ibu bisa tanya dengan pakarnya secara langsung di www.ibudanbalita.com. Di sana, ada fasilitas konsultasi kesehatan gratis secara online.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *