Membacakan Cerita Dongeng Untuk Pertumbuhan Buah Hati Anda

cerita dongeng anak
www.friso.co.id

Dengan semakin berkembangnya zaman, banyak orang tua yang meninggalkan budaya mendongeng untuk anak. Saat ini para orang tua lebih memanfaatkan teknologi digital untuk menghibur buah hati mereka daripada membacakan cerita dongeng. Padahal dongeng yang dikisahkan langsung dari mulut orang tua merupakan hiburan yang baik untuk anak. Selain menghibur, aktivitas ini juga mempunyai  banyak manfaat yang dapat membantu tumbuh kembang anak di masa mendatang.

Tidak ada istilah terlalu dini dalam hal membacakan dongeng untuk anak. Ketika buah hati Anda masih dalam kandungan pun, aktivitas ini sudah dapat Anda lakukan. Saat si Kecil sudah lahir, lebih baik untuk melanjutkan kebiasaan baik ini. Memang benar, saat baru lahir si Kecil belum dapat memahami kata-kata Anda, namun mendengar suara Anda bisa menjadi langkah awal untuk merangsang kemampuan mendengarnya dan mengenal suara-suara.

Cara Menjadi Pendongeng yang Baik Untuk Memberikan Cerita Dongeng Kepada Anak

Menjadi pendongeng merupakan hal yang sangat mudah, apalagi bila dilakukan dengan rasa senang. Berikut ini beberapa cara agar Anda bisa menjadi pendongen untuk si kecil;

-Pilihlah buku yang bisa menarik perhatian anak-anak, misalnya saja buku yang penuh gambar dan berwarna-warni. Sebisa mungkin, cari buku dengan jenis kertas yang tebal agar tidak cepat rusak akibat digigit oleh si Kecil. Biasanya, anak-anak suka memasukkan segala hal yang dia pegang ke dalam mulutnya. Setelah melihat desainnya, pilih buku dengan cerita yang memiliki pesan moral.

-Sebelum mendongeng, pastikan Anda sudah mengetahui bagaimana alur ceritanya supaya dapat mendalami dan menyampaikan pesannya dengan baik kepada anak.

-Saat akan berdongeng, mulailah dengan kalimat yang anak Anda sukai.

-Ceritakan dengan penuh ekspresi supaya si Kecil senang mendengarkan dongeng dari Anda. Atur juga nada suara Anda ketika menjelaskan alur cerita yang ada. Misalnya saat  menemukan karakter anak-anak pada cerita, ubahlah suara Anda seperti  suara anak kecil. Begitu juga saat ada karakter jahat, ubahlah suara Anda menjadi lebih menyeramkan.

– Anda tidak harus sepenuhnya mengikuti kata demi kata yang tertera pada buku. Gunakan kata-kata Anda sendiri yang mudah dipahami oleh buah hati Anda.

– Buatlah semacam interaksi tanya dan jawab. Hal ini merupakan kelebihan dari mendongeng, Anda dan si Kecil dapat berkomunikasi dua arah. mungkin Anda harus dapat membuatnya penasaran sehingga otak anak akan berpikir dan melahirkan pertanyaan-pertanyaan mengenai jalan cerita dongeng.

-Anda tidak harus mengajarinya membaca atau mengenal huruf karena hal itu dapat mengurangi kesenangan anak selama aktivitas mendongeng berlangsung. Anda hanya perlu fokus kepada kesempatan bersenang-senang bersama anak.

Awalnya mungkin Anda merasa kurang suka dan tidak bersemangat mendongeng, terutama bila si Kecil belum memahami berbagai hal. Atau mungkin saja Anda sedang repot dengan berbagai pekerjaan rumah tangga sehingga tidak mempunyai waktu untuk mendongeng. Sebenarnya mendongeng itu tidak sulit. Berikan waktu  15 sampai 20 menit sehari untuk menceritakan sebuah kisah kepada anak. Hal tersebut dapat dilakukan sebelum tidur siang, sebelum tidur pada malam hari, atau bila Anda dan si Kecil tidak sedang lelah.

Manfaat Dari Cerita Dongeng Bagi Si Kecil

Kata mendongeng pastinya tidak asing lagi ditelinga kita. Tetapi eksistensi kegiatan mendongeng ini cenderung makin memudar karena dimakan oleh usia. Padahal terdapat banyak sekali keuntungan bagi anak-anak kita jika mereka mendapatkan dongeng.  Padahal manfaat dongeng untuk anak sangatlah banyak seperti merekatkan hubungan orang tua dengan anak dan mendongeng juga bisa membantu mengoptimalkan perkembangan psikologis dan kecerdasan anak secara emosional. Berikut ini beberapa manfaat dari cerita dongeng ;

 -Mengembangkan Daya Imajinasi Anak

Perlu kita ketahui bahwa dunia anak adalah dunia imajinasi. Jadi anak mempunyai dunianya sendiri dan tak jarang mereka berbicara denga teman khayalannya. Dengan daya imajinasi yang masih sangat bagus ini, maka kita sebagai orang tua harus bisa mengarahkannya kearah yang positif dan tetap terkontrol. Dengan dongeng anak-anak maka inilah cara terbaik untuk mengarahkan mereka kearah yang baik.

– Meningkatkan Keterampilan dalam Berbahasa

Dongeng merupakan stimulasi dini yang mampu merangsang keterampilan berbahasa pada anak-anak. Perlu kita ketahui bahwa cerita dongeng anak-anak mampu merangsang anak-anak terutama anak perempuan dalam meningkatkan keterampilan berbahasa mereka. Hal ini dikarenakan anak perempuan lebih fokus dan konsentrasi daripada anak laki-laki.

-Membangkitkan Minat Baca Anak

Jika ingin memiliki anak yang mempunyai minat baca yang baik, maka mendongeng adalah jalan menuju hasil tersebut. Dengan memberikan cerita dongeng anak-anak, maka anak-anak akan tertarik dan rasa penasaran ini membuat mereka ingin mencari tahu.

 -Membangun Kecerdasan Emosional Anak

Mendongeng kepada anak bisa membangkitkan kecerdasan emosional mereka dan ini juga sarana hebat yang mampu merekatkan hubungan ibu dan anak.

Seperti yang kita tahu bahwa anak-anak mempunyai kesulitan dalam mempelajari nilai-nilai moral dalam kehidupan. Dengan dongeng anak-anak maka kita bisa memberikan contoh melalui tokoh dalam cerita yang kita dongengkan.

-Membentuk Rasa Empati Anak

Melalui stimulasi cerita dongeng anak, kepekaan anak pada usia tiga sampai tujuh tahun akan dirangsang mengenai situasai sosial disekitar mereka. Dengan metode dongeng untuk anak ini maka mereka akan belajar berempati terhadap lingkungan sekitar. Stimulasi yang akan lebih berhasil adalah dengan merangsang indera pendengarannya. Penting bagi kita memberikan stimulasi ini untuk memberikan mereka bekal yang baik untuk masa depannya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *