Membuat Resep Makanan Bayi 6 Bulan Yang Sehat Untuk Dijadikan MPSI

resep makanan bayi 6 bulan
www.ibudanbalita.com

Resep makanan bayi 6 bulan ini bisa menjadi alternatif untuk Bunda saat ingin membuat menu makanan pendamping ASI atau yang sering disebut dengan MPASI. Usia 6 bulan ini merupakan periode yang sangat penting bagi si kecil. Usia 6 bulan ini umumnya ditandai dengan berbagai macam perubahan pada tumbuh kembang si kecil.

Kemampuan mengatur posisi tubuh, kemampuan bergerak, kemampuan menggenggam, dan juga kemampuan bersosialisasi akan mengalami banyak sekali perubahan saat bayi menginjak usia 6 bulan. Dan salah satu perubahan penting yang harus menjadi perhatian Bunda adalah perubahan pemberian jenis makanan.

Program Asi ekslusif akan berakhir saat si kecil berusia 6 bulan. Ini artinya Bunda harus memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) pada si kecil. Selain itu Bunda harus mulai bisa memberikan makanan secara konsisten dengan bentuk yang lebih padat.

Ini artinya Bunda harus mengeksplor jenis makanan sehat orang dewasa sebagai MPASI ini. Maka dari itu Bunda harus membuat resep makanan balita 6 bulan yang selain mengandung gizi seimbang juga aman saat dikonsumsi si kecil.

Sebelum mengulas lebih jauh tentang resep makanan batita 6 bulan, yang tidak kalah penting lainnya adalah mengenai waktu pemberian MPASI untuk si kecil. Sehingga bisa membuat tumbuh kembang si kecil menjadi semakin optimal.

Mengatur Jadwal Makan Bayi 6 Bulan

Salah satu tujuan kenapa harus ada pengaturan jadwal makan untuk bayi usia 6 bulan ini adalah supaya nantinya si kecil akan memiliki jadawal makan seperti orang dewasa. Hal ini disebabkan pada saat Bunda memberikan ASI ekslusif, si kecil minum ASI sesuka hatinya.

Maka dari itu, pemberian MPASI untuk si kecil pada usia 6 bulan ini harus dicocokkan dengan jadwal makan orang dewasa. Supaya si kecil nantinya akan terbiasa dengan jadwal makan sehingga pola makanan si kecil menjadi teratur.

Pada tahap awal, cobalah Bunda untuk memberikan MPASI ini sebanyak satu kali per harinya sampai si kecil menjadi terbiasa terlebih dahulu. Nanti secara bertahap Bunda bisa menaikkan sampai 3 kali per harinya.

Kendala awal yang sering dihadapi saat pertama kali memperkenalkan MPASI pada si kecil adalah seringkali si kecil menolaknya. Untuk itulah dalam hal ini Bunda harus bisa membuat resep makanan untuk bayi 6 bulan yang selain bisa mendukung tumbuh kembang si kecil juga cocok dengan lidahnya.

Untuk lebih jelasnya terkait dengan jadwal makan bayi usi 6 bulan adalah sebagai berikut ini:

  1. Pagi setelah si kecil bangun tidur Bunda bisa memberikan ASI.
  2. Pada jam 09.00, Bunda bisa memberikan MPASI. Misalnya saja bubur susu.
  3. Nanti pada pukul 11.00-12.00, Bunda bisa memberikan MPASI lagi. Misalnya bubur susu atau saring.
  4. Pada jam 12.00 Bunda bisa memberikan ASI.
  5. Pada jam 18.00, Bunda bisa memberikan MPASI. Misalnya bubur susu.
  6. Pada jam 20.00, Bunda bisa memberikan ASI kembali.

Jadi pada intinya, untuk mendukung tumbuh kembang bayi usia 6 bulan ini selain memberikan MPASI yang tepat, Bunda juga harus mengatur jadwal makan si kecil. Dan yang tak kalah penting lainnya adalah membuat resep makanan untuk balita 6 bulan yang cocok di lidah dan mengandung asupan gizi seimbang.

5 Resep Makanan Bayi Usia 6 Bulan Pendamping ASI

Memberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) pada bayi umur 6 bulan ini tidak bisa dilakukan dengan cara asal-asalan. Sebab tumbuh kembang bayi sebagain besar akan dipengaruhi oleh MPASI ini.

Dan yang tidak kalah penting untuk Bunda perhatikan adalah bayi umur 6 bulan ini masih beradaptasi dengan menu makanan selain ASI. Sebab sebelumnya si kecil hanya mengenal ASI sebagai menu makan setiap harinya.

Maka dari itu, membuat resep makanan untuk batita 6 bulan ini selain harus bergizi juga harus disukai oleh si kecil. Sebab sangat mungkin jika nanti si kecil akan menolak MPASI yang Bunda berikan.

Untuk beberapa pilihan resep makanan balita usia 6 bulan yang bergizi dan juga sangat disukai oleh bayi diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Bubur Beras

Untuk membuat MPASI bubur beras ini terbilang sangat mudah. Bahan yang diperlukan untuk membutnya adalah ¼ mangkuk beras bubuk (beras yang sudah dihancurkan dengan blender atau penghancur lainnya) dan juga 1 mangkuk air.

Cara memasaknya, campur bubuk beras dengan sebagian air. Setelah itu didihkan sisa air kemudian masukkan larutan beras lalu aduk hingga merata kurang lebih selama 10 menit. Lalu sajikan selagi hangat dan supaya lebih enak lagi Bunda bisa mencampurnya dengan susu formula.

  1. Bubur Pure Pisang

Resep makanan batita usia 6 bulan yang bisa Bunda coba di rumah selanjutnya bernama bubur pure pisang. Namun sebenanrnya Bunda juga bisa mengganti buah pisang dengan jenis buah lainnya, seperti alpukat, pepaya, apel, dan sejenisnya.

Sedangkan untuk membuat bubur pure pisang, bahan yang perlu Bunda siapkan adalah 50 gram pisang ambon yang sudah dikupas dan dipotong dan 30 ml atau 2 sdm ASI atau susu formula. Setelah itu Bunda tinggal mencampurkan dan memblendernya.

  1. Bubur Berprotein

Untuk cara membuatnya sebenarnya hampir sama seperti saat membuat bubur beras tadi, bedanya Bunda hanya perlu menambahkan kuning telur atau air kaldu ke dalam bubur tersebut. Kuning telur dan air kaldu ini ditambahkan saat Bunda merebus air putih sebelum menambahkan larutan beras.

Itulah beberapa resep makanan bayi umur 6 bulan yang selain bergizi juga sangat disukai oleh si kecil. Sekarang Bunda tinggal memilih resep makanan bayi 6 bulan yang mana yang ingin dicoba terlebih dahulu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *