Membujuk Bayi Agar Lahir Melalui Persalinan Normal

IbudanBalita
IbudanBalita

Motivasi serta stamina yang bagus tidak cukup untuk membuat ibu bisa melahirkan secara normal. Ada banyak sekali ibu hamil yang sehat dan ingin sekali melakukan persalinan secara normal. Hanya saja bayi yang mereka kandungan seolah-olah tidak mau diajak kerjasama. Akhirnya persalinan dilakukan melalui operasi caesar.

Memang ada cara yang dilakukan oleh dokter kandungan untuk memancing bayi lahir secara normal. Salah satunya dengan memberikan obat pacu. Namun, ini bukanlah cara alami agar bayi bisa lahir secara normal.

Ingin tahu apa yang harus ibu lakukan untuk membujuk bayi agar lahir melalui persalinan normal?

3 Hal Penting Untuk Ibu Lakukan

Selamat jika selama masa kehamilan ini ibu sudah menjaga kesehatan dengan cara rajin jalan kaki atau mengikuti program senam ibu hamil. Namun, sekali lagi, menjaga kesehatan saja tidak cukup. Ibu juga harus bujuk bayi agar mau lahir secara normal.

* Berhubungan Dengan Suami

Jika masih hamil muda, ibu dilarang sekali berhubungan dengan suami. Alasannya, kontraksi yang disebabkan oleh masuknya sperma akan membahayakan janin yang baru berusia beberapa hari.

Lain hal jika kehamilan sudah masuk usia trimester ketiga atau bahkan persalinan hanya menunggu hari saja. Berhubungan dengan suami akan memicu kontraksi. Ini artinya bayi akan dibujuk untuk lahir secara normal.

* Birthing Balls

Ibu pernah lihat bola besar yang biasanya di jadikan tempat duduk seorang ibu hamil? Itulah yang disebut dengan birthing ball. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Menurut penelitian, ketika ibu duduk di atas bola lalu tubuh digerakkan, pada saat yang sama bayi di dalam kandungan juga melakukan gerakan. Dan gerakan bayi ini sangat penting agar ia lebih mudah untuk lahir secara normal.

Banyak ibu hamil yang sehat namun tidak bisa melahirkan secara normal padahal HPL sudah tiba lantaran bayi tidak bergerak atau tidak memberikan respon. Ibu pasti tidak ingin kesakitan karena diberi obat pacu, kan? Oleh sebab itu, mulai dari sekarang, ibu bisa gunakan birthing ball.

* Stimulasi Puting

Ibu bisa minta bantuan suami atau melakukannya sendiri untuk menstimulasi puting. Ternyata, cara ini akan melepaskan oksitosin yang membuat rahim mengalami kontraksi. Dengan demikian, bayi akan lahir secara normal dan mudah.

Kenapa Sebaiknya Persalinan Normal

Mungkin ibu bertanya kenapa sebaiknya ibu melakukan persalinan normal. Toh ada operasi caesar yang jelas lebih aman dan ibu tidak merasa sakit sama sekali.

Namun, pada kenyataannya tidak demikian. Justru jika ibu melahirkan melalui operasi caesar, ibu akan merasakan perih setelah operasi. Dan rasa perih tersebut akan ibu rasakan hingga beberapa hari ke depan. Bahkan, ada juga yang masih merasakan perih hingga bertahun-tahun di bagian jahitan operasi caesar.

Belum lagi dengan biaya yang sangat mahal. Mungkin ibu hanya membutuhkan uang sekitar 1-2 juta saja untuk mendapatkan bantuan medis dari bidan atau dokter kandungan ketika persalinan dilakukan secara normal. Lain hal dengan operasi caesar. Setidaknya ibu harus siapkan uang 10 juta rupiah.

Jika sekarang masih ada waktu, ibu perlu membaca kiat-kiat bagaimana menyiapkan diri agar bisa melakukan persalinan normal. Selain siap fisik, ibu juga harus siap mental lho. Untuk lebih lengkapnya, ibu bisa kunjungi www.ibudanbalita.com. Di sana banyak tips dari pakar kesehatan ibu hamil tentang bagaimana menyiapkan diri sebelum melahirkan secara normal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *