Memelihara Hewan Piaraan Bisa Memaksimalkan Tumbuh Kembang Balita Lho

Tumbuh Kembang Balita
Friso Indonesia

Tumbuh kembang balita sangat dipengaruhi hal-hal yang bersifat eksternal. Artinya, hal-hal yang tidak terkait dengan menu makanan atau nutrisi. Permainan, peran ibu sebagai orang tua, dan juga lingkungan disebut eksternal. Dan hal-hal yang bersifat eksternal ini juga memiliki peran yang tak kalah signifikan dibandingkan dengan nutrisi.

Dan ternyata, binatang piraan itu juga berpengaruh terhadap perkembangan balita juga lho. Dalam hal ini, pengaruhnya sangat positif.

Apakah ibu ingin tahu pengaruhnya seperti apa hewan piaraan terhadap tumbuh kembang balita? Berikut ulasan selengkapnya.

Binatang Piaraan Membantu Balita untuk Berkembang

Banyak orang tua yang takut jika si kecil bermain dengan binatang piaraan. Sekalipun binatang tersebut sudah jinak dan tidak akan menyakiti si kecil, tetap saja rasa was-was itu ada. Tentu hal tersebut sangat wajar. Setiap ibu pasti khawatir jika justru binatang piaraan menyakiti sang buah hati.

Namun, jika ibu berpikir demikian, ibu mungkin akan berpikir ulang dan akhirnya memelihara satu binatang piaraan jika tahu perannya sangat signifikan untuk tumbuh kembang balita.

Setidaknya ada dua kebaikan dari memelihara hawan piaraan saat balita dalam proses berkembang. Hal ini sesuai dengan apa yang dilangsir pada laman Boldsky pada bulan Februari tahun ini.

Ada dua manfaat untuk perkembangan balita jika ibu memelihara hewan piaraan. Yang pertama, hewan piaraan akan merangsang perkembangan motorik balita lebih baik, terutama motorik kasar. Hal ini disebabkan balita akan cenderung bermain, berjalan, serta berlari bersama hewan piaraan tersebut.

Manfaat yang kedua, hewan piraan akan merangsang balita agar lebih intens dalam proses belajar bicara. Saat ia bermain dengan hewan piraan, tentu saja ia tidak hanya bergerak. Ia juga berkomunikasi walaupun dengan bahasa yang tidak ibu pahami. Yang jelas, ia mencoba membunyikan kata-kata. Jadi, semakin sering ia bermain dengan hewan piraan, maka ia akan semakin intens juga berusaha belajar bicara.

Jadi, bagaimana dengan ibu? Apakah akan memelihara binatang piaraan di rumah? Jika ibu ingin tumbuh kembang balita lebih cepat, tidak salah jika ibu mencarikan binatang piaraan untuk sang buah hati.

Hal yang Perlu Ibu Perhatikan

Mungkin sekarang ibu berubah pikiran dan akhirnya mau memelihara hewan piaraan setelah mengetahui info tersebut di atas. Akan tetapi, ibu juga harus hati-hati. Sekalipun binatang piaraan yang ibu pilihkan tidak membahayakan si kecil, ibu tetap harus menjaga sang buah hati jika bermain dengan hewan tersebut.

Hewan jinak seperti kucing pun bisa berbahaya jika balita ibu secara tidak sengaja menyakitinya. Misalnya, jika balita ibu tidak sengaja menginjak ekor sang kucing, bukan tidak mungkin kucing akan melakukan perlawanan dengan menyerang balita ibu, bukan?

Oleh sebab itu, peran ibu juga harus ada. Bukan berarti ibu membelikan hewan piaraan kemudian ibu bisa membiarkan si kecil bermain dengan hewan begitu saja. Pengawasan ibu tetap harus ada.

Jadi, sekarang ibu tahu bagaimana hewan piaraan bisa mengoptimalkan perkembangan balita. Silakan ibu tentukan binatang seperti apa yang cocok untuk sang buah hati. Banyak sekali hewan piraan yang mudah untuk dipelihara. Dan pastikan hewan piraan yang ibu pilih disukai oleh si kecil ya. Karena percuma saja jika binatang tersebut tidak menarik di mata si kecil.

Ibu bisa keluar untuk mencari binatang piaraan sekarang juga. Yang jelas, ibu tidak akan salah jika memelihara binatang piaraan karena binatang tersebut sangat mempengaruhi tumbuh kembang balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *