Memijat Bisa Menjadi Cara Cepat Mengatasi Sembelit Pada Bayi

umur berapa bayi tumbuh gigi
solusisehatku.com

Banyak cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi sembelit pada bayi. Akan tetapi, mana cara yang paling cepat dan tepat? Tentunya semua orang tua tidak ingin melihat bayi mereka mengerang kesakitan dan terus menangis. Maka dari itu, ibu dan juga orang tua lainnya pasti ingin tahu cara tercepat mengatasi masalah sembelit.

Memijat menjadi cara kuno tapi masih manjur untuk dilakukan saat ini. Memang sudah ada kelas sendiri bagi para bidan agar setelah mereka lulus kuliah mereka bisa melakukan pijatan dengan cara yang benar. Namun, bukan berarti para orang tua yang tidak memiliki background pendidikan kebidanan tidak bisa melakukan pijatan untuk bayi sendiri.

Ibu sekarang harus tahu bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk melakukan pijatan untuk mengatasi susah BAB pada bayi. Berikut ini langkah demi langkah yang harus ibu lakukan.

Langkah Memijat Untuk Mengatasi Bayi Susah BAB

Tidak sulit untuk melakukan treatment seperti ini. Pertama-tama, ibu harus membaringkan si kecil ke atas tempat tidur atau ke lantai yang sudah diberi alas. Posisikan tubuh si kecil seperti huruf I. Artinya, ibu harus meluruskan kedua kaki bayi ibu.

Setelah itu, ibu bisa memulai memijat. Jika bayi tidak biasa dipijat, maka ia biasanya akan menangis kesakitan. Sebenarnya bukan sakit yang ia rasakan namun rasa khawatir, takut, dan tidak nyaman. Akan tetapi, ibu harus bisa menenangkan si kecil dan mulai memijat bagian perut.

Ibu bisa memegang kedua kaki si kecil dengan tangan kiri sementara itu tangan kanan digunakan untuk memijat. Nah, ini yang terpenting. Pijatan untuk mengatasi masalah bayi susah BAB itu berbeda dengan pijatan biasanya. Ibu bisa mulai memijat bagian dada lalu turun perut seolah membentuk huruf L. Lakukan beberapa kali di bagian perut kanan dan kiri.

Setelah itu, ibu bisa lanjutkan dengan memijat bagian perut bayi membentuk huruf U terbalik. Lakukan secara perlahan-lahan.

Gerakan seperti itu terus saja ibu lakukan untuk membantu si kecil mengeluarkan kotoran yang ada di perut namun sulit untuk dikeluarkan melalui BAB. Bagaimana? Ibu mau mencoba? Silakan simpan informasi ini dan ibu bisa mempraktekkan jika bayi ibu mengalami sembelit.

Persiapan Sebelum Memijat Bayi

Selain masalah teknis memijat bayi, yang tak kalah pentingnya lagi adalah persiapan yang harus dilakukan.

  • Siapkan Minyak Telon atau Baby Oil

Sebenarnya, yang disarankan adalah minyak telon. Pasalnya, minyak ini bisa meresap dan membuat otot perut lentur. Otot yang menegang inilah yang menjadi salah faktor susahnya buang air besar yang dialami oleh bayi. Namun, jika ibu khawatir perut bayi kepanasan, ibu bisa gunakan baby oil ketika memberikan pijatan.

  • Lakukan Di Tempat Yang Hangat

Jangan melakukan pemijatan di luar rumah karena bayi bisa mengalami masuk angin. Sebaiknya ibu lakukan pijatan di kamar yang suhunya sekitar 25 derajat celsius. Akan lebih baik jika sirkulasi udara juga bagus.

  • Minta Ijin

Meskipun bayi tidak mengerti, ibu harus meminta ijin sebelum melakukan pemijatan. Ini sebagai cara berinteraksi yang ibu lakukan agar si kecil tahu susah BAB yang ia alami akan segera sembuh dengan pemijatan.

  • Siapkan Kain

Kain ini bisa ibu taruh di bawah tubuh si kecil. Bisa saja bayi langsung bisa mengeluarkan BAB ketika ibu sedang memijat perutnya. Dan ini BAB bisa ke mana-mana. Maka dari itu, ibu perlu menaruh kain di bawah badan si kecil, terutama di bagian pantat.

Persiapan dan teknik memijat untuk mengatasi susah buang air besar pada bayi sudah ibu ketahui. Namun, tentu bukan cara satu ini saja yang bisa ibu lakukan. Ada upaya lain yang juga perlu untuk ibu coba.

Tips Mengatasi Sembelit Pada Bayi Selain Pijatan

Pijatan hanya dilakukan untuk membantu mengeluarkan kotoran di dalam perut yang sulit keluar. Dan cara lain juga tak kalah penting.

Pada dasarnya, sembelit itu terjadi karena adanya masalah pada sistem pencernaan si kecil. Mungkin tubuhnya kekurangan serat atau cairan sehingga BAB sulit dikeluarkan. Maka dari itu, treatment lain selain melakukan pemijatan juga tak kalah penting untuk ibu lakukan.

Apakah bayi ibu sudah mendapatkan MPASI? Jika belum, maka cara yang bisa ibu lakukan hanya memberikan ASI sebanyak mungkin. ASI yang bersifat cair akan membantu mengeluarkan kotoran sisa metabolisme dari dalam.

Untuk bayi yang sudah mendapatkan menu MPASI, ibu bisa berikan jus buah atau menu makanan yang mengandung sayuran berserat. Ini tidak hanya langkah untuk mengetasi saja tapi juga mencegah sembelit.

Masalah sembelit ini bisa disebabkan oleh kesalahan yang tidak sadar ibu lakukan. Contohnya saja ibu tidak memberikan ASI dalam jumlah yang banyak. Selain itu, bisa juga ibu salah dalam memberikan menu MPASI. Ada baiknya ibu ikut ke dalam forum para ibu agar ibu mendapatkan informasi yang tepat tentang menu makanan berdasarkan usia bayi.

Jika semua hal tersebut sudah ibu lakukan namun sembelit pada bayi tidak kunjung teratasi, ibu bisa lakukan konsultasi dengan dokter segera. Konsultasi tidak harus dilakukan dengan cara tatap muka secara langsung. Sekarang ini, www.friso.co.id memberikan layanan berupa konsultasi secara online. Ibu bisa bertanya kepada dokter anak tentang kiat untuk mengatasi bayi sembelit.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *