Memilih Makanan Ibu Hamil Muda Untuk Menjaga Kesehatan

Makanan ibu hamil muda
Source: The Pregnancy Zone

Makanan ibu hamil muda tentunya harus secara rutin dikonsumsi oleh para ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin yang ada di dalam perutnya. Pasalnya seorang ibu hamil jelas tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi sembarang makanan karena jelas akan cukup berisiko membahayakan keselamatan janin dalam kandungan.

Apalagi pada usia hamil muda atau pada trimester pertama kehamilan seorang ibu hamil masih sangat rentan akan berbagai gangguan-gangguan kehamilan yang cukup berisiko bagi sang ibu dan janinnya.  Oleh karena itu sudah sepatutnya sebagai orang tua terutama sebagai ibu yang mengandung Anda selalu menjaga kesehatan diri dan juga bayi Anda dengan berbagai cara termasuk dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang baik untuk ibu hamil muda.

Makanan Ibu Hamil Muda Yang Baik Untuk Janin

Selain berbagai risiko yang masih sangat mungkin terjadi pada usia-usia kandungan yang masih menginjak trimester pertama, beberapa gejala umum yang dialami oleh ibu hamil pun masih sangat sering dialami oleh sang ibu saat usia kehamilan masih dalam bulan-bulan pertama. Beberapa gejala yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari tersebut diantaranya adalah rasa mual dan juga muntah yang masih cukup sering terjadi, bahkan seorang ibu hamil bisa kehilangan napsu makannya.

Tentu hal tersebut tentu sangat berisiko untuk kesehatan janin sebab secara umum seorang ibu hamil tentu harus selalu memenuhi asupan mineral dan jgua vitamin yang cukup kepada janin setiap harinya supaya perkembangan janin yang ada di dalam kandungan berkembang dengan baik. Berikut ini beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil;

  • Sereal

Mungkin bukan hanya ibu hamil aja yang menyukai jenis makanan yang baik untuk ibu hamil satu bulan ini. Akan tetapi secara umum sereal memang menjadi salah satu jenis makanan yang lezat. Dengan memenuhi asupan gizi pada saat pagi hari, seorang ibu hamil bisa mengurangi rasa mual dan juga muntah di pagi hari atau yang biaa disebut dengan morning sickness. Sereal ini diketahui memiliki beberapa kandungan mineral dan juga vitamin yang baik dan menjadi kebutuhan nutrisi janin yang ada di dalam kandungan.

  • Berbagai Produk Olahan Susu

Makanan yang baik untuk ibu hamil muda kedua adalah susu dan berbagai produk olahannya. Dengan mengonsumsi susu, seorang ibu hamil akan mendapatkan banyak manfaat. Bukan hanya untuk kesehatannya sendiri, tetapi sang ibu juga tentunya akan memberikan manfaat juga kepada sang janin.

Susu dinilai sangat berguna untuk pertumbuhan jaringan baru pada tubuh janin dan juga bisa membantu memperbaiki jaringan yang rusak pada janin. Susu mengandung cukup banyak protein, dan protein adalah salah satu zat yang dibutuhkan untuk melancarkan perkembangan janin.

  • Buah-buahan dan Sayuran

Saat usia kehamilan Anda masih menginjak usia trimester pertama, vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dalam memerangi berbagai serangan penyakit. Nah, vitamin C ini bisa Anda dapatkan dari beberapa jenis buah yang menjadi makanan yang baik untuk ibu hamil muda. Bukan hanya buah, tetapi Anda juga membutuhkan zat-zat penting lainnya seperti zat besi yang bisa membantu Anda menurunkan risiko terkena anemia atau kekurangan sel darah merah.

  • Makanan laut atau seafood

Beberapa macam seafood atau makanan laut termasuk ikansangat disarankan bagi para ibu hamil karena juga menjadi salah satu jenis makanan yang baik untuk ibu hamil muda karena mengandung asam lemak omega 3. Zat tersebut dinilai sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan proses pembentukan dan perkembangan otak janin. Akan tetapi untuk beberapa jenis ikan tertentu, Anda juga harus menghindariya karena terdapat kandungan merkuri dan juga lemak jenuh yang justru bisa mengganggu kesehatan tubuh Anda.

  • Kacang-Kacangan

Apabila Anda adalah orang yang suka ngemil untuk mengisi waktu-waktu kosong Anda, maka Anda mungkin perlu mengganti jenis makanan yang Anda konsumsi dengan beberapa jenis kacang-kacangan yang mengandung banyak asam folat dan juga vitamin B. Kacang-kacangan dianggap sebagai salah satu makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan karena kandungan gizinya cukup diperlukan untuk membantu perkembangan sitem saraf pada bayi. Ukan hanya untuk bayi atau janin yang ada di dalam kandungan, tetapi jenis kacang-kacangan tersebut juga berfungsi untuk meningkatkan energi dan sistem imun ibu.

  • Air dan beberapa jenis vitamin

Jenis makanan yang baik untuk ibu hamil muda selanjutnya adalah air putih dan juga tambahan vitamin yang berfungsi untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Jika selama awal kehamilan Anda sering mengalami mual dan muntah, maka disarankan supaya Anda lebih banyak mengonsumsi air putih yang sudah dicampurkan dengan sari buah tanpa gula. Bukan hanya aupan air saja yang harus tercukupi, namun  asupan vitamin juga sangat penting bagi usia kehamilan muda.

Makanan Ibu Hamil Muda Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Bagi Anda para penyuka kopi atau minuman berkafein, saat Anda hamil sebaiknya batasi konsumsi kafein Anda setiap harinya. Mulai sekarang cobalah untuk hanya mengonsumsi maksimal 200 mg kopi per hari atau sekitar 2 cangkir kopi per harinya. Akan tetapi alangkah baiknya jika Anda tidak mengonsumsi minuman tersebut selama kehamilan. Jenis makanan lain yang juga tidak boleh Anda konsumsi tentunya adalah alkohol yang akan sangat membahayakan kesehatan.

Beberapa jenis makanan ibu hamil muda yang tidak baik untuk kesehatan lainnya adalah mayonaise. Hal ini dikarenakan karena mayonaise mengandung telur mentah. Jenis-jenis makanan yang kurang matang atau bahkan tidak matang juga harus Anda hindari untuk menjaga kesehatan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *