Memilih Makanan untuk Berat Badan Bayi yang Ideal  

 

berat badan bayi ideal
Ibu & Balita

Sama seperti orang dewasa, berat badan bayi perlu dipastikan berada di kisaran berat badan yang ideal. Bayi yang terlalu kurus ditakutkan tidak mendapat asupan gizi yang cukup, sementara berat badan bayi yang berlebih juga dikhawatirkan akan berkelanjutan dan anak menjadi obesitas di usia dini.

Jadi seperti apa berat badan yang dianggap ideal untuk bayi? Berikut penjelasan dan saran menjaga berat badan untuk memastikan bayi sehat dan berkembang dengan baik.

 Berat Badan yang Ideal untuk Bayi

Saat kelahiran, berat badan yang normal untuk bayi adalah yang berada di kisaran 2.5 – 4.5kg. Biasanya, ibu hamil disarankan untuk menjaga agar bayi di dalam kandungan memiliki berat badan sekitar 3.5kg. Berat badan yang tepat juga baik untuk ibu selama proses melahirkan. Pasalnya, bayi dengan berat badan berlebih akan lebih besar, dan ibu – ibu dengan tubuh yang lebih kecil terkadang harus melahirkan dengan cara operasi cesar. Tapi ibu tidak perlu terlalu khawatir, karena tidak semua factor yang mempengaruhi berat badan bayi adalah karena ibu. Besar kecilnya bayi yang lahir juga bisa dipengaruhi oleh factor genetic atau keturunan.

Ketika bayi memasuki usia 3 bulan, tentunya bayi sudah akan tumbuh lebih besar. Biasanya, berat badan juga akan bertambah menjadi dua kali dari beratnya ketika lahir, kisarannya sekitar 5 – 7.8kg. Kenaikan berat badan selama minggu – minggu pertama setelah kelahiran bayi memang biasanya cukup banyak, walaupun terkadang satu atau dua minggu pertama bayi akan mengalami sedikit penurunan berat badan. Jangan takut, karena hal ini normal, dan hanya karena tubuh bayi mulai kehilangan cairan – cairan tubuh dari selama berada di dalam kandungan. Setelah itu, berat badannya akan cepat kembali dan bahkan bertambah cukup pesat.

Setelah usia 3 bulan, seterusnya berat badan bayi biasanya tidak bertambah sebanyak sebelumnya. Ini juga hal yang normal, karena bayi yang baru lahir memang biasanya langsung menyerap nutrisi lebih cepat dan banyak, sehingga berat awal bayi akan bertambah banyak dalam waktu yang singkat. Saat mencapai usia 1 tahun, berat badan sekitar 7.8 – 11kg adalah berat yang ideal.

Mencapai Berat Badan yang Tepat

Saat memikirkan berat badan yang tepat, pastinya hal pertama yang dipikirkan adalah bagaimana memilih bahan makanan agar berat badan ideal dan nutrisi yang diperlukan terpenuhi.

Sudah tidak meragukan kalau ASI adalah makanan yang paling tepat untuk bayi yang masih menyusui. ASI juga membantu menyeimbangkan berat badan bayi, dan tentunya bagus sekali untuk memastikan bayi sehat.

Ketika bayi sudah mulai menkonsumsi makanan padat untuk tambahan ASI, ibu disarankan untuk memberikan makanan sehat yang mengandung nutrisi yang cukup. Walaupun mungkin terkadang makanan akan dipilih – pilih, jangan takut untuk mencoba segala macam jenis makanan untuk menemukan yang paling disuka, dari daging, buah – buahan, dan sayur.

Ibu perlu mengingat untuk tidak memberikan bahan makanan yang mengandung lemak jenuh dan kadar gula dan garam yang tinggi. Contohnya adalah memberikan nasi atau buah – buahan yang manis terlalu banyak. Selain itu, memberikan makanan olahan kepada bayi juga perlu dihindari, karena adanya bahan – bahan tambahan di dalam kandungan makanan olahan. Sebaiknya, ibu menyiapkan makanan bayi sendiri menggunakan bahan makanan alami yang ada di dapur.

Mungkin ibu perpikir kalau makanan yang diberikan untuk bayi mungkin akan terasa hambar dan tidak menarik. Tapi hal ini tidak perlu dikhawatirkan, supaya bayi terbiasa menkonsumsi makanan sehat dengan rasa yang alami tanpa menambahkan bumbu atau penyedap buatan. Yang terpenting, ibu memberikan makanan kepada bayi dalam jumlah yang cukup, agar berat badan bayi tetap terjaga.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *