Memilih Susu Pertumbuhan Anak 1 Tahun Dengan Benar

susu pertumbuhan anak 1 tahun
intisari.grid.id

ASI adalah asupan alami terbaik dari ibu bagi bayinya. Akan tetapi ada beberapa wanita yang tidak dapat memberikan ASI karena alasan tertentu. Salah satunya karena produksi ASI yang tidak banyak. Akhirnya cara memberi susu pertumbuhan anak 1 tahun pun dijadikan pilihan untuk membantu perkembangan sang bayi, terutama yang baru lahir.

Memilih susu formula untuk bayi baru lahir atau yang masih berusia di bawah satu tahun cukup sulit. Bayi pada usia tersebut tidak boleh mengonsumsi asupan seenaknya, termasuk susu formula, sebab belum dapat mencerna makanan dengan baik.

Oleh sebab itu, satu hal penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih susu formula yaitu memeriksa kandungannya, bukan merek maupun harga. Akan tetapi Anda bisa juga memakai produk yang menggabungkan keduanya. Namun ingat bahwa komposisi whey harus lebih tinggi daripada casein. Pada umumnya perbandingan antara whey dan casein sekitar 60 dengan 40. Rasio itu sama  dengan kandungan protein pada ASI. Teruskan penggunaan hingga bayi berusia satu tahun. Apabila Anda merasa bayi tidak menyukainya, Anda bisa mengganti merek.

Susu Pertumbuhan Anak 1 Tahun Yang Cocok  Untuk Anak

Pada intinya semua produk susu formula terdiri dari kumpulan nutrisi utama, yaitu protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Akan tetapi, yang membedakan adalah jenisnya. Contohnya, produk A memakai protein jenis whey, lalu produk B memakai protein jenis casein, sementara produk C menggabungkan keduanya. Pastikan di kemasan susu ada tertulis bahwa produk tersebut cocok untuk dikonsumsi bayi baru lahir.

Bagi bayi baru lahir dan masih di bawah usia satu tahun, sebaiknya pilih produk susu formula yang berasal dari susu sapi. Langkah selanjutnya yaitu  memperhatikan jenis protein yang digunakan.  Protein susu sapi terbagi dua, yaitu whey dan casein. Jenis whey lebih disarankan untuk bayi baru lahir karena dianggap lebih mudah dicerna. Anda juga dapat menggantinya bila bayi Anda mengalami diare, lemas, atau muntah. Segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Di pasar, sering dijual susu formula yang berasal dari kedelai. Produsen mengatakan susu formula kedelai diperuntukkan bagi bayi yang alergi terhadap susu sapi. Walau begitu, sebaiknya hindari susu berbasis kedelai bila bayi Anda normal maupun alergi terhadap susu sapi, kecuali dengan seizin dokter. Sebab pada umumnya, bayi yang alergi terhadap susu sapi akan alergi pula terhadap susu kedelai. Disampingitu, para pakar kesehatan tidak merekomendasikan susu keledai untuk bayi di bawah umur 6 bulan.

Apabila bayi Anda alergi terhadap susu sapi, konsultasikan kepada dokter. Dia akan meresepkan susu formula dengan protein yang sudah terhidrolisis sepenuhnya. Susu ini masih berbasis susu sapi, akan tetapi proteinnya sudah terhidrolisis sehingga mudah dicerna bayi. Disamping susu formula kedelai, ada beberapa jenis susu yang harus dihindari, seperti susu sapi reguler, susu sereal, susu kental manis, susu kambing, susu evaporasi, dan susu almond.

Cara Memperkenalkan Bayi Dengan Susu Pertumbuhan Anak 1 Tahun

Beberapa bayi mungkin akan menolak saat diberi susu formula sebab dia sudah terbiasa dengan ASI. Apabila hal itu terjadi, Anda jangan memaksanya untuk menghabiskan satu botol susu. Sebaik-baiknya susu formula, tidak akan dapatmenandingi manfaat ASI. Akan tetapi bila tidak memungkinkan memberi ASI secara eksklusif, susu formula juga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Anda harus memilih susu formula yang sesuai dengan bayi Anda. Pastikan produk yang Anda pilih terdaftar di BPOM RI. Namun bilan Anda masih bingung memilih susu yang cocok dengan bayi, konsultasikan kepada dokter.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menganjurkan para ibu untuk memberikan ASI setidaknya hingga usia si kecil mencapai dua tahun, namun ketika usia si buah hati sudah menginjak 1 tahun, para ahli mulai menyarankan supaya si kecil diberikan susu pertumbuhan sebagai pelengkap pola makan 4 sehat 5 sempurna. Sekarang ini ada berbagai macam susu sapi yang diformulasikan untuk bagi si kecil, diantaranya yaitu ;

– Susu full cream merupakan susu sapi yang sudah dipasterisasi dan dihomogenisasi, biasa di jual dalam bentuk cair atau serbuk. Jenis susu sapi ini biasanya mengandung setidaknya 3,2 persen lemak.

– Susu rendah lemak merupakan  susu sapi dengan kandungan lemak berkisar antara 1,5 sampai 2 persen lemak.

– Susu skim merupakan jenis susu sapi dengan kandungan lemak sangat rendah yaitu sekitar 0,15 persen.

– Susu formula khusus merupakan  susu yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi khusus. Pada umumnya bisa  berupa susu rendah laktosa atau sudah ditambahkan protein, zat besi, kalsium, vitamin D, asam lemak omega-3 atau nutrisi lainya.

Para ahli menyarankan susu full cream untuk si kecil dengan usia 1 sampai 2 tahun sebab susu jenis ini adalah sumber yang bagus dari protein, lemak, dan kalsium. Disamping itu, susu full cream mengandung cukup energi untuk kegiatan sehari-hari si kecil. Usia pertumbuhan 1 sampai dengan 2 tahun merupakan masa dimana pertumbuhan si kecil berlangsung pesat.

Sehingga mereka memerlukan asupan protein, lemak, dan energi cukup yang salah satunya bisa  dipenihi dari jenis susu tersebut. Susu rendah lemak biasanya akan disarankan dokter untuk si kecil yang mengalami kegemukan berlebih atau obesitas. Pertumbuhan si kecil ketika usia memasuki 2 tahun tidak sepesat saat mereka berusia 1 tahun, sehingga mereka dengan berat badan ideal umumnya lebih direkomendasikan untuk mengkonsumsi susu pertumbuhan anak 1 tahun. Lemak pada tahapan ini masih sangat dibutuhkan yang salah satunya digunakan untuk pertumbuhan otak mereka.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *