Mengadopsi Cara Mendidik Anak dari Orang Jepang

cara mendidik anak
Friso Indonesia

Cara mendidik anak agar ia tumbuh pintar, rajin, dan patuh terhadap orang tua sebenarnya sangat mudah sekali. Ibu bisa lihat bagaimana orang Jepang mendidik anak-anak mereka.

Selama Jepang dikenal sebagai negara yang mampu menciptakan generasi yang cerdas khususnya di wilayah Asia. Kebanyakan orang pintar khususnya dalam hal teknologi merupakan orang Jepang.

Tentu hal tersebut tidak lepas dari cara mendidik anak yang diterapkan oleh orang tua di sana. Tidak ada salahnya bukan jika ibu juga mengadopsi cara tersebut.

Belajar Mendidik Anak dari Jepang

Ada satu kejadian yang cukup mengejutkan. Sekitar 10 tahun terakhir ini, masyarakat Jepang sangat suka sekali dengan olahraga sepakbola. Padahal, dulu sepakbola bukanlah sepakbola favorit orang Jepang. Setidaknya setelah Piala Dunia dihelat di Jepang, semakin banyak orang yang memfavoritkan olahraga ini. Bahkan, Timnas Jepang sudah pernah ikut dalam Piala Dunia.

Ternyata, hal ini by design. Artinya, ada upaya yang dilakukan pemerintah agar membuat semakin banyak orang Jepang yang suka dengan sepakbola. Ternyata, jauh hari, anak-anak yang akan menjadi generasi penerus sudah disuguhi karakter kartun yang sangat mereka sukai, yaitu kapten Tsubasa. Mereka suka membaca komik dan juga serial kartun Kapten Tsubasa.

Lalu, apakah ada yang bisa ibu pelajari dari hal tersebut di atas? Tentu saja ada, bukan? Pada dasarnya cara mendidik anak yang benar itu mudah. Dengan memberikan contoh yang baik dan ia sukai, maka ibu akan sangat mudah untuk mengasuh si kecil. Bahkan, imbasnya juga pada masa depan dan keinginan untuk mencapai cita-citanya.

Mungkin dahulu kala di Jepang tidak ada anak yang bercita-cita menjadi seorang pemain sepakbola yang handal. Namun, ibu bisa bayangkan bagaimana sekarang hanya karena tokoh kartun Kapten Tsubasa banyak anak Jepang yang ingin sekali menjadi pemain sepakbola yang hebat.

Hal Penting untuk Dilakukan

Salah satu cara mendidik anak adalah dengan memberikan contoh yang baik, bisa tokoh kartun, superhero, dan bahkan ibu sendiri juga bisa menjadi contoh. Buatlah si kecil suka dan kagum dengan tokoh tertentu sehingga ia memiliki arah ke mana saat dewasa nanti dan apa yang harus dilakukan.

Selain itu, ibu juga harus menyediakan fasilitas penunjangnya. Salah satu tips mendidik anak yang sangat disarankan untuk dilakukan adalah memberikan stimulus untuk mengetahui potensi anak. Jika si kecil suka dengan Tsubasa, maka berikan apa saja yang ada karakter Tsubasa seperti kaos, bola, sepatu bola, dan lain sebagainya. Siapa tahu bakat si kecil memang menjadi bermain sepakbola.

Pada dasarnya, mendidik anak itu mengarahkan kemana tujuan si kecil. Kenali apa yang ia suka lalu kemudian berikan fasilitas agar ia semakin suka dan berbakat dalam hal tersebut. Dan hal ini ibu bisa awali dengan menerapkan cara mendidik anak seperti orang Jepang, yaitu memberikan panutan yang baik. Dalam hal ini, panutan atau contoh itu tidak hanya karakter kartun. Banyak hal yang bisa dijadikan contoh.

Jika selama ini ibu merasa kurang puas dengan cara mendidik anak yang ibu lakukan, maka tidak salah jika ibu review kembali apa yang selama ini sudah ibu lakukan. Ibu harus ingat bahwa mendidik anak itu tidak mendikte anak harus menjadi seperti apa, namun mengarahkan agar apa yang ia sukai berubah menjadi bakat yang istimewa. Bukankah itu tujuan akhir dari cara mendidik anak?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *