Mengapa Sebaiknya Posisi Tidur Ibu Hamil Miring Ke Kiri?

posisi tidur ibu hamil
www.balitapedia.com

Pernah dengar posisi tidur ibu hamil sebaiknya miring ke kiri? Ini bukan mitos, melainkan saran dari para pakar ahli kesehatan. Ternyata, ada banyak manfaat yang tidak hanya didapatkan oleh janin di dalam kandungan tapi juga ibu yang sedang hamil jika tidur dengan posisi miring ke kiri.

Hal ini tidak lantas membuat posisi tidur lainnya tidak diperbolehkan. Tidur terlentang dan bahkan tengkurap tetap diperbolehkan. Hanya saja, memang ada beberapa hal yang harus ibu ketahui jika tidur terlentang atau tengkurap saat hamil.

Manfaat Tidur Miring Bagi Janin

Setiap ibu hamil pasti ingin memberikan yang terbaik untuk janin yang ia kandung. Apapun ia akan lakukan, termasuk harus meninggalkan makanan enak tapi kurang sehat, mengkonsumsi minuman yang bernutrisi tinggi seperti susu Frisian Flag Mama, dan lain sebagainya.

Hal-hal kecil pun menjadi pertimbangan seperti halnya posisi tidur. Apalagi jika ternyata posisi tidur sangat mempengaruhi perkembangan janin. Tentu ibu akan sangat tertarik untuk mengetahui hal ini.

Ternyata, ada manfaat yang langsung bisa dirasakan oleh janin ketika ibu tidur miring ke kiri. Dengan posisi tidur saat hamil seperti ini, peredaran darah semakin lancar. Menurut dokter kandungan, posisi tidur miring ke kiri membuat pembuluh vena mengembalikan aliran darah ke jantung lebih lancar dan akhirnya aliran darah ke rahim melalui plasenta pun semakin baik. Dan jika aliran darah lancar, maka perkembangan janin bisa lebih optimal.

Tidak banyak yang tahu jika peredaran darah pengaruhi perkembangan bayi di dalam rahim. Umumnya mereka hanya mengerti bawasannya nutrisi lah yang mempengaruhi perkembangan janin. Namun, mulai sekarang ibu tahu betapa pentingnya peredaran darah bagi perkembangan janin. Dan ibu sudah tahu apa yang harus ibu lakukan, yaitu tidur dengan posisi miring ke kiri.

Bagaimana dengan miring ke kanan? Sebenarnya sama saja. Posisi tidur miring ke kanan saat hamil pun sangat bagus. Ini bisa memperlancar peredaran darah. Akan tetapi, lebih bagus posisi tidur miring ke kiri daripada miring ke kanan.

Manfaat Tidur Miring Ke Kiri Bagi Ibu Hamil

Tidak hanya janin yang mendapatkan manfaat ketika posisi tidur ibu hamil miring ke kiri. Ibu sendiri pun bisa merasakan manfaat. Dengan tidur miring ke kiri, maka peredaran darah lancar sehingga ibu tidak mudah merasa lelah. Ibu hamil yang sering merasa capek itu bisa saja disebabkan peredaran darah yang tidak lancar. Selain itu, ibu juga tidak mudah mengantuk jika peredaran darah lancar.

Selain itu, ada juga keluhan kesehatan yang bisa diantisipasi ketika ibu tidur miring ke kiri, yaitu sembelit. Ini merupakan keluhan kehamilan yang sering dialami saat usia kehamilan mencapai trimester kedua dan ketiga. Tentu bukan posisi tidur saja yang menjadi satu-satunya langkah antisipasi sembelit. Ada hal lain yang juga perlu ibu lakukan seperti banyak mengkonsumsi makanan berserat serta minum air putih. Namun, terlepas dari hal tersebut, posisi tidur saat hamil ternyata berpengaruh juga dengan kesehatan ibu hamil.

Agar ibu lebih banyak mengerti tentang hal-hal kecil yang bisa dijadikan langkah antisipasi terhadap keluhan kesehatan saat hamil, ibu bisa ikuti diskusi ibu dan balita. Ada banyak sekali informasi bermanfaat yang dibagikan oleh sesama ibu hamil di forum tersebut.

Ibu Hamil Tidur Tengkurap, Bolehkah?

Ibu pasti tidak sadar jika posisi tidur ibu berubah. Bisa saja ibu mulai dari awal mau tidur sudah miring ke kiri. Akan tetapi, saat ibu sudah terlelap, posisi tidur ibu berubah, bisa miring ke kanan, terlentang, dan bahkan tengkurap. Apakah tidur tengkurap berbahaya bagi ibu hamil?

Ada penjelasan yang harus ibu ketahui. Sebenarnya, tidur tengkurap itu tidak masalah apalagi jika kehamilan masih muda. Pada saat itu, perut belum membesar sehingga ibu tidak akan merasa terganggu saat tidur tengkurap. Lain hal jika perut sudah membesar. Tentu ibu akan merasakan ketidaknyamanan ketika tidur tengkurap.

Meskipun demikian, ada hal yang perlu diperhatikan. Bukan berarti ibu masih merasa nyaman ketika tidur tengkurap saat hamil muda dan hal tersebut tidak berbahaya. Ingat ya bu ada janin di dalam kandungan. Tidur dengan posisi tengkurap bisa membuat janin tertekan lho. Apalagi jika perut sudah membesar. Selain janin tertekan, ibu juga akan merasa kurang nyaman.

Jika ibu ingin tidur dengan posisi tengkurap saat perut sudah membesar, sebaiknya ibu pasang guling atau bantal pada bagian kaki. Dengan demikian perut tidak akan tertekan. Gunakan bantal yang empuk untuk bagian kepala agar ibu nyaman dan pernafasan ibu tidak terganggu.

Meskipun aman, tetap saja ibu harus hati-hati. Sebaiknya jangan terlalu lama dan terlalu sering tidur dengan posisi tengkurap. Yang dikhawatirkan adalah ketika pernafasan ibu terganggu lantaran ibu sulit menghirup oksigen saat tidur. Bukankah itu juga membahayakan bagi janin yang ibu kandung?

Posisi tidur yang bagus saat hamil adalah miring. Dan yang paling bagus adalah miring ke kiri sesuai dengan penjelasan tersebut di atas. Jadi, usahakan agar ibu tidur miring ke kiri terutama ketika hamil trimester kedua dan ketiga.

Tentu bukan hanya posisi tidur ibu hamil saja yang harus ibu ketahui. Lebih banyak hal lain yang harus ibu pelajari tentang kesehatan ibu hamil. Hal tersebut tidak lain bertujuan agar janin di dalam kandungan berkembang dengan baik dan ibu juga bisa menjalani masa kehamilan tanpa rasa terbebani.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *