Mengatasi Masalah Anak Susah Makan dengan Cara yang Bijak

anak susah makan
Ibu dan Balita

Anak susah makan bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena bosan dengan menu makanan yang ibu berikan, sudah kenyang karena terlalu banyak minum susu, atau suasana hatinya yang kurang baik.

Oleh sebab itulah memaksa anak untuk makan bukan cara yang tepat. Justru si kecil akan semakin menolak jika ibu memaksanya untuk makan. Lalu, apa yang sebaiknya ibu lakukan saat anak susah makan?

Tentu saja banyak cara atau tips untuk mengatasi anak yang susah makan. Akan tetapi, perlu ibu ketahui apapun cara yang ibu lakukan tidak akan berhasil jika tidak mempertimbangkan beberapa hal berikuti ini.

Mencari Tahu Penyebab Anak Susah Makan

“Kenapa si kecil mogok makan ya?” Mungkin ini pertanyaan yang pertama kali ibu harus tanyakan kepada diri sendiri. Jika ibu mengetahui jawabannya, maka ibu bisa menerapkan tips untuk mengatasi anak susah makan.

Ibu bisa melakukan riset kecil-kecilan. Mulailah dengan memberikan jenis makanan yang sama sekali berbeda dengan biasanya. Jika anak ibu sudah mulai mudah makan, itu artinya kemungkinan besar si kecil sudah makan karena bosan dengan menu makanan biasa.

Namun, cara tersebut di atas membutuhkan waktu yang lama. Apalagi ibu harus mencoba berbagai jenis makanan baru untuk si kecil. Untuk itu, dalam menerapkan cara tersebut, ibu bisa menerapkan cara yang lain, yaitu menenangkan suasana hati si kecil saat makan. Cara ini biasanya manjur jika anak ibu sering rewel pada waktunya makan.

Yang pasti, ibu harus cari tahu penyebab kenapa anak susah makan. Untuk mencari penyebabnya, ibu mungkin memerlukan waktu berhari-hari. Dalam kurun waktu tersebut, ibu bisa mensuplai gizi si kecil dengan memberikan lebih banyak susu terlebih dahulu.

Konsultasi dengan Dokter Anak

Masalah anak yang susah makan bukanlah masalah yang luar biasa. Setiap anak mungkin akan mengalami masalah seperti ini.

Akan tetapi, bukan berarti ibu bisa menyepelekan masalah yang satu ini. Walaupun termasuk persoalan yang biasa dialami oleh anak-anak, ibu juga harus ekstra waspada. Pasalnya, dikhawatirkan anak susah makan disebabkan ada masalah kesehatan.

Itulah mengapa ibu perlu mengajak si kecil untuk melakukan medical check up ke dokter anak. Dokter akan memeriksa apakah ada masalah di dalam sistem pencernaannya. Atau, apakah ada rasa sakit yang ia alami saat ia mengkonsumsi makanan.

Untuk anak yang belum bisa berbicara dengan lancar, tentu ibu susah sekali untuk bertanya dan berkomunikasi dengan anak. Sehingga ibu tidak tahu apa yang ia rasakan. Oleh sebab itu, solusinya adalah datang ke dokter dan berkonsultasi untuk mencari tahu kenapa anak susah makan dan bagaimana solusinya.

Dua pertimbangan tersebut sebaiknya ibu lakukan. Gunakan cara pertama untuk beberapa hari. Namun, jika sudah seminggu ibu tidak mampu menemukan penyebabnya, maka ibu perlu melakukan cara yang kedua, yaitu konsultasi dengan dokter.

Ibu pasti tidak ingin perkembangan anak terganggu yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang karena anak susah makan, bukan? Oleh karena itu, ibu tidak boleh menganggap sepele masalah yang satu ini.

Susu balita memang sudah memberikan kebutuhan nutrisi harian si kecil. Namun, sumber nutrisi tidak hanya dari susu. Apalagi jika anak ibu sudah sangat aktif, maka diperlukan sumber nutrisi dari selain susu, yaitu makanan. Jadi, sekarang ibu sudah tahu bukan apa yang harus ibu lakukan saat anak susah makan?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *