Mengatasi Ruam Popok pada si Kecil? Ini Caranya..

mengatasi ruam popok
Johnson’s Baby

Berbagai masalah terhadap kesehaatan tentu akan biasa dialami oleh si Kecil bila perawatan yang dilakukan tidak tepat serta lingkungan yang kurang sesuai dengan kondisi si Kecil. Masalah yang sering dialami adalah akibat salah dalam merawat mulai dari ruam pipi, biang keringat hingga ruam popok.

Yang paling sering dialami oleh si Kecil adalah ruam popok. Ruam popok sendiri merupakan masalah yang timbul di bagian kulit yang terkena popok akibat beberapa alasan seperti pemakaian popok yang terlalu ketat, sirkulasi udara tidak memadai, adanya bakteri di dalam serta pemilihan popok yang salah.

Ya, ruam popok bisa saja dialami oleh si Kecil bila Bunda sadar atau tidak sadar telah melakukan hal tersebut. Cirinya, kulit yang dikenai popok si Kecil akan mengalami gatal-gatal atau kemerahan. Tentunya hal ini akan sangat menganggu si Kecil dalam beraktivitas sehari-harinya.

Bunda tidak ingin hal tersebut terjadi kan? Atau sudah terjadi pada si Kecil? Oleh karena itu, informasi mengenai mengatasi ruam popok ini akan sangat bermanfaat bagi Bunda yang ingin mencegah serta mengatasi timbulnya ruam popok pada si Kecil. Lakukanlah dengan benar dan jadikan gaya hidup baru si Kecil ya..

  1. Jangan Memakaikan Terlalu Ketat!

Pemakaian popok yang terlalu ketat inilah yang menyebabkan timbulnya ruam. Popok yang ketat tentunya akan membebani kulit sehingga timbul lah lipatan-lipatan serta terjadi kemerahan. Ditambah lagi, popok yang ketat akan mengganggu sirkulasi udara yang masuk atau keluar dari dalam popok.

Jika hal ini sering terjadi dan tidak ada penanganan yang tepat, kulit si Kecil akan menjadi memerah dan gatal-gatal. Jadi, mulai dari sekarang cobalah untuk selalu memakaikan popok si Kecil jangan terlalu ketat ya Bun hingga membebani kulitnya, serta jangan juga terlalu renggang hingga membuat kotoran si Kecil dapat keluar.

  1. Jangan Memakaiakan Bedak

Bunda tahu sendiri kan bila area selangkangan merupakan area yang mudah berkeringat? Bunda juga tahu kan bila keringat terkena bedak akan menimbulkan biang keringat, gatal dan kemerahan? Nah, jadi jangan pernah sedikitpun memakaikan bedak pada area popok si Kecil ya Bun, terutama pada area selangkangan. Walaupun fungsinya adalah untuk memberi kehangatan pada si Kecil, namun juga bisa menjadikan masalah pada si Kecil bila tidak digunakan dengan benar.

  1. Selalu Ganti Popok

Selain pemakaian popok yang terlalu ketat, tidak pernah mengganti popok yang bisa menyebabkan ruam popok lho. Kenapa demikian? Karena popok yang sudah penuh kotoran, tentu akan membuat area popok tersebut selalu dalam keadaan kotor, bakteripun akan berada disana. Yang kita tahu sendiri bahwa ruam popok juga disebabkan oleh bakteri kan?

Nah, cobalah untuk selalu mengganti popok setiap setelah penuh ya Bun, dan jangan pernah menunggu waktu mandi untuk mengganti. Hal ini memang sering dilakukan oleh para Bunda yang selalu menunggu waktu mandi terlebih dahulu.

Nah, sebagai upaya pencegahan serta penyelesaian masalah ruam popok ini, Bunda juga bisa gunakan baby oil. Pakaikan selalu baby oil ini pada seluruh area tubuh secara perlahan sambil dipijat-pijat untuk hasil yang maksimal. Jangan lupa juga untuk memilih baby oil yang sesuai, yaitu yang memiliki kandungan aman serta dipercaya oleh jutaan Ibu di seluruh dunia.

Nah, dengan melakukan 4 cara diatas, tentu Bunda dapat melakukan suatu pencegahan dan mengatasi apabila terjadi ruam popok pada si Kecil. Tentu semua berawal dari gaya hidup kesehariannya, jadi jangan sampai salah ya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *