Mengatasi Susah BAB Pada Balita Tanpa Obat

kenali-berbagai-penyebab-anak-sakit-perut, Kenali Berbagai Penyebab Anak Sakit Perut
www.friso.co.id

Banyak faktor yang menyebabkan balita mengalami susah buang air besar atau BAB. Dan ibu perlu tahu hal tersebut agar masalah tersebut tidak dialami oleh si kecil.

Namun, bagaimana jika balita ibu mengalami susah BAB? Apa yang harus ibu lakukan?

Pasti, ibu tidak tega melihat si kecil terlihat lemas dan sering menangis karena BAB susah dikeluarkan. Apakah ibu akan membawanya ke dokter atau membelikan obat susah BAB?

Sebaiknya itu tidakan paling akhirnya ibu lakukan. Ada alternatif lain selain memberikan obat yang jauh lebih efektif dan tentunya jauh lebih aman.

3 Cara Bisa Ibu Coba Untuk Mengatasi Susah BAB Pada Balita

Kata kuncinya adalah tanpa obat. Apalagi obat-obatan kimia. Sebaiknya ibu jauhkan si kecil mengkonsumsi obat. Itu sangat penting.

Untuk mengatasi masalah susah BAB pada balita, 3 hal berikut bisa ibu coba.

  1. Cairan Lebih Banyak

Apakah anak ibu masih berusia di bawah 6 bulan? Tidak ada cara lain selain memberikan ASI yang lebih banyak. Ibu bisa konsumsi lebih banyak sayuran dan makanan yang bergizi agar produksi ASI lebih banyak. Biarkan si kecil mendapatkan ASI lebih banyak agar ia bisa lepas dari masalah susah BAB.

  1. Memandikan

Tidak hanya yang tahu jika ternyata memandikan si kecil bisa membuatnya mudah buang air besar. Bagaimana ini bisa terjadi?

Ketika si kecil dimandikan, maka otot akan rileks sehingga BAB akan mudah dikeluarkan. Namun, pastikan ibu menggunakan air hangat untuk memandikan si kecil.

Tidak masalah jika ibu memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat di malam hari. Hal ini akan membuat BAB keluar dan akhirnya si kecil akan merasa nyaman. Walhasil, ia bisa tertidur dengan mudah dan lelap.

  1. Memberikan Probiotik

Apa yang ibu tahu dari probiotik? Pasti pernah dengar istilah ini, bukan? Ibu mungkin dengar kata probiotik ini di iklan susu. Betul sekali. Probiotik merupakan salah satu kandungan yang penting di dalam susu balita.

Apa manfaatnya? Banyak sekali.  Yang pasti, probiotik akan membuat bakteri baik di dalam sistem pencernaan semakin banyak. Sementara itu, bakteri buruk akan berkurang karena dibasmi atau dihancurkan oleh bakteri baik.

Dan apa yang terjadi? Buang air besar akan lancar sekali. Pasalnya, salah satu penyebab susah buang air besar pada balita itu disebabkan kurangnya probiotik.

Cara yang paling mudah untuk menambah probiotik adalah dengan mengkonsumsi susu Friso. Susu ini tersedia untuk balita mulai usia 1 tahun. Ibu bisa dapatkan susu ini langsung dari www.friso.co.id.

Cara mana yang akan ibu coba?

Cegah Susah BAB Pada Balita

Tidak ada cara yang lebih baik daripada melakukan pencegahan. Dan hal tersebut bisa ibu lakukan dengan cara mengetahui apa yang menjadi penyebab balita mengalami susah BAB.

Yang paling sering terjadi adalah balita kekurangan cairan dan juga kekurangan serat. Untuk itu, pastikan ibu menyiapkan menu makanan yang mengandung sayuran. Usahakan juga balita ibu mengkonsumsi buah setiap hari. Dengan demikian, BAB akan lancar.

Terlepas dari itu semua, ibu tetap harus konsultasikan masalah kesehatan balita dengan dokter anak. Pasalnya, terkadang si kecil terlihat sehat tapi ternyata ada masalah kesehatan yang tidak terlihat secara kasat mata. Dan dokter anak akan melakukan diagnosa sehingga resiko balita mengalami masalah kesehatan bisa dicegah.

Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *