Mengenal Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

bau mulut
Listerine Indonesia

Bau mulut merupakan salah satu hal yang membuat semua orang tidak ingin mengalami hal tersebut. Tentunya anda tidak ingin bukan, jika mulut anda mengeluarkan aroma yang kurang sedap.

Bau mulut yang keluar tentu akan mengganggu dan membuat rasa percaya diri anda berkurang, apalagi jika harus berbicara dengan orang lain. Tetunya bagi seseorang yang memiliki gangguan pada mulutnya dapat menurunkan kredibilitas diri seseorang tersebut, seperti memberikan kesan jika anda adalah orang yang jorok karena tidak suka menjaga kebersihan.

Hal ini dapat menjadi masalah yang lebih besar lagi jika anda adalah seseorang yang memiliki pekerjaan sebagai seorang pebisnis dan memiliki banyak klien. Anda harus berbicara di depan mereka tentunya haruslah dengan bau mulut dan nafas yang segar. Untuk itu gangguan bau mulut harus dihilangkan. Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasinya ada baiknya anda mengenali apa itu bau mulut?

Bau mulut pada umumnya bersumber dari mulut yang disebabkan oleh beberapa hal yang terkadang bukan berasal dari dalam mulut. Ada beberapa faktor yang dapat membuat timbulnya bau mulut. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya bau mulut berawal dari gigi. Mungkin anda beranggapan bahwa gangguan kesehatan pada mulut adalah penyakit gigi saja. Padahal bau mulut sendiri berasal dari gigi. Jika tidak rajin menggosok gigi maka bakteri dari sisa-sisa mikroba ataupun kotoran pada makanan dapat menginfeksi pada jaringan mulut lainnya. Jika anda bisa menjaga kebersihan pada gigi, bakteri yang ada pada jaringan mulut tidak akan bisa masuk dan menyebar pada alira darah anggota tubuh lainnya.

Bau mulut dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain, seperti:

  • Disebabkan oleh bakteri.

Organ mulut adalah salah satu tempat yang sangat disukai oleh bakteri. Jenis mikroorganisme ini dapat bersembunyi di antara gigi dan permukaan lidah. Jika anda tidak rajin menjaga kebersihan gigi dan lidah maka,bakteri-bakteri tersebut akan berkembang biak dan menumpuk. Kemudian bakteri-bakteri tersebut mengeluarkan racun dan bau yang kurang sedap.

  • Disebabkan oleh tonsil

Tonsil atau amandel yang berlubang adalah salah satu faktor yang membuat halitosis. Pada bagian tonsil terdapat sisa-sisa makanan dan kuman yang membuat bau tidak sedap pada mulut.

  • Kebiasaan mengkonsumsi makanan beraroma tajam

Jenis makanan seperti durian, bawang putih, ikan dapat menyebabkan bau mulut. Begitu juga dengan kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan napas tidak segar.

  • Disebabkan oleh mulut kering

Mulut kering disebabkan oleh kurang mengkonsumsi air minum, sehingga juga dapat menyebabkan bau mulut.

  • Disebabkan oleh gangguan perut

Bukan hanya bagian organ mulut saja yang dapat membuat bau mulut tidak sedap. Gangguan pada organ perut atau pada usus juga dapat menyebabkan bau mulut.

            Setelah mengetahui faktor penyebab bau mulut berikut ini akan diberikan solusi untuk mengatasi bau mulut antara lain:

  1. Menjaga mulut anda tetap lembab, sebab mulut kering adalah sumber dari bau mulut. Untuk mengatasi agar mulut tetap lembab, anda bisa mengkonsumsi air putih lebih banyak. Sebab air akan membersihkan mulut dan itu baik untuk membuat mulut anda tetap lembab. Mengkonsumsi permen karet, namun jangan mengkonsumsi permen karet yang memiliki rasa mints. Sebab permen karet dengan rasa mints tidak mendorong produksi air liur.
  2. Berkumur, seringlah berkumur untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada mulut. Kini anda juga bisa menggunakan obat berkumur agar lebih higenis.
  3. Menjaga pola makan yang sering mengkonsumsi makan-makanan dengan aroma dan rasa yang kuat dengan mengganti makanan buah-buahan serta sayur-sayuran sehat.

Dengan mengetahui bagaimana cara mengatasi bau mulut tersebut, jika anda mengalami hal serupa anda dapat mencoba untuk mengatasinya. Selamat mencoba.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *