Mengkonsumsi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil itu Wajib, Asal Jangan Asal-Asalan

makanan sehat untuk ibu hamil
Ibu dan Balita

Makanan sehat untuk ibu hamil memang harus dikonsumsi setiap hari. Ini merupakan modal agar ibu sehat dan janin di dalam kandungan berkembang secara optimal.

Sayangnya, banyak ibu yang salah kaprah dalam menerapkan program mengkonsumsi makanan sehat. Mereka memang sudah mendapatkan daftar makanan apa saja yang boleh dan yang tidak boleh mereka konsumsi. Namun,tidak sedikit dari mereka mengalami masalah kesehatan. Kenapa hal tersebut terjadi? Apakah itu disebabkan salah mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil? Mungkin saja mereka tidak tahu aturan bagaimana agar mendapatkan manfaat dari nutrisi yang terkandung di dalam makanan tersebut.

Jika ibu sedang hamil sekarang ini, ibu tida boleh hanya tahu jenis makanan sehat ibu hamil saja tapi juga mengerti bagaimana mengambil segala manfaat makanan sehat tersebut.

Makan Lebih dari Tiga Kali Sehari

Idealnya, pola makan yang baik itu mengkonsumsi makanan tiga kali sehari, yaitu di pagi, siang, dan malam hari. Namun, harus dipahami bahwa seorang ibu hamil memerlukan lebih banyak nutrisi dari makanan yang ia konsumsi. Nutrisi tersebut dibutuhkan untuk tubuhnya sendiri dan juga untuk perkembangan janin. Jadi, bisa dikatakan kebutuhan nutrisinya double.

Namun, bukan berarti ibu hamil harus menambah porsi makan ya. Tetap saja porsinya sama dan akan lebih jika lebih sedikit. Namun, setiap hari ia harus mengkonsumsi makanan lebih dari tiga kali. Ia bisa sarapan, makan lagi pada jam 10, makan siang pada jam 1, makan sore dan makan malam. Yang pasti, ia harus mengkonsumsi menu makanan sehat untuk ibu hamil.

Hal ini sangat diperlukan agar ibu hamil tidak merasakan mual. Jika ia harus dipaksa mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak lantaran ia sedang hamil, ia akan merasa eneg dan akhirnya mual dan muntah.

Mengkonsumsi Makanan yang Bervariasi

Ada sejuta makanan sehat untuk ibu hamil. Ibu bisa lihat list menu makanan sehat ibu hamil yang bisa ibu pilih. Jadi, setiap hari, usahakan ibu mengkonsumsi menu makanan yang variatif.

Apa manfaatnya? Agar ibu tidak bosan. Apalagi jika ibu terbiasa mengkonsumsi makanan yang kurang sehat dan sekarang saat ibu hamil ibu dipaksa untuk mengkonsumsi makanan sehat, mungkin ibu akan susah sekali. Rasa bosan pun akan muncul. Oleh sebab itu, pilihlah makanan sehat yang variatif.

Selain itu, manfaat mengkonsumsi makanan yang berbeda itu untuk memastikan ibu mendapatkan semua nutrisi. Sayuran mungkin kaya akan vitamin namun ibu bisa mendapatkan asam folat dan omega 3 dari seafood. Jadi, dengan mengkonsumsi makanan sehat yang variatif, ibu akan mendapatkan semua nutrisi ibu butuhkan.

Perhatikan Cara Memasak

Ada beberapa makanan sehat untuk ibu hamil namun cara memasaknya kurang tepat. Seperti contoh, seafood itu baik untuk kesehatan janin, bukan? Namun, seafood tersebut menjadi tidak sehat manakala dimasak dengan cara dipanggang atau dibakar. Pasalnya, daging seafood tidak benar-benar matang sehingga kandungan merkuri masih ada pada seafood tersebut.

Itulah mengapa ibu harus hati-hati memilih makanan sehat untuk ibu hamil. Ibu harus pastikan juga cara memasaknya memang benar. Akan lebih baik jika ibu menyiapkan menu makanan sehari-hari sendiri di rumah agar ibu bisa memastikan bahan makanan tersebut dimasak benar-benar matang. Selain itu, ibu juga bisa memastikan bahan tersebut segar sehingga ibu bisa mendapatkan semua manfaat dari makanan sehat untuk ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *