Mengkonsumsi Susu Ibu Menyusui Tak Sekedar untuk Kebaikan Si Kecil

susu ibu menyusui
Friso Indonesia

Susu ibu menyusui tidak hanya sekedar untuk memastikan kesehatan sang buah hati. Namun, susu tersebut juga tak kalah penting bagi kesehatan ibu sendiri.

Banyak yang beranggapan bahwa tidak ada gunanya mengkonsumsi susu untuk ibu menyusui jika tidak ada perbedaan terhadap produksi ASI. Anggapan tersebut menunjukkan betapa banyak orang yang masih menganggap bahwa susu tersebut hanya dikonsumsi dengan tujuan memperbanyak produksi. Padahal, bukan itu yang paling penting.

Susu Ibu Menyusui Tidak Untuk ASI

Semakin banyak orang yang percaya bahwa susu ibu menyusui mempengaruhi produksi ASI maka semakin banyak orang yang akan kecewa. Hal ini berdasarkan fakta ilmiah di mana tidak ada kaitannya antara konsumsi susu dengan produksi ASI. Artinya, mengkonsumsi susu itu tidak untuk tujuan agar ASI diproduksi dalam jumlah yang banyak.

Sebenarnya, susu ibu menyusui mengandung nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan seorang ibu yang berupaya untuk memberikan ASI eksklusif untuk sang buah hati. Hal ini disebabkan kesehatan ibu lah yang menentukan seberapa optimal tubuh ibu dalam memproduksi ASI. Jadi, kurang tepat jika susu untuk ibu menyusui dianggap sebagai booster produksi.

Apakah berpengaruh? Jelas susu tersebut berpengaruh tetapi secara tidak langsung. Susu akan membuat tubuh ibu sehat sehingga produksi ASI lancar.

Seharusnya Ini Alasan Kenapa Harus Mengkonsumsi Susu

Tahukah ibu kebanyakan ibu yang memiliki bayi gagal dalam memberikan ASI eksklusif? Hal tersebut disebabkan karena mereka tidak pandai dalam menjaga kesehatan. Nutrisi untuk menjaga kesehatan diri mereka sendiri saja kurang apalagi untuk membuat tubuh mereka memproduksi ASI.

Seorang ibu menyusui itu membutuhkan double nutrisi, sama seperti ketika sedang hamil. Ada nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ibu dan ada nutrisi yang dibutuhkan agar ASI diproduksi dalam jumlah yang mencukupi.

Jika ibu sedang dalam program memberikan ASI eksklusif untuk si kecil, pasti ibu sering merasa lapar, bukan? Hal tersebut disebabkan ada nutrisi yang diambil oleh si kecil melalui ASI tersebut.

Itulah yang menjadikan alasan kenapa seharusnya setiap ibu mengkonsumsi susu ibu menyusui. Tujuannya tidak lain untuk memastikan terpenuhinya nutrisi ibu menyusui. Karena nutrisi itulah yang membuat tubuh ibu sehat sehingga bisa memproduksi ASI.

Susu Ibu Menyusui Menjadi Solusi

Apakah ibu sering merasa lelah? Tentu saja banyak sekali masalah yang akan ibu hadapi saat memberikan program ASI eksklusif. Ibu akan sering merasa pusing, lelah, dan banyak masalah kesehatan yang akan ibu alami. Hal tersebut disebabkan karena ibu kekurangan nutrisi.

Sebenarnya, untuk mengatasi masalah tersebut, ibu hanya perlu mengkonsumsi makanan bergizi lebih tinggi saja. Namun, akan lebih sempurna jika ibu juga mau mengkonsumsi susu untuk ibu menyusui. Kandungan di dalam susu tersebut merupakan semua nutrisi yang dibutuhkan selama ibu memberikan program ASI eksklusif. Oleh sebab itu, ibu tidak perlu lagi khawatir tiba-tiba produksi ASI menurun.

Sangat membanggakan sekali jika ibu berhasil memberikan ASI eksklusif. Saat ini, semakin sedikit seorang ibu yang berhasil memberikan ASI eksklusif kepada sang buah hati. Hal ini biasanya disebabkan oleh kesibukan yang mereka alami sehingga mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan ASI sang buah hati.

Padahal, terlepas kesibukan apapun yang ibu alami, ibu tetap bisa memberikan ASI eksklusif jika ibu rajin mengkonsumsi makanan bergizi dan juga minum susu ibu menyusui.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *