Menjaga Kehamilan Muda itu Tanggung Jawab Siapa?

Menjaga Kehamilan Muda
Ibu & Balita

Menjaga kehamilan muda ternyata bukan hanya tanggung jawab seorang ibu saja lho. Suami ibu juga harus ikut serta dalam proses menjaga kehamilan mulai saat hamil muda hingga proses persalinan nanti.

Lho kok bisa? Mungkin selama ini orang menganggap menjaga kehamilan muda itu hanya tugas ibu saja. Pasalnya, caranya tidak lain hanya seputar mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi dan juga beraktivitas yang tidak mengganggu kesehatan selama masa kehamilan.

Namun, ternyata tidak hanya seperti itu. Menjaga hamil muda juga bisa dilakukan oleh suami lho.

Pentingnya Peran Suami

Agar ibu tidak merasa berat dalam menjalani masa kehamilan, ibu juga harus mengajak sang suami untuk ikut serta. Ada beberapa hal yang bisa suami ibu lakukan untuk ikut serta dalam menjaga kehamilan muda.

Seorang suami harus menyadari bahwa tidak hanya kesehatan fisik saja yang harus dijaga sebagai cara untuk menjaga kesehatan ibu hamil muda dan janin yang ada di dalam kandungan. Kesehatan psikis juga tak kalah penting. Bahkan, tidak sedikit masalah kesehatan psikis menjadi pemicu munculnya masalah kesehatan saat hamil muda.

Salah satu hal terberat yang dihadapi oleh ibu hamil muda adalah stres berat. Hal tersebut bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan yang kurang baik akibat produksi hormon meningkat atau karena keadaan. Jangan sampai seorang suami membiarkan istrinya yang sedang hamil mengalami stres. Pasalnya, stres bisa memincu seorang ibu hamil kehilangan nafsu makan. Tentu kondisi ini tidak baik untuk kesehatan janin karena ia membutuhkah nutrisi yang banyak dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil.

Itu hanya gambaran sederhana untuk menunjukkan betapa penting peran seorang suami untuk membantu seorang istri menjaga kehamilan muda. Lalu, hal apa yang bisa dilakukan oleh suami saat istrinya sedang hamil muda?

Hal yang Bisa Dilakukan Seorang Suami

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh suami untuk membantu istrinya menjaga kehamilan. Salah satunya adalah membuatnya tenang. Setiap kali mau tidur, seorang suami bisa memijat bagian pundak atau kaki istri. Ini cara yang paling mudah untuk membuat istri rileks.

Tidak itu saja, cara menjaga kehamilan muda yang bisa dilakukan oleh suami juga bisa juga berupa memanjakan sang istri. Jika selama sebelum hamil istri yang biasanya menyiapkan makanan, sesekali suami yang bisa menyiapkan makanan sesekali. Apalagi jika makanan tersebut bergizi dan favorit sang istri. Tentu saja makanan tersebut tidak hanya sehat untuk perkembangan janin, tapi juga menggemberikan untuk sang istri.

Jika ada waktu luang, tidak salah jika suami mengajak sang istri ke taman kota pada waktu weekend. Ini merupakan cara untuk membuat penat dan jenuh jika selama kehamilan hanya berada di rumah. Ajaklah sang istri untuk jalan sehat karena aktivitas ringan ini bisa menjaga stamini seorang ibu hamil selama masa kehamilan.

Tentu masih banyak lagi hal-hal yang berhubungan dengan peran suami untuk menjaga kehamilan muda. Yang jelas, beban menjadi seorang ibu hamil itu sangat berat. Akan terasa ringan jika ibu hamil merasa senang. Dan hal tersebut bisa dirasakan jika suami selalu memberikan kebahagiaan kepada sang istri.

Selain itu, seorang suami juga harus tahu pentingnya menjadi teman saat proses persalinan ya. Jadi, jelas sekali peran suami itu sangat penting sejak mulai masa kehamilan muda hingga masa persalinan khususnya dalam rangka memastikan sang istri selalu menjaga kehamilan muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *