Menjaga Kesehatan Anak Tidak Perlu Yang Aneh-Aneh

menjaga kesehatan anak
www.ibudanbalita.com

Setiap ibu pasti ingin sekali menjaga kesehatan anak. Agar hal tersebut bisa dilakukan, sepertinya apapun akan dilakukan oleh seorang ibu sekalipun harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Menjaga kesehatan sang buah hati merupakan sebuah keharusan. Akan tetapi, hal tersebut tidak selalu diasosiasikan dengan cara yang mahal atau mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak. Kesehatan anak akan selalu terjaga dengan menerapkan cara yang mudah, tidak perlu yang aneh-aneh, apalagi cara yang membuat ibu harus mengeluarkan banyak uang.

Ada baiknya ibu ikut ke dalam forum ibu dan balita. Ini merupakan tempat di mana ibu bisa mendapatkan semua informasi mengenai kesehatan anak secara gratis. Ibu hanya perlu mendaftarkan diri dan ibu bisa mengakses informasi serta bergabung di diskusi antar ibu di forum online tersebut.

Kunci Utama Menjaga Kesehatan Anak

Ada banyak sekali tips menjaga kesehatan anak. Saking banyaknya, mungkin ibu tidak bisa mempratekkan semuanya.

Sayangnya, ada beberapa tips yang membuat ibu harus merogoh kocek yang dalam. Ibu harus membeli produk tertentu yang harganya sangat mahal.

Tentu saja hal tersebut boleh ibu lakukan. Namun, jika ada cara yang lebih mudah, murah, dan efektif, mengapa tidak. Sebenarnya, yang harus ibu ketahui adalah apa kunci utama untuk menjaga kesehatan anak balita. Hal ini yang sering dijelaskan oleh dokter anak di berbagai forum, seminar, atau acara lain. Ternyata, kuncinya hanya satu, yaitu meningkatkan daya tahan tubuh, atau yang sering disebut dengan immune system. Bagaimana caranya? Banyak sekali caranya.

Salah satunya adalah dengan memberikan susu balita yang terbaik. Sebenarnya ini hanya suplemen. Nutrisi utama tentu berasal dari makanan. Namun, dengan mengkonsumsi susu Frisian Flag Jelajah sebagai susu balita terbaik, maka kebutuhan nutrisi harian terpenuhi sehingga daya tahan tubuh balita terjaga dan bahkan semakin meningkat.

Beruntung jika ibu berhasil memberikan ASI ekskusif. Program pemberian ASI hingga bayi berusia 6 bulan ini ternyata membantu meningkatkan sistem imun tubuh ketika balita bahkan sampai anak ibu beranjak dewasa.

Jadi, pada intinya, ibu harus menerapkan cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tentu saja tidak hanya dengan memberikan susu balita terbaik. Ada banyak cara lain lagi. Ibu bisa tanya ke pakar kesehatan anak di situs Ibu dan Balita. Ibu bisa konsultasi anak secara online dengan pakarnya di situs tersebut.

3 Hal Kecil Berimbas Besar Untuk Kesehatan Anak

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, ada hal lain lagi yang harus ibu perhatikan juga. Setidaknya tiga sederhana dan mudah untuk dilakukan berikut ini akan memastikan kesehatan anak akan selalu terjaga.

  1. Imunisasi

Ini hal yang paling serderhana, namun banyak orang tua yang menyepelekan. Alasannya bermacam-macam. Ada yang merasa anak mereka bukan bayi lagi sehingga tidak perlu imunisasi. Bahkan ada yang mengatakan imunisasi tidak ada gunanya. Bukannya sebagai cara menjaga kesehatan, tapi ada juga yang mengatakan imunisasi membuat anak mudah sakit.

Terlepas kontroversi mengenai imunisasi ini, harus dipahami bawasannya bayi dan balita rentan sekali terhadap serangan bakteri atau virus. Dan untuk menjaga agar anak tidak terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus tertentu, maka dilakukanlah imunisasi.

Program ini dilakukan oleh pemerintah secara gratis jika ibu membawa anak ke posyandu. Kalaupun ada biayanya, itu pun hanya untuk biaya operasional petugas posyandu saja.

Jadi, sudahkan ibu memberikan imunisasi lengkap kepada sang buah hati?

  1. Tidur Yang Cukup

Tips menjaga kesehatan anak yang satu ini juga secara tidak langsung berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Jadi, sistem kekebalan tubuh tidak hanya bisa ditingkatkan dengan cara mengkonsumsi susu balita dan makan makanan yang bergizi. Sistem kekebalan tubuh juga akan semakin baik dan meningkat jika anak ibu memiliki waktu yang cukup untuk istirahat.

Saat anak tidur, pada dasarnya sel di dalam tubuh bekerja. Sel akan melakukan proses regenerasi. Selain itu, tidur juga digunakan oleh sistem kekebalan tubuh untuk berproses dan menjadi lebih kuat.

Dalam hal ini, ibu sebaiknya mengusahkan agar balita tidur siang, setidaknya 1 jam. Hal ini akan membuat anak terhindar dari kelelahan. Dan di malam hari, sebaiknya anak tidak tidur terlalu larut malam.

  1. Mengajarkan Cuci Tangan Sebelum Makan

Kebiasaan sederhana tapi berimbas besar pada kesahatan anak adalah kebiasaan mencuci tangan sebelum makan. Seperti yang dijelaskan olah ahli kesehatan, tangan merupakan tempat di mana ditemukan banyak sekali bakteri. Apalagi jika anak ibu suka bermain tanah atau suka bermain kotor. Hal ini jelas membuat tangan si kecil menjadi sarang bakteri.

Untuk memotivasi anak agar mau selalu mencuci tangan sebelum makan, ibu bisa desain tempat cuci tangan dengan desain yang menarik. Siapkan juga tempat sabun yang menarik.

Tiga hal kecil tersebut jika dilakukan secara konsisten akan berimbas bersar untuk kesehatan anak. Ibu tidak akan merasa anak ibu sering sakit. Dan ini sangat penting untuk memastikan perkembangan anak lebih optimal.

Pastikan ibu memberikan susu Frisian Flag Jelajah untuk balita ibu yang berusia 1-3 tahun. Susu ini diperkaya dengan zat besi agar anak tidak mudah lemas, vitamin A untuk memastikan perkembangan fisiknya baik, serta protein yang setara dengan 1,4 potong sedang daging sapi di dalam satu gelasnya agar anak ibu memiliki berat badan yang ideal. Ini menjadi cara asyik dan mudah untuk menjaga kesehatan anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *