Menjaga Kesehatan Balita Dimulai Dari Kebersihan Botol Susu

Botol Susu
wonderma.sg

Terkadang hal yang kecil sering dilupakan. Contohnya saja menjaga kebersihan botol susu. Padahal, hal kecil yang satu ini sangat menentukan apakah ibu bisa menjaga kesehatan balita atau tidak.

Mungkin ibu tidak percaya jika ternyata beberapa penyakit yang dialami oleh balita disebabkan oleh botol susu. Bahkan, tidak sedikit balita yang mengalami alergi dan juga keracunan karena botol yang kurang bersih.

Fakta Yang Membuka Mata

Ibu bisa saja sudah membelikan susu balita yang terbaik. Namun apa jadinya jika botol yang ibu gunakan tidak bersih dan tidak higienis? Tentu saja balita ibu akan mendapatkan dampak buruknya.

Ibu pasti sering dengar pentingnya memberikan susu yang terbaik untuk balita. Karena susu yang terbaik itu tidak hanya mengandung semua gizi balita, tapi juga tidak terkontaminasi dengan bakteri. Beberapa tahun yang lalu, ada perusahaan susu yang menarik produk mereka lantaran produk susu tersebut sudah terkontaminasi oleh bakteri. Akibatnya, beberapa balita mengalami keracunan.

Ternyata, susu yang terkontaminasi dengan bakteri tidak hanya menjadi kesalahn dari pihak perusahaan saja. Bisa juga hal tersebut disebabkan kelalaian yang ibu lakukan. Contohnya saja, ibu tidak menutup rapat tutup wadah yang digunakan untuk menyimpan susu. Selain itu, ibu tidak memperhatikan kebersihan dan kehigienisan botol susu yang ibu gunakan untuk menyajikan susu balita.

Oleh sebab itu, tidak hanya susu balita terbaik saja yang perlu diperhatikan. Agar ibu benar-benar bisa menjaga kesehatan anak balita, ibu juga harus perhatikan kehigienisan botol susu.

Kesalahan Ketika Membersihkan Botol Susu Balita

Ibu yakin sudah memberisihkan botol susu benar-benar bersih? Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh ibu ketika membersihkan botol susu. Semoga saja kesalahan ini tidak ibu lakukan.

  • Menggunakan Spon Yang Sama

Jika selama ini ibu membersihkan botol susu dengan spon sama yang ibu gunakan untuk membersihkan piring, gelas, dan lain sebagainya, maka ibu harus hentikan sekarang juga. Inilah salah satu kesalahan fatal. Spon menyerap kotoran dan juga minyak. Jika ibu gunakan spon tersebut untuk membersihkan botol susu, bukan tidak mungkin sesuatu yang diserap oleh spon tersebut akan menempel pada botol.

Sebaiknya ibu gunakan spon yang khusus digunakan untuk membersihkan botol susu balita. Dengan demikian, botol benar-benar bersih dan higienis jika dibersihkan dengan spon khusus tersebut.

  • Menggunakan Sabun Cuci Piring

Tentu tidak ada salahnya jika ibu membersihkan botol susu dengan sabun cuci piring. Akan tetapi, sebaiknya ibu gunakan sabun yang khusus untuk botol susu. Sangat direkomendasikan agar ibu menggunakan sabun yang mengandung antiseptik. Sabun seperti ini mampu membersihkan botol dan menghilangkan bakteri yang mungkin menempel pada botol.

Dengan menghindari dua kesalahan tersebut, ibu bisa memastikan botol susu dicuci dengan bersih sehingga kesehatan balita selalu terjaga.

Hati-Hati Memilih Botol Susu

Selain ibu harus tahu bagaimana cara membersihkan botol susu, ibu juga tidak boleh salah dalam memilih botol susu. Hal ini terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuat botol susu. Seperti yang ibu ketahui, botol susu terbuat dari plastik. Secara medis, plastik bukan bahan yang baik digunakan sebagai bahan untuk membuat alat makan dan minum.

Akan tetapi, tidak tidak botol yang terbuat dari kaca. Yang harus ibu lakukan adalah memastikan botol plastik tersebut aman digunakan. Berikut ini beberapa botol susu yang baik untuk ibu pilih.

  • BPA-Free

Salah satu kandungan kimia yang digunakan untuk membuat sesuatu yang terbuat dari bahan plastik adalah BPA. Ini merupakan zat kimia bisphenol A. Sejak tahun 2011, negara-negara Eropa melarang penggunaan bahan kimia yang satu ini. Untuk memastikan botol susu yang ibu beli tidak mengandung zat kimia tersebut, ibu bisa membeli produk buatan Eropa yang sudah dipastikan tidak mengandung zat kimia tersebut.

  • Botol Dengan Nomor 2

Jika ibu lebih teliti lagi, ada penomoran pada botol yang dilakukan oleh perusahaan pembuat botol susu. Umumnya, botol susu untuk balita diberi nomor 2. Itu artinya bahan yang digunakan merupakan bahan high density polyethylene. Artinya, botol ini sangat bagus. Botol ini tidak akan menganggu kesehatan balita.

Setelah ibu memilih botol yang aman untuk balita, langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan yang tepat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ibu seharusnya membersihkan botol susu untuk balita dengan menggunakan sabun dan alat pembersih yang khusus.

Pakar kesehatan balita juga menyarankan agar botol sering dihangatkan dengan mencelupkannya ke dalam baskom yang sudah diisi dengan air hangat. Ini akan membunuh kuman atau bakteri yang mungkin masih ada pada botol.

Menjaga kesehatan balita tidak hanya dilakukan dengan cara melakukan perawatan dengan baik dan memberikan makanan yang bergizi. Hal-hal yang kecil seperti kebersihkan botol juga harus diperhatikan.

Jika kebersihan botol susu saja harus diperhatikan, maka ibu juga harus perhatikan kebersihan alat-alat makan balita mulai dari piring, sendok, garpu, dan lain sebagainya. Dengan demikian, ibu bisa memastikan kesehatan balita terjaga.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *