Menjaga Kesehatan Bayi Dengan Cara Yang Berbeda

kesehatan bayi
IbudanBalita

Ada resiko di mana bayi meninggal setelah beberapa hari lahir ke dunia. Itulah mengapa perawatan bayi wajib diketahui oleh setiap ibu. Dan cara merawat bayi tersebut bisa dipelajari di www.ibudanbalita.com. Terdapat panduan lengkap mulai tentang bagaimana menjaga kesehatan bayi hingga apa yang harus ibu lakukan jika si kecil terkena masalah kesahatan.

Akan tetapi, menerapkan tips perawatan bayi saja tidak cukup untuk memastikan kesehatan bayi selalu terjaga. Ingin tahu hal lain yang bisa ibu lakukan?

Sentuhan Ibu Tak Kalah Penting

Jangan sepelekan sentuhan dari seorang ibu. Ada sebuah penelitian yang akhirnya memunculkan sebuah kesimpulan yang sangat menarik. Bawasannya sentuhan ibu akan mengurangi resiko kematian pada bayi.

Dalam hal ini, para ibu harus mengerti tidak mudah bagi bayi yang baru dilahirkan untuk bertahan hidup. Kondisi yang berbeda antara di dalam rahim dengan di dunia luar membuatnya harus berusaha untuk survive.

Itulah mengapa ada perlakuan untuk menjaga kesehatan bayi premature. Yang diperlukan tidak hanya gizi yang cukup dari ASI, tapi juga ruangan yang dengan suhu yang tepat.

Namun, apakah ibu apa yang paling penting? Tidak lain adalah sentuhan ibu.

Setiap kali pelukan yang ibu lakukan entah itu ketika ibu sedang menggendong atau sedang memberikan ASI, ada keluar hormone oksitosin. Ini merupakan hormone cinta yang akan memperkuat tubuh si kecil sehingga ia akan survive.

Tentu saja sentuhan ini tidak hanya penting untuk bayi premature saja. Untuk menjaga kesehatan bayi normal, sentuhan seperti pelukan ini sangat dibutuhkan.

Dalam dunia kesehatan, para ahli perkembangan anak menyarankan agar seorang ibu menggendong bayi seperti saat kangguru menggendong anaknya. Atau ini disebut dengan metode kangguru. Pasalnya, metode ini akan membuat seluruh tubuh bayi menyentuh tubuh ibu. Selain itu, posisi ini juga seperti posisi ketika bayi masih di dalam rahim sehingga bayi merasakan kenyamanan.

Hal Lain Terkait Dengan Sentuhan Ibu Kepada Bayi

Sentuhan tidak hanya berkaitan dengan kesehatan bayi. Lebih dari itu, sentuhan juga sangat bagus untuk memperkuat memory bayi. Menurut peneliti dari Universitas Sydney, hal ini juga terkait dengan keluarnya hormone oksitosin.

Penelitian ini diperkuat dengan penelitian lainnya, yaitu penelitian yang dilakukan oleh ilmuan dari Kanada. Setelah penelitian tersebut, disimpulkan bawasannya anak yang selama masih bayi disentuh dengan tangan ibu memiliki otak yang lebih berkembang ketika usianya mencapai 15 tahun dibandingkan bayi yang dibiarkan begitu saja.

Inilah yang membuat setiap ibu harus memastikan setelah bayi dilahirkan pihak rumah sakit memperbolehkan untuk langsung bertemu dan berinteraksi dengan bayi. Sentuhan ibu lah yang akan membuat kesehatan bayi terjaga. Selain itu, sentuhan ibu juga lah yang akan membuat perkembangan bayi kedepannya baik, terutama perkembangan otak.

Manfaat Sentuhan Untuk Ibu

Sentuhan antara ibu dan bayi tidak hanya memberikan manfaat pada bayi lho. Ibu pula akan mendapatkan manfaat.

Ternyata, menyentuh bayi akan memperlancar produksi ASI. Bukankah ini penting?

Bagi ibu yang benar-benar berniat untuk memberikan ASI ekslusif, sebaiknya ibu pertimbangkan untuk menerapkan semua tips yang sudah dijelaskan oleh para ahli kesehatan. Yang pasti, sentuhan dengan si kecil akan merangsang produksi ASI lebih banyak.

Namun, yang tak kalah penting lagi adalah motivasi, yaitu keinginan yang kuat berjuang untuk memberikan ASI. Agar ibu bisa terus termovitasi, ibu bergabung dengan di forum ibu dan balita. Di sana banyak ibu yang sedang dalam program pemberian ASI eksklusif. Dengan bergabung dengan forum sesama ibu menyusui, setidaknya perasaan yang sama sehingga sesama ibu menyusui bisa saling berbagi dan saling memberikan motivasi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *