Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Benar

Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah salah satu hal yang menghindarkan kita terhindar dari gangguan kesehatan yang lain. Sebab kesehatan pada tubuh kita itu adalah hal yang mahal.

Kesehatan seseorang adalah kualtas hidup, oleh karena itu yang perlu di jaga adalah kesehatan fisik dan mental kita. Namun, beberapa orang kurang memahami bagaimana pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Karena sehat tidak hanya bagian tubuh yang lainnya. Namun, kesehatan pada bagian gigi dan mulut juga merupakan hal yang penting.

Untuk itu kita harus menjaga kesehatan gigi dan mulut. Gigi yang sehat juga tidak cukup hanya rapi, putih dan bersih saja. Tetapi juga harus di dukung dengan kondisi gusi, akar dan tulang pendukung yang sehat. Bagian tubuh gigi akan memiliki fungsi yan baik apabila gigi tersebut dalam keadaan sehat. Maka sebaliknya jika kondisi gigi dan mulut anda dalam keadaan tidak sehat, maka aka menimbulkan masalah pada gangguan kesehatan lainnya.Salah satu gangguan dari kesehatan gigi dan mulut adalah karies dan penyakit periodontal merupakan masalah kesehatan gigi dan mulut yang masih memerlukan perhatian serius.

cara menjaga kesehatan gigi

Walaupun prevalensi kedua penyakit gigi ini dilaporkan sudah menurun di beberapa negara, namun prevalensinya di Indonesia masih cukup tinggi. Sebab, sebagian orang masih menganggap sepele, padahal jika dibiarkan tanpa dirawat dan dijaga kebersihannya dengan baik akan menimbulkan dan memicu gangguan kesehatan lainnya. Bahkan dari beberapa penelitian studi menemukan hubungan penyakit gigi dan mulut dengan beberapa gangguan kesehatan seperti, penyakit jantung koroner, aterosklerosis, pneumonia, diabetes dan kelahiran prematur. Juga bahkan, penyakit gigi juga pernah dilaporkan bisa menyebabkan kematian.

Oleh karena itu penting sekali untuk memunculkan paradigma menjaga kesehatan gigi dan mulut yang ditekankan pada tindakan kuratif (perawatan) beralih menjadi upaya preventif (pencegahan) dan promotif (peningkatan kesehatan). Salah satunya adalah dengan menciptakan kegiatan oral hygiene. Kegiatan oral hygiene adalah salah satu upaya kegiatan melaksanakan kebersihan rongga mulut, dan lidah dari semua kotoran atau sisa makanan. Cara sederhana untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan menyikat gigi dua kali sehari yakni setelah sarapan dan sebelum tidur.

Namun di bawah ini akan diberikan langkah upaya dalam melakukan perawatan gigi dan mulut secara benar, antara lain:

  1. Sikat gigi dengan benar 2 kali sehari dengan pasta gigi hingga bersih. Hingga sisa kotoran makanan terangkat.
  2. Ganti sikat gigi anda 3-4 bulan sekali jangan menunggu hingga sikat gigi anda rusak. Pilih sikat gigi berbulu lembut dengan kepala sikat yang dapat menjangkau semua bagian gigi anda.
  3. Jangan melupakan untuk menjaga kebersihan lidah. Maka, rajinlah untuk menggosok lidah.
  4. Pilih produk pasta gigi yang mengandung fluoride.
  5. Biasakan untuk menggunakan cairan antiseptik untuk berkumur setelah gosok gigi.
  6. Walaupun sudah menggosok gigi dengan baik biasanya plak masih susah diangkat maka, gunakan benang gigi untuk mengangkat plak.
  7. Anda juga bisa mengkonsumsi permen karet tanpa gula untuk meningkatkan aliran air liur yang dapat membersihkan partikel makanan dan asam penyebab kerusakan gigi
  8. Kurangi dan hindari makanan yang banyak mengandung gula yang terlalu manis.
  9. Wajib mengkonsumsi air putih setelah makan.
  10. Biasakanlah untuk mengkonsumsi buah-buahan segar karena seratnya dapat membantu menghilangkan kotoran yang ada di gigi.

Dan yang paling penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan melakukan pemeriksaan berkala ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *