Menu Makanan Anak 2 Tahun Cocok Disajikan Saat Musim Hujan

menu makanan anak 2 tahun

Penting sekali bagi ibu untuk makanan anak 2 tahun yang sebaiknya disajikan di saat musim hujan. Pada saat musim penghujan tiba, anak mudah sekali terkena penyakit. Ia butuh makanan yang bergizi agar tubuhnya tidak mudah sakit.

Makanan seperti apa itu? Ada banyak sekali jenis makanan bergizi yang ibu bisa buatkan. Khusus untuk musim hujan, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya ibu sering hidangkan.

Nutrisi Memperkuat Daya Tahan Tubuh Anak

Makanan yang seharusnya ibu berikan kepada si kecil ketika musim hujan tiba adalah makanan yang bisa memperkuat daya tahan tubuh. Dalam dunia medis, ini disebut dengan immune system atau sistem imun. Ini merupakan barikade alami yang dimiliki oleh tubuh si kecil untuk mencegah masuknya bakteri atau virus yang bisa menyebabkan penyakit.

Lalu, nutrisi apa yang dibutuhkan untuk memperkuat sistem imun anak?

Yang pertama adalah vitamin C. Vitamin yang satu sering dikaitkan dengan kesehatan kulit. Akan tetapi, vitamin C juga memiliki peran yang tak kalah penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C ini akan mendukung tubuh anak ibu dalam membentuk antibodi. Antibodi inilah yang akan membuat sistem kekebalan tubuh anak semakin kuat.

Selain vitamin C, vitamin A tidak boleh dilupakan. Vitamin ini tidak hanya untuk menjaga kesehatan mata, tapi juga untuk memperkuat daya tahan tubuh anak. Vitamin A ini memiliki tugas yang lebih khusus, yaitu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap kemungkinan infeksi yang bisa dialami bagian sistem pencernaan sang hati.

Yang juga mirip dengan fungsi vitamin A adalah serat. Seperti yang ibu pasti sudah pernah dengar, serat sangat diperlukan untuk memastikan sistem pencernaan tidak mengalami masalah. Dan imbasnya ada pada pembentukan antibodi. Dengan adanya sistem pencernaan yang sehat, maka proses pembentukan antibodi menjadi lebih cepat. Akhirnya, sistem imun menjadi lebih kuat.

Untuk yang satu ini, ibu pasti sering dengar, yaitu probiotik. Ini nutrisi yang ada di dalam susu balita terbaik Nestle Lactogrow. Namun, nutrisi ini juga bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan. Prebiotik ini awalnya untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Akan tetapi, ada satu jenis probiotik yang langsung berperan memperkuat sistem kekebalan tubuh, yaitu Lactobacillus Reuteri.

Jadi, setidaknya ibu harus membuat makanan untuk anak 2 tahun yang mengandung vitamin C, vitamin A, serat, dan juga probiotik. Ibu punya ide makanan apa yang harus ibu sajikan untuk sang buah hati hari ini?

Menu Makanan Yang Bisa Ibu Siapkan

Setelah ibu mengetahui penjelasan tersebut di atas, kini ibu tinggal mencari menu makanan apa yang bisa ibu siapkan untuk si kecil saat musim hujan.

1. Ikan Salmon

Jenis seafood ini tidak hanya penting untuk balita, tapi juga ibu hamil. Pasalnya, kandungan asam amino pada ikan salmon mampu merangsang perkembangan otak, entah itu otak bayi yang masih ada di dalam kandungan atau otak balita.

Namun, tidak banyak yang tahu jika di dalam tubuh ikan salmon, terdapat kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, vitamin A ini secara tidak langsung berperan penting meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Mengapa harus ikan salmon? Sebenarnya tidak sulit untuk mendapatkan menu makanan yang mengandung vitamin A seperti ikan salmon. Hampir semua sayuran hijau mengandung vitamin A. Namun, anak ibu akan lebih lahap jika ibu sajikan ikan salmon. Disantap ketika masih hangat di suasana yang dingin di musim hujan, pasti si kecil suka.

Jadi, tidak hanya alasan kandungan nutrisi saja, tapi juga alasan yang lain. Apakah ini akan menjadi menu makanan anak usia 2 tahun ibu hari ini?

2. Bubur Kacang Ijo

Biasanya, menu makanan yang satu ini paling nikmat disajikan di pagi hari sebagai menu sarapan. Akan tetapi, tidak salah juga jika ibu menyiapkan bubur kacang ijo di malam hari. Apalagi terkadang hujan turun di malam hari, bukan? Akan sangat nikmat jika bubur kacang ijo disajikan selagi hangat.

Di dalam bubur kacang ijo, terdapat kandungan yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, yaitu antioksidan. Kandungan ini yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus melewan penyakit.

Sayangnya, banyak masyarakat yang menganggap bubur kacang ijo bukan jenis makanan, melainkan cemilan saja. Hal tidak terlepas dari stigma bawasannya orang yang sudah makan adalah ketika sudah makan nasi, bukan jenis makanan yang lain. Padahal, bubur kacang ijo juga mengenyangkan karena kandungan karbohidrat serta proteinnya bisa membuat anak ibu kenyang.

3. Daging Merah

Makanan untuk anak usia 2 tahun selanjutnya adalah daging merah. Daging dikenal sebagai sumber protein yang sangat tinggi. Ini memang betul. Akan tetapi, sangat disarankan agar ibu memilih daging merah. Pasalnya, daging ini mengandung zink yang tinggi. Zink inilah yang akan memperkuat imunitas anak sehingga ia kebal terhadap serangan bakteri atau virus yang mudah sekali berkembang pada saat musim hujan.

Jadi, menu makanan apa yang akan ibu sajikan hari ini? Tentu masih banyak menu makanan lain yang bisa ibu buat. Namun, setidaknya tiga menu makanan tersebut bisa ibu jadikan prioritas makanan untuk sang buah hati. Yang pasti, ibu sudah tahu nutrisi apa saja yang baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga ibu bisa lebih bebas untuk membuat makanan anak 2 tahun.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *