Menu Makanan Bayi 6 Bulan Dengan Berbagai Variasi Menarik

bubur bayi
Source: Mother Nature Network

Usia bayi 6 sampai 9 bulan menjadi usia penentu dalam pemberian menu makanan bayi 6 bulan pertama bagi buah hati. Pada usia ini, asupan gizi berupa Air Susu Ibu (ASI) dianggap tidaklah cukup untuk memberikan nutrisi bagi perkembangan serta pertumbuhan bayi sehingga dibutuhkan asupan makanan sebagai penunjangnya. Aneka menu makanan yang dikhususkan untuk anak usia 6 – 9 bulan ini tentulah jenis makanan yang mudah sekali untuk dicerna, baik dicerna secara mekanik maupun kimiawi.

Organ tubuh bayi yang belum semuanya sempurna menjadi pertimbangan tersendiri dalam penentuan ibu untuk memberikan jenis makanan bagi bayinya. Hal ini dicontohkan dalam penentuan makanan yang bertekstur lembut agar mudah ditelan oleh bayi karena organ gigi bayi pada usia 6 – 9 bulan tentulah masih belum ada seperti layaknya gigi balita. Inilah yang harus menjadi pertimbangan kalangan ibu untuk bisa menjaga serta merawat bayinya dengan pola yang sehat.

Menu Makanan Bayi 6 Bulan Yang Sehat

Aneka menu makanan sehat untuk bayi yang akan dibahas dalam minggu ini terbagi atas 2 menu utama. Bahan – bahan serta cara pengolahannya pun cukuplah mudah sehingga mampu memudahkan anda dalam memberikan gizi makanan yang tepat untuk bayi. Menu pertama yaitu bubur sumsum gula merah. Menu makanan pilihan yang pertama kali ini cukuplah ekonomis di kantong anda kalangan ibu. Dalam memasak makanan ini anda membutuhkan cara serta bahan sebagai berikut ; bahan – bahan yang dibutuhkan yaitu gula merah, tepung beras, santan kental, air, garam.

Peralatan yang dibutuhkan yaitu panci, kompor, gayung atau sendok besar, mangkok makan bayi. Cara pengolahannya adalah masukkan tepung beras dalam panci yang sudah disiapkan. Tambahkan air yang sudah ada, lalu aduk hingga tercampur merata. Panaskan panci tersebut diatas kompor serta aduk – aduk jangan sampai adonan menggumpal. Selain itu, tambahkan sedikit garam agar bubur terasa gurih. Selama anda menunggu bubur matang, anda perlu siapkan air dalam panci lainnya untuk membuat adonan gula merah.

Caranya yaitu dengan mendidihkan air dalam panci. Kemudian masukkan gula merah serta sedikit santal sampai semuanya meleleh dan bercampur. Jika sudah mendidih, angkat adonan gula dan masukkan dalam mangkok yang sudah disiapkan. Bubur tepung beras yang sudah matang lalu anda angkat dan ambil sekitar 2 sendok untuk ditaruh dalam mangkok makan bayi. Tambahkan air gula yang sudah jadi dalam mangkok serta bubur beras tersebut. Bubur sumsum gula merah sudah dapat anda berikan pada buah hati kesayangan anda.

Sedangkan untuk menu yang kedua yaitu nasi ulek pisang. Menu makanan yang kedua biasa diberikan oleh kalangan ibu – ibu suku Jawa. Menu ini sangat mudah sekali untuk dibuat. Nutrisi yang dikandungnya pun cukup untuk gizi seorang bayi yang berusia 6 – 9 bulan. Langkah – langkah pembuatannya dapat anda terapkan dalam panduan berikut ; Pertam, siapkan bahan serta alat yang dibutuhkan. Bahan – bahan yang diperlukan yaitu nasi putih 3 sendok makan, pisang gajih yang sudah direbus. Pelatan yang dibutuhkan yaitu sendok, dan lepek.

Cara pembuatannya adalah letakkan 3 sendok makan nasi putih pda lepek yang sudah disiapkan. Lumatkan nasi tersebut sampai dengan halus dengan menggunakan sendok makan yang ada. Tambahkanlah pisang gajih yang sudah direbus dalam nasi yang sudah lumat. Canpurkan keduanya hingga merata dengan cara yang sama seperti langkah ke 3. Jika semuanya sudah halus, menu nasi ulek pisang sudah siap anda berikan pada bayi berusia 6 – 9 bulan.

Menu Makanan Bayi 6 Bulan Beras Merah

Beras merah menganddung vitamin B12 yang baik untuk tubuh balita. Tidak hanya vitamin yang terdapat dalam bahan makanan satu ini, akan tetapi masih banyak jenis kandungan gizi lainnya yang bermanfaat bagi tubuh balita anda. Diantara jenis kandungan gizi yang tersimpan dalam bahan makanan berupa beras merah, diantaranya adalah ;

– Kandungan vitamin B12

Setiap jenis tumbuhan yang berasal dari kelas padi – padian tentu akan memiliki kandungan vitamin B12. Kandungan vitamin yang satu ini berada dalam kulit padi. Jadi anda para ibu,sebaiknya jangan terlalu membersihkan bahan beras yang anda gunakan terlalu jernih karena hal itu akan mengakibatakan berkurangnya nilai kandungan vitamin B 12 dalam kulit ari beras. Bersihkan bahan beras tersebut sewajarnya saja. Manfaat vitamin B 12 bagi tubuh balita yaitu dapat memberikan nutrisi yang cukup bagi kulitnya sehingga balita anda akan terhindar dari bahaya penyakit kulit yaitu penyakit beri – beri.

– Kandungan karbohidrat komplek

Sumber karbohidrat tentu berasal dari jenis padi, jagung, tepung serta umbi – umbian. Dengan mengkonsumsi beras merah untuk balita anda ini tentu anda telah mencukupi nutrisi tubuh balita anda dengan gizi berupa karbohidrat. Kandungan karbohidrat dalam beras merah jauh lebih ringan dibandingkan dengan jenis beras putih biasanya. Untuk itu, bahan makanan ini juga sering digunakan ibu – ibu sebagai menu makanan diet. Kandungan gizi satu ini mampu memberikan tubuh balita anda energi yang cukup untuk tumbuh serta berkembang secara optimal hingga dewasa.

– Kandungan gula

Beras merah mengandung glukosa kompleks didalam bulirannya. Kandungan glukosa yang ada didalamnya merupakan glukosa kompleks yang perlu dicerna terlebih dahulu oleh sistem organ tubuh balita. Kandungan glukosa yang tersimpan dalam bahan makanan satu ini mampu memberikan bahan cadangan energi tubuh yang digunakan ketika tubuh mengalami kelaparan atau kurang energi. Beras merah memang merupakan bahan menu makanan bayi 6 bulan yang direkomendasikan para ahli.

 

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *