Menu Makanan Bayi 6 Bulan Memang Sederhana, Tapi Harus Kaya Gizi

menu mpasi 6 bulan
www.awalsehat.nestle.co.id

Mudah kan bu membuat menu makanan bayi 6 bulan? Jika mendengar tentang menu makanan untuk bayi, pasti teringat dengan bubur. Ini menu makanan yang paling mudah dan paling sering diberikan untuk sang buah hati. Tekturnya lunak dan cenderung encer sehingga mudah dicerna.

Akan tetapi, bagaimana dengan kandungan gizinya?

Bubur yang ibu buatkan untuk si kecil juga harus bergizi lho. Pada intinya, menu MPASI itu diberikan agar kebutuhan gizinya terpenuhi. Maka dari itu, yang perlu ibu ketahui lebih dulu adalah kandungan gizi apa yang dibutuhkan oleh bayi usia 6 bulan.

5 Kandungan Gizi Yang Dibutuhkan Bayi 6 Bulan

Setidaknya, ibu harus pastikan menu makanan untuk bayi 6 bulan yang ibu berikan itu memiliki 5 kandungan gizi berikut ini.

  1. Karbohidrat

Sudah bisa dipastikan bubur yang ibu berikan itu mengandung karbohidrat. Paling sering bubur terbuat dari bahan berupa beras. Sudah jelas kandungan karbohidratnya sangat tinggi.

Sebenarnya, tidak hanya bubur dari beras saja lho bu yang bisa ibu buat sebagai menu makanan si kecil. Ibu bisa coba bubur dari ketang, singkong, dan ubi. Akan lebih baik lagi jika ibu bisa mencarikan ubi ungu.

  1. Protein

Agar pertumbuhannya baik, si kecil membutuhkan protein, entah itu protein nabati atau hewani. Ibu bisa lihat anak yang memiliki berat badan rendah biasanya tidak mendapatkan protein dalam jumlah yang cukup. Maka dari itu, sebaiknya ibu pertimbangkan untuk membuatkan menu makanan bayi usia 6 bulan yang mengandung protein tinggi.

  1. Vitamin

Ada satu vitamin yang paling dibutuhkan oleh bayi 6 bulan, yaitu vitamin C. Vitamin yang satu ini bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, ia tidak mudah sakit meskipun sedang dalam masa pergantian musim.

  1. Serat

Hal pertama yang biasanya terjadi ketika ibu memberikan menu MPASI adalah susah buang air besar. Kenapa demikian? Karena sistem pencernaan belum bisa secara sempurna mencerna makanan yang si kecil konsumsi.

Akan tetapi, bisa saja susah buang air besar tersebtu disebabkan kekurangan serat. Maka dari itu, berikan makanan yang mengandung tinggi serat.

  1. Lemak

Bukankah lemak itu tidak baik? Kandungan yang satu ini juga dibutuhkan oleh tubuh si kecil lho. Lemak ini disimpan di dalam tubuh sehingga suatu saat lemak dikonversi menjadi energi ketika dibutuhkan.

Hanya saja, bukan berarti ibu harus memberikan makanan yang berlemak ya. Ibu harus berikan lemak yang baik untuk tubuh si kecil seperti memberikan makanan yang ada margarinnya.

Tentu tidak hanya lima kandungan gizi itu saja yang dibutuhkan. Kandungan yang lainnya pun diperlukan seperti kalsium, omega 3, dan lain sebagainya. Hanya saja, setidaknya ibu harus bisa memastikan kelima kandungan tersebut ada di dalam menu MPASI bayi 6 bulan yang ibu buat.

Bagaimana Menyiapkan Makanan Bayi yang Bergizi

Tidak salah jika ibu siapkan menu makanan berupa bubur terbuat dari beras. Namun, ada beberapa hal yang patut untuk dipertimbangkan.

  • Makanan Yang Berbeda

Ada suatu ketika di mana ibu bisa buatkan menu bubur tapi bukan terbuat dari beras. Beras mengandung karbo yang tinggi. Sesekali ibu bisa buatkan menu bubur terbuat dari buah-buahan seperti buah mangga yang mengandung vitamin C, pisang yang kandungan energinya tinggi, dan jenis buah lainnya. Dengan demikian, si kecil tidak hanya mendapatkan karbo terus menerus dari bubur terbuat dari beras.

  • Mencampurkan Bahan Berbeda

Memang menu MPASI pertama tidak disarankan terbuat dari berbagai bahan yang berbeda. Ini bisa membuat sistem pencernaan kesulitan untuk mencerna.

Akan tetapi, bukan berarti campuran bahan berbeda sama sekali tidak diperbolehkan. Ibu bisa berikan menu makanan berupa bubur namun sedikit campurkan sayuran yang sudah diblender seperti bayam, kacang panjang, brokoli, atau wortel.

  • Tambahkan ASI

ASI mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Maka dari itu, ibu bisa mencampurkan ASI ke dalam setiap menu makanan untuk bayi 6 bulan yang ibu siapkan.

Nah, sekarang ibu sudah tahu kan bagaimana membuat menu makanan pendamping ASI sederhana namun tetap mengandung semua gizi yang dibutuhkan si kecil. Silakan ibu coba. Lakukan secara konsisten dan lihat bagaimana tumbuh kembang sang buah hati. Pasti perkembangannya lebih baik dan lebih cepat.

Ibu coba yang dibutuhkan si kecil. silakan ibu nu makanan pendamping ASI sederhana namun tetap mengandung gizi yang dientingnya Zat Besi

Belum sempat disinggung sebelumnya tentang nutrisi yang satu ini, yaitu zat besi. Kandungan yang satu ini juga harus ada di dalam makanan yang ibu berikan untuk si kecil. Jika si kecil tidak mendapatkan zat besi yang cukup, sulit sekali anak bisa berkembang dengan baik. Anak terlihat lemas dan tidak bertenaga. Ia cenderung pasif, tidak aktif seperti anak-anak lain pada umumnya.

Untuk memastikan kandungan zat besi terpenuhi, ibu bisa berikan Nestle Cerelac. Ini merupakan bubur bayi instan yang kaya akan zat besi. Selain itu, kandungan nutrisi lainnya juga ada seperti protein, kalsium, vitamin, dan lain sebagainya. Jadi, bubur ini bisa ibu jadikan menu MPASI yang tepat untuk sang buah hati.

Akan tetapi, ibu harus ingat ASI tetap diberikan. ASI harus tetap diberikan hingga usia anak mencapai 2 tahun. Hanya saja, karena kebutuhan nutrisi anak semakin banyak, maka diperlukan makanan bayi 6 bulan sebagai sumber nutrisi selain dari ASI.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *