Menu MPASI 6 Bulan Terbaik Untuk Si Kecil

MPASI 6 bulan
Image Source: Ibaby Pregnancy

Setelah memasuki usia 6 bulan, saat ini  si kecil  sudah sangat siap untuk diberikan MPASI 6 bulan bukan  hanya ASI yang dikonsumsinya tiap hari. Diberlakukan saat usia 6 bulan karena hal ini disebabkan  oleh sistem pencernaan pada si kecil sudah mulai siap menerima jenis dan tekstur makanan lain yang lebih padat daripada pada waktu sebelumnya. Usia 6 bulan pada bayi memang bukan merupakan patokan yang pasti. Namun, usia ini memungkinkan perut kecilnya dan organ sistem pencernaan termasuk bagian kerongkongannya sudah sangat siap mencerna makanan pendamping ASI yang lebih padat. Dengan begitu akan dapat dialirkan hingga  ke bagian sistem pencernaan dalam dengan baik.

Tidak hanya itu, usia 6 bulan pada bayi membuat mereka sudah mulai memerlukan asupan gizi dan nutrisi dari makanan yang berasa lebih enak dan lebih beragam jenisnya. Oleh sebab itu, sangat penting  untuk mempertimbangkan memberikan makanan pendamping segera setelah si kecil berusia 6 bulan. Jika ibu sudah mulai siap dan melihat kondisi bayinya sudah mulai tampak kegirangan saat diberikan sendok yang didekatkan pada mulutnya, maka mungkin sekarang ini ibu harus mulai menentukan jenis makanan apa yang akan diberikan pada buah hatinya.

Membuat Sendiri Menu Mpasi 6 Bulan

Disamping mengkonsumsi sumber makanan dan nutrisi dari ASI yang diperoleh dari ibunya, Bayi berusia 6 bulan juga sudah dianjurkan untuk memperoleh  asupan nutrisi yang lebih dari makanan pendamping lainnya. Cara yang paling mudah dalam memberikan berbagai macam makanan untuk pendamping ASI pada bayi yaitu dengan mencari jenis makanan bayi di toko khusus bayi atau tempat berbelanja  secara online. Dengan demikian, ibu tidak akan dibuat ribet dengan harus membuat  jenis makanan tertentu untuk disajikan pada si kecil. Makanan yang dibeli langsung dari supermarket memang lebih mudah, namun  jenis makanan bayi yang dikemas tidak jarang ada yang diberikan atau dibubuhi dengan menggunakan bahan pengawet.

Kandungan pengawet dalam makanan bayi sangat tidak disarankan untuk diberikan pada bayi karena dapat menganggu kesehatannya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bila ibu membuat dan menghidangkan sendiri jenis makanan sehat yang akan diberikan pada bayinya. Sekarang ini buah hati Anda sudah memasuki usia 6 bulan, maka makanan pendamping ASI akan sangat dibutuhkan agar nantinya si kecil bisa menyesuaikan dirinya dengan berbagai jenis makanan lain yang lebih padat. Dengan begitu, bayi hanya dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tersebut dimulai dengan porsi kurang dari satu sendok makan untuk sekali makan.

Beberapa Jenis Bubur Pendamping Asi Untuk Bayi 6 Bulan

Untuk kali ini saya akan memberikan beberapa macam makanan pendamping ASI yang sehat untuk si kecil , diantaranya yaitu;

  • Bubur Susu

Bubur susu biasanya merupakan jenis makanan yang paling banyak dianjurkan untuk  diberikan pada bayi sebagai makanan pendamping ASI pertama kalinya. Jenis makanan ini  merupakan makanan padat yang memang baik diberikan dan diperkenalkan pertama pada si kecil. Disamping rasanya sangat  lezat, tekstur bubur susu yang dibuat lebih encer juga akan menjadi santapan pertama yang sehat supaya bayi dapat beradaptasi dengan lebih baik.

Cara pembuatan makanan ini sangatlah mudah, yang Anda butuhkan hanyalah tepung beras sebanyak 1 sendok makan lalu dicampur bersama dengan susu formula sekitar 200 ml. Lalu dengan menggunakan sendok, larutkan kedua bahan ini secara merata hingga  tercampur dan teksturnya kekentalannya dapat disesuaikan dengan keinginan Anda sendiri. Setelah itu, masak  kedua campuran bahan tersebut dengan menggunakan api sedang dalam panci hingga mendidih secara merata, sampia campuran ini menjadi sedikit kental. Jika tepung menggumpal, maka sebaiknya saring terlebih dahulu.

  • Bubur Susu Kentang

Jenis bubur yang kedua yaitu bubur susu kentang, menu bubur ini sangat baik diberikan pada bayi yang baru saja memasuki usia 6 bulan. Berbagai macam variasi makanan pada bayi sangat  direkomendasikan supaya bayi tidak merasa bosan sebab selalu mengkonsumsi jenis makanan yang sama secara terus menerus. Dalam membuat hidangan ini sebenarnya sangat  mudah, yang Anda butuhkan hanya  50 gram kentang yang sudah dikupas dan dikukus serta dipotong kecil-kecil.

Lalu sediakan susu formula yang dicampur bersama dengan bahan tersebut. Cara pembuatannya juga sangat   mudah. Langkah pertama yaitu dengan menghaluskan kentang yang sudah dicampur dengan sedikit susu, kemudia haluskan dengan mesin blender secara merata. Selanjutnya, masukkan sisa susu formula yang tersedia dan campur secara merata.  Sama halnya dengan bubur susu, jika kentang menggumpal maka saring terlebih dahulu sebelum disajikan pada si kecil.

  • Bubur Sayur

Bayi harus mengkonsumsi berbagai macam sayuran untuk menjaga kesehatan tubuhnya dan memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuhnya.

Bubur sayur merupakan salah satu jenis makanan sehat yang baik dan dianjurkan untuk diberikan pada bayi berusia 6 bulan. Cara pembuatan jenis makanan yang satu ini juga tergolong lebih sederhana.  Anda hanya memerlukan sebanyak 50 gram brokoli yang sudah  dipotong dan dikukus. Lalu campurkan bersama dengan 5 sendok makan susu bubuk formula atau bisa juga dicampur dengan ASI.

Untuk membuat menu MPASI 6 bulan ini Anda hanya perlu mencampurkan kedua bahan tersebut  dengan susu dan haluskan dengan menggunakan blender. Kemudian campurkan semua sisa susu dan aduk hingga rata. Anda juga tidak perlu selalu menggunakan brokoli, maka Anda dapat menggantinya dengan sayuran lain dan dengan jumlah variasi yang lebih banyak.

Anda butuh menu menu lainnya? Klik di CookPad

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *