Merawat Bayi! Setiap Orang Tua Harus Tahu Cara Yang Benar Memandikan Bayi

cara memandikan bayi yang benar
Johnson’s Baby Indonesia

Sebagai orang tua Anda dituntut untuk harus paham bagaimana cara merawat bayi yang benar, misalnya saja bagaimana cara memandikan bayi yang benar. Bunda tentunya tidak memnginginkan lantaran ketidak tahuan Bunda ternyata bisa membahayakan si kecil.

Memandikan bayi apalagi yang baru lahir sudah pasti akan menjadi kegiatan yang sangat mendebarkan. Terutama bagi para orang tua baru. Oleh sebab itu penting sekali untuk mempersiapkan diri serta mengetahui cara memandikan bayi supaya si kecil tetap nyaman selama dimandikan.

merawat si kecil tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Misalnya saja terkait dengan memandikan bayi ini. Ternyata ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan pada saat sedang memandikannya.

Panduan Pada Saat Memandikan Bayi

Bagi Anda yang sudah terbiasa memandikan bayi, memandikan bayi seperti ini mungkin bukan lagi menjadi hal yang mendebarkan. Tetapi berbeda bagi yang sebelumnya belum pernah melakukannya, perasaan was-was sudah pasti ada.

Namun meskipun demikian, melakukan perawatan bayi yang benar tetap harus Anda lakukan. Supaya tidak salah pada saat memandikan si kecil, berikut ini adalah tahapan cara memandikan bayi secara umum:

  1. Isi terlebih dahulu bak dengan menggunakan air hangat berketinggian sekitar 7 cm serta suhu air sekitar 32 derajat celcius.
  2. Kemudian baringkan bayi di alas ganti ataupun handuk. Setelah itu bukalah pakaian bayi secara perlahan.
  3. Lalu gunakan satu tangan dengan lengan Anda guna menopang kepala serta tubuhnya. Kemudian gunakan tangan yang lain untuk menyangga tubuh bagian bawahnya. Tempatkan bayi ke air dimulai dengan kakinya.
  4. Mulai terlebih dahulu dengan membersihkan kelopak matanya dari dalam keluar dengan menggunakan kapas ataupun kain katun lembut yang sebelumnya sudah dicelupkan terlebih dahulu ke dalam air hangat. Setelah itu gunakan kain yang berbeda untuk membersihkan mata yang satunya lagi. Kemudian lanjutkan lagi dengan membersihkan hidung, telinga, dan wajahnya.
  5. Pastikan untuk satu tangan selalu menyangga dengan kokoh punggung dan juga kepalanya pada saat tangan Anda yang satunya sedang membersihkan bagian tubuh yang lainnya. Perhatikan untuk selalu menjaga posisi kepala si kecil berada di atas permukaan air.
  6. Ketika Bunda menggunakan sabun, sebaiknya tuangkan sedikit saja supaya kulit bayi tidak menjadi kering.
  7. Ingat untuk memberikan perhatian yang lebih pada area ketiak, belakang telinga, leher, dan juga kelamin.
  8. Kemudian guyur kepala dan seluruh tubuhnya secara perlahan lalu seka dengan waslap bersih.
  9. Setelah itu angkat secara perlahan. Segera letakkan bayi di atas alas ganti ataupun perlak yang sebelumnya sudah dialasi dengan handuk. Lalu keringkan setiap bagian tubuhnya secara perlahan.

Fakta dan Mitos Tentang Memandikan Bayi

Terkait dengan perawatan pada bayi, banyak sekali hal-hal yang berbau mitos yang berkembang di masyarakat. Salah satunya terkait dengan memandikan bayi. Sebagai orang tua, Anda sebaiknya jangan menelan mentah-mentah informasi-informasi semacam itu.

Sebab dalam merawat anak ini tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan atau hanya mengandalkan dari “katanya”. Sebagai orang tua, Anda harus mencari tahu dulu kebenarannya sebelum melakukannya.

Terkait dengan beberapa mitos soal memandikan bayi. Berikut ini adalah beberapa mitos yang bisa Anda jadikan sebagai tambahan informasi:

  1. Memandikan Bayi dengan Air Dingin

Motos : Banyak yang mengatakan jika memandikan bayi dengan menggunakan air dingin bisa membuat bayi semakin kuat.

Fakta : Sebenarnya bayi sangat rentan terhadap suhu dingin. Air dingin bisa menyebabkan pembakaran serta metabolisme tubuh bayi meningkat. Yang terjadi kemudian adalah makanan yang ada di dalam tubuh bayi menjadi terkuras untuk mengatur suhu tubuhnya. Oleh sebab itu bayi akan kehabisan tenaga dan mudah sekali sakit.

Tidak hanya untuk bayi saja, merawat balita pun demikian, sebaiknya mandikan si kecil dengan menggunakan air hangat dengan suhu sekitar 37 derajat celcius. Mandi dengan air dingin ini amannya untuk balita usia di atas satu tahun.

  1. Larangan Memandikan Bati pada Sora Hari

Mitos : Bayi tidak boleh dimandikan pada sore hari sebelum usianya 40 hari.

Fakta : sebenarnya bayi butuh mandi dua kali sehari. Jadi memandikan bayi di sore hari sebelum usianya 40 hari bukanlah masalah. Bahkan sebenarnya bayi yang lahir setelah 6 jam sudah boleh untuk dimandikan.

Untuk waktu yang tepat memandikan bayi di bulan-bulan pertama adalah antara jam 07:00-09:00. Sedangkan pada sora hari adalah pada jam 14:00. Jadi sebaiknya mandikan si kecil dua kali sehari.

  1. Kulit Akan Kering Jika Dimandikan terlalu Lama

Mitos : Mandi terlalu lama membuat kulit bayi kering.

Fakta : sebenarnya yang membuat kulit bayi kering karena adal yang salah dalam hal perawatan balita Bunda. Kenapa? Sebab pada dasarnya mandi ini sangat baik untuk kulit bayi sebab bisa menghilangkan kotoran yang ada di kulit. Memang benar jika bayi terlalu sering dimandikan serta terlalu lama, minyak alami pada kulit bayi akan berkurang. Untuk itulah cukup mandikan bayi 5-10 menit saja. Selain  itu upayakan untuk menggunakan air hangat dengan suhu 37 derajat celcius.

Sebagai orang tua, pada saat merawat batita Anda, sudah pasti akan ada hal-hal yang berbau mitos yang akan mampir di telinga Anda. Tetapi terkadang informasi seputar perawatan pada balita semacam itu tidak semuanya mitos.

Oleh sebab itu penting untuk mencari kebenarannya terlebih dahulu. Sekali lagi jangan sampai Anda hanya mengandalkan “katanya” saja. Contohnya saja terkait dengan mitos-mitos memandikan bayi di atas.

Sebagai orang tua Anda harus cerdas dalam menyikapi segala hal. Apalagi jika Anda merupakan orang tua baru. Dan sebaiknya carilah informasi sebanyak-banyaknya terkait dengan bagaimana cara merawat bayi yang benar.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *