Mewaspadai Tumbuh Kembang Balita Usia Hampir 2 Tahun

tumbuh kembang balita
Friso Indonesia

Tumbuh kembang balita usia hampir 2 tahun perlu mendapatkan ekstra perhatian dari orang tua. Ibu harus lebih memberikan waktu untuk melihat perkembangan si kecil jika usianya sudah hampir mencapai 2 tahun.

Tentu bukan tanpa alasan. Tumbuh kembang balita usia hampir 2 tahun sangat signifikan. Si kecil tidak hanya sudah bisa berjalan, tapi juga berlarian. Dan masih banyak lagi hal-hal yang menunjukkan perkembanganya.

Kenapa Harus Ekstra Perhatian?

Jika balita ibu usianya sudah hampir 2 tahun, ia akan mulai melakukan hal-hal baru seperti berlari, memainkan benda apa saja yang ada di sekitar rumah, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, ibu memberikan ekstra perhatian.

Jika si kecil suka berlarian, untuk sementara ibu bisa menyingkirkan beberapa perabotan seperti kursi dan meja. Ibu bisa menyisakan beberapa kursi dan meja saja. Sementara itu, sisanya ibu bisa simpan di gudang.

Namun, tidak itu saja yang sangat penting untuk diwaspadai saat tumbuh kembang balita hampir mencapai 2 tahun. Pada saat itu, ia sudah mulai menirukan apa saja yang sering ibu lakukan seperti memakai makeup, menyisir rambut, memakai shampoo, dan juga memasak. Sayangnya, si kecil belum bisa membedakan setiap benda dan cara menggunakannya. Terkadang, ia menggunakan benda yang tidak sesuai dengan fungsinya.

Inilah yang perlu diantisipasi. Karena ia sudah bisa berjalan dan mengambil benda apa saja yang ia inginkan, hindarkan benda-benda yang berbahaya dari jangkauan si kecil. Botol yang terbuat dari kaca sebaiknya ibu simpan di dalam lemari yang tidak mudah dijangkau oleh si kecil. Peralatan masak juga harus disimpan di dalam lemari yang dikunci. Hal ini untuk mengantisipasi agar si kecil tidak membuka dan mengambil peralatan memasak yang berbahaya seperti pisau.

Salah satu hal yang membanggakan saat perkembangan balita usia hampir 2 tahun adalah rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Si kecil juga sudah mulai meniru perilaku orang dewasa. Namun, jangan sampai hal tersebut membahayakan si kecil ya.

Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu ibu lakukan.

Memaksimalkan Tumbuh Kembang Balita

Dari penjelasan tersebut di atas, jelaslah sudah bahwa tumbuh kembang balita yang usianya hampir mencapai 2 tahun itu sangat mengagumkan. Akan tetapi, hal tersebut membawa konsekuensi yang lain, yaitu resiko si kecil terluka karena tingkah polahnya sendiri.

Untuk menghindari hal buruk terjadi, sebaiknya ibu membelikan mainan yang berupa alat-alat yang sama dengan peralatan rumah tangga. Jika si kecil suka membawa alat masak, ibu bisa belikan mainan berupa alat masak yang terbuat dari plastik. Dengan demikian, ibu bisa memaksimalkan tumbuh kembang balita tanpa rasa khawatir terjadi hal yang buruk terhadap si kecil.

Selain itu, lebih sering mengajak balita ke luar rumah entah ke rumah tetangga, saudara, atau ke taman bermain membuat perkembangan balita semakin baik. Ibu harus ingat rasa ingin tahu balita usia hampii 2 tahun sangat tinggi. Jadi, ibu bisa memaksimalkan kondisi tersebut dengan cara memperkenalkan orang baru, benda baru, dan juga lingkungan sekitar.

Dari penjelasan tersebut di atas, ibu bisa melihat bahwa menjadi seorang ibu itu tidaklah mudah. Ibu tidak hanya menjaga si kecil saja, tapi juga memperhatikan perkembangannya. Apalagi perkembangan si kecil itu sangat menentukan perkembangan saat dewasa nanti. Tentu ibu tidak mau terjadi hal yang buruk terhadap tumbuh kembang balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *