Mudah Lelah Menjadi Tanda Awal Kehamilan. Ibu Tahu Kenapa?

tanda awal kehamilan
Friso Indonesia

Mual-mual sekali dijadikan pertanda kehamilan. Padahal, mual belum tentu 100% tanda kehamilan lho.

Ada banyak sekali tanda awal kehamilan selain mual-mual. Salah satunya mudah merasa lelah.

Memang tidak bisa dijadikan patokan utama. Tetap saja ibu sebaiknya menggunakan test pack untuk mengetahui kehamilan atau langsung saja datang ke dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan USG. Cara ini jelas lebih pasti apakah benar-benar hamil atau tidak.

Namuun, tidak salah kan jika ibu juga mengetahui kenapa awal kehamilan juga ditandai dengan rasa lelah yang terlalu sering?

Apakah Disebabkan Berat Badan Naik?

Sebenarnya tidak juga. Hanya saja, bagi ibu hamil muda yang merasa berat badannya bertambah tidak seperti biasa, bisa saja rasa lelah tersebut disebabkan naiknya berat badan.

Ada ibu yang sejak awal kehamilan sudah mengalami kenaikan berat badan. Dan hal ini tentu saja akan membuat otot tertekan sehingga ibu tersebut akan lebih mudah merasa lelah.

Akan tetapi, kasus semacam ini jarang sekali terjadi. Kebanyakan berat badan ibu hamil baru naik ketika usia kehamilan sudah mencapai 2-3 bulan.

Pengaruh Hormon

Yang satu ini merupakan faktor yang paling dominan. Ada banyak sekali hal yang dipengaruhi oleh tingginya produksi hormon ketika sedang hamil seperti mudah mual, muntah, dan tak terkecuali cepat lelah.

Apa hubungannya? Tentu saja ada hubungannya. Ketika hormon diproduksi lebih banyak, secara otomatis organ tubuh juga bekerja lebih ekstra. Hal inilah yang membuat energi di dalam tumbuh cepat habis.

Jika hal ini terjadi, maka bukan tidak mungkin seorang ibu hamil akan mudah merasa lelah, bukan?

Itulah mengapa diperukan solusi yang tepat untuk mengatasi keluhan kesehatan yang satu ini.

Mengatasi Rasa Cepat Lelah Saat Hamil

Ibu sudah tahu kan kenapa ibu cepat lelah saat hamil. Selain tahu hal tersebut sebagai tanda awal hamil, ibu juga harus tahu bagaimana cara mengatasinya.

Dilihat dari dua penyebab tersebut di atas, cara yang paling tepat adalah memperbanyak asupan makanan yang mengandung energi. Sayangnya, menambah porsi makanan bukan jalan yang tepat. Sangat dianjurkan untuk lebih sering mengkonsumsi makanan namun dalam porsi yang sedikit.

Selain itu, mengkonsumsi susu juga akan membuat ibu mendapatkan lebih banyak energi lho. Karena di dalam susu terdapat nutrisi yang berguna untuk menambah energi. Protein bisa ditampung dan kemudian diubah menjadi energi juga.

Apakah cukup dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi? Ternyata tidak. Saat hamil muda, ibu memang tidak disarankan untuk melakukan olahraga, sekalipun olahraga ringan. Yoga atau senam ibu hamil pun belum boleh dilakukan apalagi jika usia kehamilan baru di bawah satu bulan.

Namun, agar ibu tidak mudah merasa lelah saat beraktivitas, ibu bisa melakukan hal yang sederhana, seperti jalan kaki setiap pagi. Mudah, kan?

Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi (terutama susu ibu hamil) dan jalan santai setiap pagi, ibu pasti tidak akan merasa mudah lelah lagi.

Namun, masih ada tanda awal ibu hamil lainnya. Dan ada cara yang berbeda agar tanda-tanda tersebut tidak muncul dan mengganggu kegiatan sehari-hari ibu.

Menjadi ibu hamil memang menjadi tantangan tersendiri. Selain banyaknya keluhan kesehatan yang ibu akan alami, ibu juga harus pandai-pandai dalam mengatur waktu agar tidak mudah kelelahan sehingga tidak mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *