Nutrisi Balita yang Paling Berperan untuk Mencerdaskan Otak

Nutrisi Balita
Ibu dan Balita

Nutrisi balita tidak boleh dianggap sepele. Banyak ibu yang merasa sudah memberikan makanan sehat setiap hari dan mereka menganggap sudah memberikan yang terbaik. Jika si kecil lahap dalam mengkonsumsi makanan, mereka sudah sangat senang.

Sebenarnya, peran ibu bukan hanya untuk menyiapkan makanan yang sehat untuk balita tapi juga memilihkan. Dalam hal ini, tidak mungkin ibu bisa menyajikan menu makanan tinggi kaya akan nutrisi jika ibu tidak memiliki pengetahuan seputar nutrisi balita. Bukankah seperti itu?

Jika ibu ingin balita ibu tumbuh menjadi anak yang pintar, maka ibu harus memastikan terdapat yodium di dalam makanan yang ibu berikan kepada si kecil. Memang ada banyak lagi nutrisi pada balita yang harus dipenuhi untuk perkembangan otak si kecil seperti AA, DHA, Omega 3, dan lain sebagainya. Akan tetapi, peran yodium juga tidak boleh dikesampingkan. Pasalnya, yodium juga berperan besar dalam meningkatkan kecerdasan otak balita.

Makanan Sumber Yodium yang Tinggi

Jadi, siapkah ibu melihat perkembangan balita menjadi anak yang jenius? Oleh karena itu, ibu harus tahu menu makanan apa saja yang mengandung yodium yang tinggi.

Jika berbicara tentang yodium, maka hal tersebut pasti berhubungan dengan laut. Pasalnya, yodium itu berkaitan dengan garam dan garam adanya di laut. Mengenai makanan yang mengandung yodium, maka ibu bisa memberikan berbagai jenis seafood. Ada banyak sekali seafood yang baik untuk dikonsumsi balita seperti ikan tuna, udang, kepiting, kerang, dan ikan salmon.

Mungkin ibu sudah tahu nutrisi balita yang terkandung di dalam seafood tersebut seperti AA dan DHA, serta omega 3. Hanya saja, ibu harus tahu kandungan yang tak kalah penting untuk menunjang kecerdasan otak balita adalah yodium.

Akan tetapi, ibu harus juga memperhatikan dalam pemilihan seafood. Selain mengandung nutrisi balita yang diperlukan untuk perkembangan fisik maupun otak si kecil, seafood juga mengandung kandungan yang kurang baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah merkuri.

Untuk itu, penting sekali bagi ibu untuk memilih seafood yang ukurannya tidak terlalu besar dan usianya tidak terlalu tua. Selain itu, ibu juga harus memperhatikan cara pengolahannya. Pastikan ibu mengolah seafood benar-benar matang.

Selain seafood, yodium juga terkandung di dalam buah-buahan lho. Ada beberapa buah yang mengandung yodium yang cukup tinggi. Beberapa dari buah tersebut adalah pisang dan stroberi.

Jadi, ibu sebenarnya memiliki banyak pilihan lho. Ibu tinggi mengolah seafood dan juga buah sehingga bisa menjadi makanan yang enak untuk sang buah hati.

Hal Lain Selain Makanan untuk Perkembangan Otak Balita

Tentu saja selain nutrisi balita tersebut di atas, ibu juga perlu memberikan stimulus dari luar untuk mengembangkan kecerdasan otak sang buah hati. Salah satunya adalah memilihkan permainan edukatif.

Meskipun menuai pro dan kontra, peran gadget itu sangatlah penting bagi kecerdasan otak balita. Pasalnya, banyak sekali permainan edukatif yang bisa didownload dan dimainkan melalui gadget.

Jadi, yang perlu ibu perhatikan adalah bagaimana ibu memilihkan permainan yang edukatif dengan menggunakan gadget. Selain itu, ibu juga harus melakukan upaya agar sisi negatif penggunaan gadget bisa diminimalisir karena pada dasarnya gadget juga bisa mengganggu kesehatan balita.

Kesimpulannya, nutrisi serta stimulus dari luar itu sangat diperlukan jika ibu menginginkan balita ibu tumbuh menjadi anak yang sehat dan pintar. Untuk itu, ibu harus lebih banyak tahu seputar nutrisi balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *