Nutrisi Ibu Hamil dengan Memilih Makanan Mengandung Asam Folat

nutrisi ibu hamil
Friso Indonesia

Nutrisi ibu hamil adalah hal yang harus diperhatikan ketika seorang wanita dewasa sedang mengandung. Mengapa demikian? Ya, alasan yang paling utama adalah karena terjadi perubahan metabolisme dan kebutuhan energi dalam tubuh dari yang sebelumnya tidak hamil. Kebutuhan energi ini dipengaruhi oleh kehadiran jabang bayi dalam kandungan. Setelah segala nutrisi yang diperoleh dari proses pemecahan makanan yang dikonsumsi oleh para ibu hamil, kemudian akan diedarkan ke bayi melalui saluran plasenta dan mendukung perkembangan janin tersebut.

Oleh karena itu, perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi oleh para moms yang sedang mengandung. Pilih jenis makanan yang memiliki nutrisi penting bagi anda. Nutrisi atau komposisi yang harus dikandung pada makanan tersebut jumlahnya beragam dan bervariasi. Salah satunya adalah Asam Folat. Asam Folat patut dikonsumsi oleh para ibu hamil, karena berguna untuk perkembangan organ dari janin yang dikandung untuk menghindari kecacatan ketika lahir nanti.

Dengan demikian pentingnya asam folat yang merupakan golongan vitamin tipe B9, jenis asupan apa saja yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut pada ibu hamil? Berikut adalah ulasannya.

  1. Sayuran Hijau

Jenis asupan ini banyak mengandung vitamin B9 atau asam folat sehingga digolongkan sebagai makanan utama yang harus dikonsumsi ketika para moms menginginkan anak yang sehat secara fisik. Menu yang dapat dibuat sebagai sumber asupan dapat berupa sawi hijau dan bayam. Jenis sayuran tersebut dapat divariasikan dalam bentuk sup ataupun tumis yang dapat disesuaikan dengan selera anda.

  1. Buah Jeruk dan Alpukat

Selain sayur, variasikan menu harian anda dengan buah – buahan yang tentunya mengandung asam folat. Jenis buah tersebut diantaranya jeruk dan alpukat. Keduanya dipercaya memiliki kandungan vitamin B9 yang sangat tinggi, apalagi buah jeruk. Selain itu, disamping kandungan lemak baik pada buah alpukat, buah ini juga dapat memenuhi sekitar 20% dari kebutuhan asam folat harian sebagai ibu hamil. Jadikan kedua jenis buah tersebut sebagai variasi dari menu harian anda dan pastikan dikonsumsi pada waktu terbaik atau perut dalam keadaan kosong dan belum makan karbohidrat jenis apapun. Dengan demikian, kebutuhan asam folat sebagai nutrisi ibu hamil seperti anda akan terpenuhi

  1. Jenis Kacang – Kacangan

Jenis makanan selanjutnya adalah kacang – kacangan. Siapa sangka dibalik bentuknya yang kecil, ternyata dengan mengonsumsinya akan memberikan kebaikan pada diri ibu hamil yang sedang berfokus pada pemenuhan kebutuhan asam folat. Jenis kacang – kacangan seperti kacang tanah kacang polong, kacang kedelai, maupun produk olahannya seperti susu kedelai, tahu, dan tempe juga masuk dalam daftar makanan yang banyak mengandung asam folat. Variasikan kebutuhan vitamin B9 anda lewat kacang – kacangan dan produk olahannya dan masukan dalam daftar menu harian anda.

  1. Susu Ibu Hamil

Selain daripada ketiga jenis asupan diatas, jangan lupa mengonsumsi susu ibu hamil. Jenis susu yang dikhususkan bagi ibu hamil pada umumnya mengandung asam folat sebagai nutrisi yang diperlukan oleh seorang ibu yang sedang mengandung. Saat ini, banyak sekali jenis susu ibu hamil yang tersedia namun jangan bingung dalam memilih jenis susu apa yang anda butuhkan. Kehadiran asam folat sebagai komposisi dari susu tersebut sangat patut anda pertimbangkan.

Baik moms, dari keseluruhan jenis makanan dan asupan diatas, jangan lupa untuk memasukan seluruhnya sebagai menu harian anda. Kesehatan anda dan janin anda harus disokong oleh makanan yang bergizi dan bernutrisi. Tentunya, dari sekian banyak nutrisi yang diperlukan, asam folat menjadi salah satu yang terpenting dari beragamnya nutrisi ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *