Nutrisi Ibu Hamil yang Harus Ditambah Jika Sering Merasakan Pusing

Nutrisi Ibu Hamil
Friso Indonesia

Nutrisi ibu hamil menentukan kesehatan ibu dan juga janin di dalam kandungan. Itu artinya jika ibu kekurangan nutrisi, maka kesehatan ibu dan janin bisa terganggu.

Banyak sekali keluhan kesehatan yang mungkin alami selama masa kehamilan. Dan keluhan kesehatan tersebut bisa ibu antisipasi dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nutrisi ibu hamil. Hanya dengan itulah ibu bisa menjalani masa kehamilan dengan lancar.

Salah satu keluhan kesehatan yang paling sering dialami oleh seorang ibu hamil adalah pusing. Apakah ibu juga mengalaminya? Atau jangan – jangan sampai sekarang ibu masih sering mengalaminya? Jika ya, maka ibu perlu memperhatikan ulasan berikut ini.

Penyebab Pusing Saat Hamil

Banyak sekali penyebab pusing yang ibu alami terutama saat mengandung. Akan tetapi, yang sering terjadi adalah pusing disebabkan anemia. Anemia merupakan kondisi di mana darah ibu sangat rendah. Hal ini disebabkan kadar hemoglobin sangat rendah sehingga ibu mengalami pusing yang luar biasa.

Tentu saja ibu harus konsultasi kehamilan terlebih dahulu dengan dokter kandungan jika merasakan pusing. Konsultasi diperlukan untuk memastikan apakah benar penyebabnya adalah penurunan kadar hemoglobin sehingga ibu mengalami anemia atau ada faktor penyebab yang lain.

Lalu, apa yang harus ibu lakukan saat ibu benar-benar mengalami anemia? Tidak disarankan ibu langsung mengkonsumsi obat anemia karena dikhawatirkan obat tersebut memberikan pengaruh buruk terhadap perkembangan janin di dalam kandungan.

Harus dipahami bahwa anema itu disebabkan ibu kekurangan salah satu nutrisi untuk ibu hamil, yaitu zat besi. Nutrisi inilah yang mempengaruhi produksi hemoglobin. Jika ibu mendapatkan nutrisi berupa zat besi dalam jumlah yang cukup, maka tidak mungkin hemoglobin kurang sehingga mengakibatkan anemia.

Jadi, saat ibu merasa pusing akibat anemia, nutrisi ibu hamil yang harus ditambah adalah zat besi. Pertanyaannya sekarang adalah dari mana ibu bisa mendapatkan zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian ibu? Dalam hal ini, ibu harus mencari tahu seputar sumber gizi ibu hamil berupa zat besi ini.

Sumber Zat Besi yang Baik Bagi Ibu Hamil

Tidak semua makanan yang sehat itu baik untuk ibu hamil. Contohnya saja buah durian. Buah durian itu sangat menyehatkan, bukan? Tapi selama ibu mengandung, ibu dilarang mengkonsumsi buah yang satu ini karena adanya kandungan yang bisa membahayakan perkembangan janin.

Begitu juga yang terjadi jika ibu mencari sumber nutrisi ibu hamil berupa zat besi. Ada makanan yang merupakan sumber zat besi yang baik dan yang tidak baik bagi kesehatan ibu hamil.

Dalam hal ini, salah satu sumber zat besi yang baik bagi ibu hamil adalah kepiting. Jenis seafood ini kaya akan zat besi. Selain itu, kepiting juga mengadung omega 3 yang cukup tinggi untuk menunjang perkembangan saraf bayi di dalam kandungan.

Sumber zat besi lainnya adalah telur. Jika ibu tidak suka seafood, ibu bisa mengkonsumsi telur untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh sehingga ibu tidak mengalami anemia.

Namun, yang paling aman untuk ibu konsumsi adalah sayuran hijau seperti bayam. Zat besi dari sayuran atau non heme jauh lebih aman untuk dikonsumsi saat ibu sedang mengandung.

Tentu saja pilihan ada di tangan ibu. Yang pasti, yang menentukan kesehatan ibu dan juga janin di dalam kandungan adalah makanan dan minuman yang ibu konsumsi setiap hari. Pastikan makanan dan minuman yang ibu konsumsi mengandung semua nutrisi ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *