Nutrisi Ibu Menyusui yang Harus Dipenuhi

Nutrisi Ibu Menyusui
Friso Indonesia

Nutrisi ibu menyusui merupakan faktor yang harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan masa menyusui adalah masa terpenting dalam memberikan ASI eksklusif yang kaya akan nutrisi. Namun, perlu diketahui bahwa dalam mendukung nutrisi ASI, sang ibu pun harus memenuhi nutrisinya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu. Maka terdapat beberapa makanan yang bisa menjadi pilihan ideal bagi para ibu menyusui.

  • Gandum utuh dan nasi merah

Untuk memenuhi kebutuhan energi untuk ibu saat menyusui maka dibutuhkan karbohidrat yang terdapat pada nasi dan roti. Namun, kandungan karbohidrat pas nasi dan roti masih belum memenuhi kebutuhan akan serat bagi tubuh. Maka dari itu, cobalah untuk mengganti menu nasi atau roti dengan memakan gandum utuh dan nasi merah yang kaya akan serat. Kedua makanan jenis ini juga memiliki manfaat yang besar bagi ibu karena mengandung asam folat dan kalori yang akan mendukung produksi ASI berkualitas tinggi.

  • Telur dan Ikan

Setelah karbohidrat, maka nutrisi yang harus dipenuhi selanjutnya adalah protein. Makanan yang kaya akan protein adalah daging dan telur. Telur sendiri kaya akan vitamin D yang sangat penting dalam pembentukan tulang bayi. Usahakan untuk memilih telur yang kaya akan DHA untuk mendapatkan kandungan asam lemak esensial yang lebih tinggi. Untuk ikan, hendaklah untuk mengkonsumsi dua porsi dalam seminggu. Pilihlah ikan yang kaya akan DHA seperti salmon. Kandungan DHA yang terkandung dalam ikan akan membantu perkembangan sistem syaraf bayi dan dapat mengurangi stress pasca melahirkan bagi sang ibu.

  • Buah dan Sayuran

Dua hal terpenting dalam pemenuhan nutrisi ibu menyusui adalah buah dan sayuran. Buah dan sayuran memiliki aneka mikronutrisi yang berperan penting dalam perkembangan ibu dan bayi. Hal ini dikarenakan kandungan serat pada buah dan sayuran sangat baik bagi sistem pencernaan ibu menyusui. Keluhan seperti konstipasi setelah melahirkan dapat juga diatasi dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang cukup. Namun, hal yang perlu diingat adalah dalam memilih buah dan sayuran. Usahakan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran yang bebas dari pestisida.

Dalam pemenuhan nutrisi ibu menyusui, sangat perlu diperhatikan oleh ibu akan makanan yang dimakan sehingga penjelasan akan makanan yang mengandung banyak nutrisi diatas dapat digunakan sebagai referensi dalam pemenuhan gizi ibu menyusui setiap hari. Tentunya makanan yang telah disebutkan diatas dapat divariasikan sehingga ibu tidak jenuh saat mengkonsumsinya. Hal yang terpenting adalah untuk memakan makanan yang sehat dan segar, serta menjauhi makanan yang dapat berpotensi mengganggu kualitas ASI seperti minuman keras atau alkohol, kafein yang terkandung dalam coklat, minuman ringan, kopi dan teh. Begitu pula dengan makanan yang tercemar seperti ikan yang telah terpapar merkuri. Kurangi juga memakan makanan instan seperti mie instan atau makanan yang mengandung MSG lainnya. Karena segala hal yang ibu makan akan berpengaruh terhadap kualitas ASI walaupun tidak banyak. Maka hendaklah ibu mengetahui apa saja yang dibutuhkan dalam pemenuhan nutrisi ibu menyusui.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *