Nutrisi Paling Penting di dalam Susu untuk Anak 2 Tahun agar Tumbuh Tinggi

susu untuk anak 2 tahun

 

Susu untuk anak 2 tahun memang diformulasikan untuk memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si kecil. Namun, susu seperti apakah yang bisa membuat anak tumbuh tinggi?

Pasti semua orang tua sangat bangga jika sudah ada tanda-tanda anak mereka akan tumbuh tinggi. Pada usia 2 tahun, tanda-tanda tersebut sudah terlihat. Bandingkan saja dengan balita usia 2 tahun lainnya. Jika si kecil lebih rendah, maka ada baiknya mempertimbangkan menggantu susu untuk anak 2 tahun.

Setidaknya ada tiga kandungan penting yang mempengaruhi tinggi badan si kecil. yang pertama adalah vitamin A. Banyak orang yang salah memahamil vitamin A ini. Kebanyakan menganggap vitamin A ini hanya untuk kesehatan mata. Padahal, vitamin A juga sangat diperlukan untuk pertumbuhan tulang balita.

Jika vitamin A tercukupi, maka pertumbuhan tulang balita akan semakin optimal. Hal ini dikeranakan sel tulang diproduksi dalam jumlah yang banyak sehingga tulang akan tumbuh tinggi dan kuat.

Untuk mencukupi vitamin A ini, ibu tidak hanya bisa mengandalkan susu untuk anak 2 tahun. Ada banyak sekali sumber vitamin A seperti sayuran hijau. Untuk itu, jika si kecil dengan usianya yang sudah menginjak 2 tahun tubuhnya masih pendek, ibu perlu memperbanyak lagi nutrisi berupa vitamin A. Jangan hanya dari susu anak usia 2 tahun saja, tapi dari menu makanan juga.

Nutrisi lainnya yang mempengaruhi pertumbuhan tulang balita adalah vitamin D. Untuk mendapatkan kandungan vitamin D ini, ibu cukup mengajak si kecil untuk berjemur di pagi hari. Pasalnya, sinar matahari di pagi hari merupakan sumber terbesar vitamin D.

Meskipun demikian, bukan berarti ibu hanya boleh mengandalkan sinar matahari di pagi saja. Balita ibu juga harus mengkonsumsi susu untuk anak 2 tahun serta makanan yang mengandung tinggi vitamin D seperti kuning telur dan ikan salmon.

Nutrisi selanjutnya adalah vitamin C. Apakah ibu tahu jika vitamin C yang terdapat pada susu anak 2 tahun juga memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan tulang balita? Kebanyakan masyarakat yang awam seputar ilmu gizi tidak tahu. Mereka hanya tahu bahwa vitamin C itu baik sekali bagi kesehatan kulit serta untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sebenarnya, vitamin C itu juga memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap pertumbuhan tulang balita. Vitamin C akan mensitensis struktur penting untuk membangun pembuluh darah, otot, serta tulang secara bersamaan. Oleh sebab itu, vitamin C dalam susu untuk anak 2 tahun sangat penting dan kadarnya disesuaikan dengan kebutuhan.

Hanya saja, ibu juga harus memastikan kadar vitamin C dalam tubuh si kecil tidak terlalu banyak. Pasalnya, terlalu banyak vitamin C bisa mengakibatkan anak ibu mengalami masalah pada sistem pencernaannya. Bahkan, kelebihan vitamin C juga berakibat buruk untuk sistem saraf.

Dari penejelasan tersebut di atas, jelas sudah banyak sekali nutrisi yang terlibat untuk pertumbuhan tulang balita usia 2 tahun. Salah besar jika hanya kalsium saja yang mempengaruhi balita tumbuh tinggi atau tidak. Ternyata, ada 3 nutrisi lainnya yang perannya tak kalah penting, yaitu vitamin A, vitamin D, dan vitamin C.

Semoga informasi ini bisa menjawab pertanyaan yang selama ini ada di benak ibu tentang kenapa balita ibu tubuhnya lebih pendek dibandingkan dengan balita yang lain dengan usia yang sama-sama 2 tahun. Jadi, perhatikan asupan tiga vitamin tersebut di atas entah dari makanan atau dari susu untuk anak 2 tahun.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *