Oatmeal, Idola Bubur Bayi Sehat Terkini

bubur bayi
Source: Mother Nature Network

Makanan sehat cenderung tidak enak, itu sih pendapat orang dewasa. Bagi si kecil yang belum tahu apa – apa, memperkenalkan bubur bayi sehat mampu bantu dirinya di masa mendatang. Sebagai orang tua yang mungkin merasakan tidak enaknya merubah pola hidup kearah lebih baik, alangkah indahnya menghindarkan buah hati dari takdir yang sama.

Perlu dicatat, tidak ada yang salah dengan makanan sehat. Komentar seputar makanan bergizi macam hambar, dan bikin muntah sebetulnya hanya masalah kebiasaan rasa. Terlalu banyak kimia yang membuat makanan ‘modern’ bercita rasa ‘kuat’ justru melemahkan kemampuan lidah dalam diagnosa rasa lain yang lebih alami. Munculnya rasa ‘tidak doyan’ kemungkinan besar dipicu berdasarkan kebiasaan buruk tersebut.

Mengingat bayi masih sangat rentan terhadap asupan dari luar, pemilihan bahan bubur bayi sehat butuh perhatian ekstra. Jangan sampai, ayah bunda memberikan bahan makanan yang terlihat ‘bergizi’ yang ternyata berhasil pelik. Mengapa? senyawa dalam percenaan bayi belum berkembang sempurna, beberapa makanan sehat bisa mengandung bakteri baik yang belum mampu diterima tubuh. Akibatnya, bayi bukannya tertawa cerah namun keluar tangis penuh derita.

Salah satu bahan makanan yang terbilang aman, untuk segala usia, mudah didapat dan kaya akan nutrisi jatuh pada oatmeal.  Ya, ayah bunda kemungkinan pernah mendengar oatmeal. Salah satu bagian keluarga whole grain atau biji – bijian utuh ini merenggut hati pecinta hidup sehat di banyak bagian dunia termasuk Indonesia. Mulai dari politikus, model, pelajar, sampai dengan anak – anak sekalipun bisa makan oatmeal.

Rasa penasaran seputar manfaat oatmeal bagi bayi bisa saja timbul dalam benak ayah dan bunda. Kalau digali lebih dalam sebetulnya akan ada beragam manfaat yang bisa diperoleh hanya dengan memberikan oatmeal sejak dini.

  1. Bebas stress
    Bayi tidak mungkin stress, ‘kan belum paham apa – apa.
    Jangan salah, bayi juga manusia. Stress belum tentu terbentuk karena tekanan eksternal melainkan dari biologis sendiri. Tidak imbangnya kadar kimia dan gangguan pada fungsi saraf mampu menganggu kejiwaan seseorang.

    Tubuh butuh sesuatu yang bisa menjaga kinerja saraf, termasuk membuat jantung lebih sehat. Dengan jantung sehat maka peredaran darah sudah otomatis lancar. Ingat, darah membawa oksigen yang diperlukan seluruh fungsi tubuh, sehingga semakin lancarnya darah, maka seseorang bisa merasa lebih segar setidaknya secara fisik.

    Apa hubungan darah dengan oatmeal ? oh pasti ada.

    Salah satu kandungan tertinggi dalam oatmeal adalah potassium. Menurut ahli gizi, satu cangkir oatmeal mengandung seratus enam puluh empat mili gram potassium. Jumlah yang cukup fantastis dibanding jenis makanan lain. Potassium sendiri berguna dalam mengatur aliran ‘listrik’ dalam tubuh termasuk menjaga kinerja jantung dan saraf.
  2. Racun terbuang
    Masa modern bisa dibilang mengerikan dan menguntungkan. Menguntungkan karena sebagian besar aktivitas begitu praktis dan mudah. Mengerikan sebab terkadang konsumen tidak tahu apakah sebuah makanan beracun atau tidak. Bahkan, bernafas di luar ruangan dengan kondisi udara saat ini malah bisa memberi racun lebih banyak.

    Bayi yang masih lemah tentu belum selihai tubuh orang dewasa dalam melawan gangguan eksternal. Alhasil, sekuat apapun orang tua menjaga bayi dari marabahaya dunia, masih ada kemungkinan bayi akan sakit karena racun. Sungguh indah bila ada media pembuangan racun bagi si kecil. Tentu dengan jalur alami tanpa bahan kimia.

    Oatmeal, diam – diam mampu membantu masalah pelik satu ini. Kandungan fosfor dalam oatmeal sebesar seratus enam puluh dua mili gram dalam satu cangkir. Salah satu keahlian fosfor adalah memilah racun dalam tubuh dan membantu proses detoksifikasi. Ibu tenang, bayi senang, mudah mengusir racun dalam tubuh.
  3. Tulang kuat
    Perkembangan motorik bayi sedang dalam proses pematangan. Memang ketika lahir, susunan tulang bayi sudah terbentuk hanya saja bukan berarti siap digunakan. Ibarat hand phone butuh waktu di charge dulu sebelum bisa digunakan maksimal. Bayi butuh waktu ditambah asupan yang optimal supaya mampu bergerak dengan lancar nan bebas kala dirinya dewasa.

    Salah satu senyawa yang dibutuhkan tubuh guna memastikan lancarnya penguatan tulang jatuh pada kalsium. Ya, pasti sudah sering mendengar iklan – iklan yang selalu mengedepankan kalsium yang memang fungsinya tak lain dan tak bukan untuk tulang. Tidak heran, sampai susu untuk manula sekalipun memakai kalsium sebagai kandungan utama.


Oatmeal sendiri memiliki dua puluh satu mili gram kalsium tiap cangkirnya. Tak perlu ditanya lagi, mencari sumber kalsium lewat oatmeal sudah pasti menguntungkan. Terlebih lagi, bayi tidak akan tahu bedanya oatmeal dengan nasi kalau sudah diolah. Bunda bisa lebih tenang kalau sudah masalah kalsium toh bayi bisa diatur untuk tetap makan kalsium setiap harinya.

 

Sekarang bunda dan ayah lebih paham mengenai manfaat oatmeal untuk bayi. Sebetulnya masih banyak lagi kandungan di dalamnya seperti vitamin A, B12, B, C, dan sodium. Hanya saja, ketiga kandungan, yakni potassium, fosfor, dan kalsium merupakan tiga kandungan terbesar dalam oatmeal. Baru tiga saja sudah menggiurkan bagaimana kalau digabung dengan senyawa lainnya ?

Masalah yang harus dihadapi sekarang adalah bagaimana cara memberikan oatmeal pada bayi dan jenis apa ?

Ya, ada banyak jenis oatmeal, namun yang terbaik adalah oatmeal mentah. Kalaupun bunda tidak bisa menemukan yang instant juga tak masalah. Segi penghidangan, buat saja oatmeal seperti biasa sambil dipadupadankan dengan buah – buahan supaya lebih menaikkan faktor bubur bayi sehat. Atau bunda bisa mencoba Nestle Cerelac Oat and Prune

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *