Obat Penurun Panas Bayi 0-6 Bulan Harus Alami dan Efektif

obat penurun panas bayi 0-6 bulan
www.ibudanbalita.com

Paracetamol seharusnya tidak lagi menjadi satu-satunya obat penurun panas bayi 0-6 bulan. Pasalnya, ibu sekarang bisa membuat obat alami untuk menurunkan panas bayi. Yang alami pasti lebih aman, kan?

Akan tetapi, apakah yang alami bisa menurunkan panas bayi? Jadi, selain alami, obat penurus panas yang ibu buat juga harus efektif menurunkan demam yang dialami oleh si kecil.

Harus Tahu Jenis Demam Yang Dialami Bayi

Ibu perlu menjawab satu pertanyaan ini. Kenapa banyak sekali merk obat penurun panas? Hal tersebut bisa disebabkan komposisi bahan yang digunakan berbeda. Dan mengapa beda? Karena ternyata jenis demam itu beda.

Ada demam karena infeksi virus. Demam ini sangat berbahaya karena panas yang dialami si kecil bisa mencapai lebih dari 38 derajat celsius. Hanya dengan mematikan virus, maka demam akan turun.

Lain hal dengan demam yang tidak dikarenakan infeksi. Dalam dunia medis, ini disebut dengan demam non-infeksi. Biasanya, demam ini disebabkan oleh penyakit lainnya. Jadi, suhu tubuh menjadi sangat tinggi karena pengaruh penyakit yang diderita oleh si kecil. Penyakit yang bisa menyebabkan demam seperti kanker, tumor, dan lain sebagainya. Untuk orang dewasa, penyakit rematik dan lupus biasanya memicu suhu tubuh tinggi. Penyakit tersebut disebut dengan penyakit autoimun.

Yang terakhir mungkin menjadi jenis demam yang paling sering dialami oleh bayi, yaitu demam fisiologis. Demam jenis ini bisa disebabkan oleh suhu udara yang terlalu panas, badan kekurangan cairan, dan lain sebagainya. Yang pasti, demam ini tidak disebabkan oleh infeksi atau penyakit lainnya.

Dengan mengetahui jenis demam tersebut, maka ibu bisa memberikan obat penurun panas untuk bayi 0-6 bulan yang tepat. Yang pasti, bukan obat penurun panas berbahan kimia yang bisa dengan mudah ibu dapatkan di apotek satu-satunya obat yang bisa ibu andalkan.

Berbagai Macam Obat Alami Penurun Panas Bayi

Ada beberapa macam obat alami yang bisa ibu gunakan untuk menurunkan panas bayi. Berikut ini bahan-bahan yang bisa ibu andalkan sekaligus langkah-langkah yang harus ibu lakukan untuk membuat obat alami penurun panas bayi usia 0-6 bulan.

  • Kunyit

Bahan yang satu ini pasti ibu sudah sangat familiar. Kunyit sudah dikenal sebagai bahan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan banyak penyakit. Salah satunya adalah demam.

Di dalam kunyit, terdapat kandungan seperti antibakteri. Jadi, jika suhu badan bayi ibu tinggi dan itu disebabkan oleh infeksi, ibu bisa berikan obat turun panas untuk bayi yang satu ini.

Cara membuat ramuan berbahan kunyit ini sangat mudah. Cukup rebus kunyit lalu parut. Masukkan ke dalam gelas yang sudah diisi dengan setengah air panas. Aduk hingga rata. Diamkan hingga air menjadi dingin.

Langkah selanjutnya, ambil sari-sarinya. Campurkan jeruk nipis dan madu. Aduk hingga rata kemudian berikan kepada bayi tiga kali sehari.

  • Temulawak

Selain kunyit, bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk membuat obat turun panas bayi 0-6 bulan adalah temulawak. Para ahli kesehatan mengatakan kandungan berupa zat aktif germacrene yang membuat temulawak menjadi obat penurun panas alami yang sangat efektif. Dan yang paling penting, ada kandungan antibiotik alami yang membuat si kecil terbebas dari virus atau bakteri yang mungkin menjadi penyebab demam.

Caranya sama dengan membuat obat penurun panas dengan kunyit. Rebus temulawak, parut, dan masukkan ke dalam setengah gelas air panas. Ambil sarinya setelah dingin lalu campurkan dengan jeruk nipis dan madu. Minumkan ke si kecil.

  • Bawang Merah

Jika bayi ibu masih berusia di bawah 3 bulan, memang lebih aman memberikan obat penurun panas yang tidak harus diminumkan. Bawang merah bisa menjadi alternatifnya.

Kandungan atsiri membuat bawang merah bisa sangat efektif menurunkan panas bayi. Cukup dengan mengupas bawang merah lalu parut. Tambahkan minyak kelapa secukupnya kemudian oleskan ke seluruh tubuhnya. Mudah, kan?

Lalu, maka yang ibu akan coba terapkan? Semua cara tersebut sangat aman. Beberapa orang tua di Forum Ibu Dan Balita sudah membuktikannya.

Yang Paling Penting Saat Bayi Demam

Sebenarnya, ibu tidak perlu repot-repot cari obat penurun panas bayi. Obatnya sudah ada pada diri ibu, yaitu ASI atau air susu ibu. Ini bukan hanya sumber nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi, tapi juga sebagai obat. Penyakit apapun sebenarnya bisa diobati dengan ASI, tak terkecuali saat bayi demam.

Untuk itu, hal pertama dan paling utama ketika bayi demam adalah memberikan ASI. Dekapan sang ibu juga bisa menjadi cara yang manjur untuk menurunkan panas bayi.

Jika panas si kecil tidak kunjung turun, baru kemudian ibu bisa berikan obat tambahan yang alami seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Yang pasti, berikan ASI yang lebih banyak. Curahkan perhatian ibu yang lebih banyak. Biarkan si kecil lebih banyak tidur dan istirahat agar sistem kelebalan tubuhnya semakin baik sehingga bayi segera sembuh dari demam yang ia alami.

Bagaimana dengan paracetamol? Biasanya bidan atau dokter anak akan memberikan paracetamol khusus untuk bayi jika suhu tubuhnya tinggi. Sebaiknya, paracetamol ini dijadikan opsi yang terakhir. Jika ibu tidak yakin dengan obat alami seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ibu bisa konsultasikan dulu dengan dokter. Kunjungi www.ibudanbalita.com agar ibu bisa konsultasi online dengan dokter mengenai obat penurut panas bayi 0-6 bulan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *