Optimalisasi Kacang Hijau Sebagai Peran Makanan Bayi 7 Bulan

makanan bayi 7 bulan
Source: Bebeja

Kacang hijau sedang menaiki popularitas sebagai bahan makanan bayi 7 bulan. Tak perlu buru-buru ikut trend tanpa tahu apa kacang hijau itu sendiri. Supaya tidak bingung, bahasan kali ini akan berfokus pada makanan kecil berwarna hijau yang dikenal sebagai kacang hijau. Lagipula, tak kenal maka tak sayang.

Manfaat kacang hijau

Orang tua sudah pasti memasukkan kacang hijau sebagai bagian hidangan karena paham inilah yang terbaik bagi bayi. Pertimbangan tersebut, tentu saja, berdasarkan ilmu pengetahuan yang diperoleh. Dalam konteks ini pula pengertian terhadap fungsi kacang hijau untuk bayi menjadi bahasan pertama karena kepentingannya.

Antioksidan telah menjadi idola bagi banyak perempuan. Pasalnya, antioksidan merupakan penanggung jawab radikal bebas. Hidup manusia dikelilingi beragam radikal bebas, apalagi kalau mengingat teknologi semakin maju dan musuh tubuh semakin banyak. Gampangnya, antioksidan membuat kulit nampak lebih cantik karena teralihkan dari gangguan eksternal yang tak diinginkan.

Berbeda dengan orang dewasa, kulit bayi sudah pasti lebih kenyal, cantik, dan menggemaskan. Orang dewasa sekalipun berusaha mencontek imej di masa muda untuk mencapai kata cantik atau menawan. Lantas, apakah fungsi antioksidan bagi si kecil?

Lingkungan sekitar dipenuhi ancaman dua kali lipat lebih berbahaya bagi bayi dibanding orang yang sudah mencapai perkembangan maksimal. Daya tahan tubuh masih belajar bagaimana mengatasi gangguan yang masuk, hal ini termasuk radikal bebas. Kondisi buah hati ayah bunda bisa saja makin parah bila tak segera ditangani dengan baik, termasuk menyediakan bala bantuan dari dalam berupa antioksidan.

Alasan kacang hijau sangat populer di dunia kesehatan tentu tak terhenti pada antioksidan saja. Kandungan kedua yang tak kalah keren adalah vitamin C. Sama dengan antioksidan, vitamin C banyak digunakan dalam dunia kecantikan guna menutup luka. Serupa tapi tak sama, menggambarkan jelas hubungan antara vitamin C dengan antioksidan.

Kuman pertama kali terekspos oleh tubuh melalui luka yang dalam. Pembalut luka seperti perban, atau media yang lebih praktis macam hansaplast pasti tersedia dalam wadah pertolongan pertama. Sifat bayi yang senang eksplorisasi tingkatkan ancaman luka pada dirinya. Disinilah peran vitamin C menyita perhatian banyak praktisi kesehatan. Berbeda dengan antioksidan, fokus vitamin C justru ada pada bidang penutupan luka dan penyembuhan goresan pada tubuh.

Pertumbuhan manusia tak hanya terhenti karena faktor luka yang tak kunjung tertutup atau serangan radikal bebas. Seluruh tubuh manusia sebetulnya terbentuk dari susunan sel yang menyatu satu sama lain. Konsep serupa diterapkan pada teknik lukis pointillism dimana kumpulan titik membentuk kesatuan yang dapat dilihat dari jauh. Karenanya, penanggung jawab perkembangan sel seperti protein layak ikut andil dalam pertumbuhan si kecil.

Protein memegang sebagian besar urusan pembangunan sel menjadikan kandungan kacang hijau ini patut diberi tepuk tangan. Namun, jangan lupa, tubuh yang sehat harus disertai pikiran yang cerah pula. Asam folat, dan Omega 3 melangkah dengan percaya diri kalau sudah menyangkut isi kepala.

Asam folat banyak dicantumkan pada susu kehamilan tentu tanpa alasan. Umumnya bentuk lain dari vitamin B3 ini tidak gampang ditemui pada makanan, lain cerita dengan kacang hijau. Asam folat sendiri berfungsi untuk perkembangan otak si kecil. Jangan heran, bila bayi terbiasa dapat asupan asam folat jauh sebelum dirinya hadir di dunia, kemungkinan besar kemampuan otak dapat acungan jempol.

Fokus merupakan kemampuan yang sedikit unik. Kebanyakan orang cerdas berhasil akses ragam informasi relevan dengan kondisi karena adanya fokus. Ternyata, fokus tidak hanya dilatih, namun diperoleh melalui gizi. Jawabannya, tak lain dan tak bukan terletak pada Omega 3 yang juga termasuk kelebihan kacang hijau.

Jangan salah pilih kacang hijau

Gizi boleh saja tinggi, namun kadang berakhir sia-sia hanya karena konsumen tak mampu memilih. Ibarat konten miss universe tingkat lokal, dari sekian banyak perempuan, hanya beberapa yang benar-benar punya kemampuan mumpuni. Kacang hijau juga demikian, dari seabrek kacang hijau di pasaran, hanya sebagian yang penuhi kebutuhan buah hati. Jangan sampai salah pilih.

Insting dan teknik sebetulnya beda tipis. Kadang, orang justru punya insting memilih produk karena lebih dulu paham seputar teknik. Ingat, indera tubuh akan terbiasa dan cepat dalam menentukan apabila kerap dilatih. Dalam konteks kali ini, mari pahami lebih dulu bagaimana memilih kacang hijau yang baik.

Penampilan merupakan kunci kesan pertama. Memilih kacang hijau sebaiknya meninjau aspek satu ini, karena, bukan bermadsud terkesan dungu, namun tanpa dimasak, kualitas kacang hijau tak terlihat. Hijau tidaknya kacang hijau mencerminkan kesegaran kacang tersebut. Perhatikan betul beda warna antar kacang hijau, usahakan selalu memilih kacang dengan warna cerah. Tak lupa, putar kembali kacang hijau dan buang kacang dengan tekstur keras dan kasar.

Produk kacang hijau

Belanja di pasar memang pilihan terbaik bagi bunda yang tahu betul kualitas produk. Hanya saja, era modern kadang pasar tradisional atau supermarket yang penuh barang segar saja belum tentu dapatkan hasil terbaik. Kerap kali, bukan salah supermarket melainkan konsumen yang kurang mampu memilih barang.

Si kecil telanjur merengek lapar, sudah tak ada lagi waktu untuk belajar. Belum lagi, kalau cara mengolahnya salah bisa berabe. Tenang saja, era kini, sudah ada produk makanan bayi 7 bulan praktis dengan kacang hijau sebagai bahan utama.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *